Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Samsung Galaxy Z Flip, Ponsel Lipat Canggih Kedua Dari Samsung

Siapa sangka meskipun hadir dengan harga selangit, ponsel lipat generasi kedua milik Samsung ini habis secara kilat dalam waktu satu jam sejak pre order pertama dibuka. Jika ponsel sebelumnya, Samsung Galaxy Fold dianggap tidak efesien karena dilipat secara vertikal. Samsung Galaxy Z Flip hadir dengan konsep lipatan baru yakni secara horizontal dari atas ke bawah, bisa dikatakan ponsel canggih ini mirip dengan desain ponsel clamshell dahulu. Berikut spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip tersebut.

spesifikasi handphone canggih Samsung Galaxy Z Flip


Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip

Usai dirilis pada bulan Februati 2020 ini, Samsung Galaxy Z Flip hangat dibicarakan. Pasalnya ponsel pintar yang jika dibentangkan memiliki ukuran 6,7 inch ini, hadir dengan fitur canggih meskipun hanya sebesar genggaman tangan manusia. Dibekali layar Foldable Dynamic AMOLED yang memiliki rasio screen to body ~82.5% dan beresolusi HDR10+ dengan kerapatan pixel mencapai 425 ppi, Samsung Galaxy Z Flip juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6 dengan desain melengkung. Tak mau ketinggalan, ponsel canggih ini memiliki punch hole yang berbentuk desain Infinity O Ultra Thin Glass pada sisi tengah atas dengan bezel yang tipis.

Pada punch hole tersebut, Samsung Galaxy Z Flip meletakkan kamera depan dengan resolusi 10 MP yang dilengkapi aperture f/2.4. Selain itu terdapat dua kamera lain pada Samsung Galaxy Z Flip yaitu lensa ultra wide beresolusi 12 MP dengan aperture f/2.2 dan lensa wide beresolusi 12 MP dengan aperture f/1.8 yang ditambah adanya Dual Pixel juga Optical Image Stabilization. Samsung Galaxy Z Flip dikabarkan pula mampu merekam video 4K di 60fbs pada kamera belakang dan 30fbs untuk kamera depan, keduanya sudah dilengkapi fitur Live Focus.

Sistem operasi yang digunakan oleh Samsung Galaxy Z Flip, Android 10 sudah dilengkapi user interface One UI 2.1. Sedangkan untuk chipset Samsung Galaxy Z Flip memilih menggandeng Qualcomm Snapdragon 855+ (7 nm), chipset yang mempunyai kecepatan tinggi 2,96 GHz dan dinyatakan juga lebih cepat kurang lebih 15 persen dalam rendering gambar mau pun meningkatkan performa CPU, untuk Samsung Galaxy Z Flip sendiri Samsung memadukannya dengan CPU Octa core. Samsung Galaxy Z Flip juga menyematkan memori internal sebesar 256 GB dan UFS 3.0 dengan kapasitas RAM 8 GB, sayangnya ponsel ini tidak mendukung penggunaan Micro SD.

Selain hadir dengan empat warna yaitu Mirror Black, Mirror Purple, Mirror Gold, dan Thom Browne Edition. Samsung Galaxy Z Flip menambahkan beberapa fitur seperti sensor fingerprint yang terletak di sisi samping ponsel, Near Field Communication, speaker stereo dan sudah mendukung USB Type C. Sedangkan untuk baterai, Samsung Galaxy Z Flip memberikan kapasitas sebesar 3300 mAh dengan sistem baterai ganda dan didukung dengan Fast Charging 15W mau pun Wireless Charging 9W. Pengguna Samsung Galaxy Z Flip juga dapat lebih mudah menggunakan aplikasi secara bersamaan karena adanya fitur Multi-Active Window. Tak berhenti disitu, ponsel pintar ini juga sudah mendukung jaringan 5G.
handphone lipat canggih Samsung Galaxy Z Flip

Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip

Seperti yang kita ketahui di atas, Samsung Galaxy Z Flip didukung banyak fitur yang cukup unik. Salah satunya, ponsel pintar milik Samsung ini sudah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 6. Corning Gorilla Glass 6 sendiri sudah lolos uji ketahanan pada benturan meski pun jatuh dari ketinggian yang cukup tinggi secara berulang ulang, selan itu Corning Gorilla Glass 6 sudah digunakan pada lebih dari lima miliar ponsel canggih, bahkan 45 brand lebih juga sudah mempercayakan pelindung tersebut pada produknya. Selanjutnya Samsung Galaxy Z Flip pun memiliki baterai ganda juga dua fitur pengisian daya, Fast Charging 15W atau pun Wireless Charging 9W. Dapur pacu Samsung Galaxy Z Flip juga disupport oleh chipset dengan kecepatan tinggi sebesar 2,96 GHz yang mampu lebih cepat rendering gambar serta menaikkan performa CPU sekitar 15 persen. Ponsel berdesain Infinity O Ultra Thin Glass yang besarnya segenggaman orang dewasa ini pun memiliki fitur Multi-Active Window yang menunjang kenyamanan pengguna ketika menggunakan aplikasi secara bersamaan, selain itu juga Samsung Galaxy Z Flip dapat mendukung jaringan 5G, Near Field Communication, USB Type C, dan merekam video 4K. Kapasitas yang diberikan juga sangat besar yakni RAM 8 GB dan memori internal 256 GB yang didukung oleh UFS 3.0, pilihan warna yang dihadirkan Samsung Galaxy Z Flip dapat dikatakan bervarian sehingga konsumen lebih leluasa menentukan warna antara Mirror Black, Mirror Purple, Mirror Gold, dan Thom Browne Edition.

Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip

Harga yang dibawa oleh ponsel lipat kedua milik Samsung ini juga sangat mahal, yaitu Rp 21,8 juta. Sayangnya Samsung Galaxy Z Flip didukung tiga kamera dengan resolusi ysng biasa saja, kamera depan dengan lensa beresolusi 10 MP dan kamera belakang yakni dua lensa ultra wide beresolusi 12 MP yang serupa dengan lensa wide beresolusi 12 MP. Samsung Galaxy Z Flip ini juga memiliki kapasitas baterai yang kecil, hanya sekitar 3300 mAh dan dilengkapi sensor keamanan fingerprint saja. Jika kamu mencari ponsel canggih yang dilengkapi face unlock, Samsung Galaxy Z Flip tidak bisa menjadi pilihan.

Harga Samsung Galaxy Z Flip

Generasi kedua ponsel lipat milik Samsung ini dibanderol harga yang sangat tinggi. Samsung Galaxy Z Flip dengan layar 1,1 inch ketika ditutup ini dijual dengan kisaran harga Rp 21,8 juta. Dengan empat varian warna dan satu pilihan memori.