5 Potret Adu Spek Samsung Galaxy S10 Plus vs iPhone XS Max, Mana yang Lebih Worth It?

 

5 potret adu spek Samsung Galaxy S10 Plus vs iPhone XS Max, Mana yang Lebih Worth It? – Hingga saat ini, dua vendor smartphone terbesar di dunia yang bersaing ketat menduduki top 1 vendor smartphone terlaris, masih berlomba-lomba menciptakan smartphone flagship terbaik dengan dilengkapi teknologi-teknologi terbaik yang dimilikinya.

Seperti salah satu contoh smartphone flagship andalan dari Samsung, yakni Galaxy S10 Plus. Begitu pun dengan salah satu contoh smartphone besutan Apple, yakni iPhone XS Max. Baik Samsung Galaxy S10 Plus maupun iPhone XS Max, keduanya merupakan smartphone jumbo yang sama-sama memiliki spesifikasi mumpuni.

Perihal harga tidak perlu ditanyakan, sebab keduanya dibanderol dengan harga yang tinggi dan tidak jauh berbeda. Di mana Samsung Galaxy S10 Plus dibanderol dengan harga Rp16.999.000, sementara iPhone XS Max seharga Rp15.200.000. Selayaknya smartphone flagship, keduanya memang sama-sama mahal.

Lazada Flash Sale hemat 99%

Namun, jika harus memilih, tentu saja belum tentu kedua smartphone ini sama baik untuk Anda. Pasalnya, masing-masing smartphone tersebut memakai sistem operasi berbeda. Begitu pun dengan fitur-fitur di dalamnya, ketahanannya, serta dari sisi desainnya pun berbeda. Untuk tahu lebih lanjut, simak saja langsung penjelasannya di bawah ini!

1. Samsung Galaxy S10 Plus dilengkapi layar Infinity-O AMOLED dengan ukuran 6,4 inci, sementara iPhone XS Max dilengkapi OLED Multi‑Touch berukuran 6,5 inci

blank

Dari sisi desain tampilan layar, Galaxy S10 Plus menggunakan konsep layar terbaru, yakni Infinity-O AMOLED dengan layar berukuran besar 6,4 inci. Galaxy S10 Plus juga hadir dalam sentuhan layar punch hole (layar bolong) untuk menempatkan kamera. Desain tersebut itulah yang disebut sebagai Infinity-O.

Dengan berteknologi Dynamic AMOLED yang telah didukung fitur HDR10+ menjadikan fitur terkuat yang sangat mengejutkan. Berkat teknologi-teknologi inilah, Galaxy S10 Plus mampu mengurangi komposisi blue light hingga 42% pada layarnya agar mata tidak lelah saat menggunakannya

Sementara iPhone XS Max menggunakan panel Super AMOLED dengan layar berdiagonal 6,5 inci serta resolusi sebesar 1.242 x 2.688 piksel dan aspek rasio 19,5:9. Tidak cukup sampai di situ, iPhone XS Max juga telah dilengkapi dengan layar Super Retina yang dicampurkan dengan sentuhan Dolby Vision/HDR10, kemampuan 3D touch, serta teknologi terbaru touch-sensing 120 Hz pada layar berponi tersebut.

Jika dibandingkan dari segi ukuran layar, iPhone XS Max memiliki ukuran sedikit lebih luas dari Galaxy S10 Plus. Sedangkan untuk teknologi pada layar ponselnya, Galaxy S10 Plus memiliki kelebihan lebih unggul dengan teknologi Dynamic AMOLED disertai dukungan fitur HDR+ yang dimilikinya.

2. Samsung Galaxy S10 Plus menggunakan Exynos 9820 berfabrikasi 8 nm, sedangkan iPhone XS Max menggunakan Apple A12 Bionic

blank

Dapur pacu Galaxy S10 Plus dibekali dengan 2 teknologi chipset terbaru, yakni Exynos dan Snapdragon. Akan tetapi, di pasar Indonesia Anda hanya bisa menemukan Galaxy S10 Plus yang menggunakan Exynos 9820 berfabrikasi 8 nm. Arsitektur octa-core canggih itulah yang membuat Galaxy 10 Plus mampu melakukan pekerjaan komputasi berat.

Meskipun Galaxy S10 Plus rilisan tahun lalu, akan tetapi jika dibandingkan dengan chipset pendahulunya, tentu saja chipset ini memiliki kemampuan performa yang lebih tinggi sekitar 15-20%. Efisiensi baterainya pun bisa meningkat hingga 40%. Hal inilah yang seringkali menjadi alasan mengapa banyak orang lebih memilih Galaxy S10 Plus daripada smartphone flagship lainnya.

Sedangkan iPhone XS Max dibekali dengan prosesor hexa-core dari chipset terbaru Apple A12 Bionic yang bertandem dengan RAM 4GB. Perihal teknologi CPU, iPhone XS Max memang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam menjalankan multitasking dengan mulus. Apalagi smartphone dari besutan sangat dikenal sebagai smartphone anti nge-lag. Hal ini pun berlaku bagi iPhone XS Max.

Perihal teknologi chipset, keduanya bisa dibilang memiliki kemampuan hampir setara. Samsung Galaxy S10 Plus dengan keunggulan chipsetnya yang tentunya berpengaruh pada performa ponsel menjadi lebih cepat. Begitu pun dengan iPhone XS Max yang berteknologi chipset canggih pula yang mendukung fitur-fitur lainnya menjadi lebih baik.

3. Samsung Galaxy S10 Plus memiliki kapasitas storage hingga 1TB, sementara iPhone XS Max 512 GB

blank

Salah satu hal menarik dari Galaxy S10 Plus yaitu terletak pada kapasitas storage-nya. Perlu diketahui, penyimpanan Galaxy S10 Plus bisa mencapai hingga 1TB. Hal ini merupakan smartphone pertama dengan penawaran kapasitas penyimpanan yang begitu besar.

Galaxy S10 Plus juga menawarkan penyimpanan yang bervariasi mulai dari 128 GB (8 GB RAM), 512 GB (8 GB RAM), hingga 1 TB (12 GB RAM). Bukan hanya RAM yang berukuran besar, Galaxy S10 Plus pun memberikan internal memory yang besar. Dengan ukuran kapasitas penyimpanan sebesar itu, tentu tidak heran jika Galaxy S10 Plus sangat laris di pasaran.

Sementara iPhone XS Max dibekali dengan RAM yang dimulai dari 64GB, 256GB, dan 512GB. Dikarenakan tidak dilengkapi dengan slot microSD, maka sebelum memutuskan meminang smartphone flagship ini sepertinya Anda harus memastikan dan berpikir ulang lebih dulu dalam memilih smartphone seperti apa yang Anda butuhkan.

Jika dibandingkan, antara Samsung Galaxy S10 Plus dengan iPhone XS Max tentu sudah terlihat sangat jelas bahwa Galaxy S10 Plus memiliki kelebihan yang unggul daripada iPhone XS Max. Kapasitas storage yang lebih besar tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang saat meminang smartphone, apalagi dibanderol dengan harga yang tinggi.

4. Samsung Galaxy S10 Plus memiliki kemampuan triple kamera jempolan, sedangan iPhone XS Max dibekali dual-camera

blank

Dari sektor kamera, Galaxy S10 Plus memiliki kemampuan triple kamera jempolan yang terdiri dari kamera utama wide (f/1.5) yang beresolusi 12 MP, kamera telephoto (f/2.4) beresolusi 12 MP untuk 2x optical zoom,
serta kamera ultra wide (f/2.2, 1230) beresolusi 16 MP. Selain itu, Galaxy S10 Plus dijejali dengan 5 fitur utama seperti super steady, scene optimizer, artistic live focus, ultra wide angle, dan smart composition. Kelima fitur ini dijamin akan membuat smartphone fotografi-mu naik level.

Sedangkan iPhone XS Max juga handal perihal urusan memotret, karena Apple telah membekalinya dengan dual-camera yang canggih. Terdapat dua lensa dengan desain vertikal di bagian belakang yang masing-masing beresolusi 12 MP wide-angle, sementara lensa kedua telefoto beresolusi 12 MP. Beralih pada kamera selfie-nya yang beresolusi 7 MP (aperture f/2.2) yang telah didukung berbagai fitur.

Jika dibandingkan, antara Samsung Galaxy S10 Plus dan iPhone XS Max memiliki kemampuan kamera yang sama-sama canggih dan setara. Ketajaman dan kejernihan hasil foto dari kedua smartphone flagship ini patut diacungi jempol. Sebab meskipun kedua smartphone ini bukan rilisan tahun ini, akan tetapi spesifikasinya masih sangat kekinian.

5. Samsung Galaxy S10 Plus dibekali kapasitas baterai 4100 mAh, sementara iPhone XS Max berkapasitas 3174 mAh

blank

Selain unggul dari beberapa fitur yang lain, Galaxy S10 Plus dibekali dengan kapasitas baterai besar 4100 mAh. Tidak ketinggalan, dalam spesifikasi Samsung S10 Plus pun terdapat teknologi AI yang diklaim secara otomatis dapat mengoptimalkan baterai, CPU, dan RAM serta memangkas tenaga ketika tidak dipakai. Sehingga baterai akan lebih hemat.

Sementara iPhone XS Max memiliki kapasitas baterai 3174 mAh. Meskipun memiliki kapasitas baterai yang tidak terlalu besar seperti Galaxy S10 Plus, akan tetapi iPhone XS Max mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama jika digunakan dalam ritme pemakaian yang terus-menerus.

Jika dibandingkan, Galaxy S10 Plus memang memiliki keunggulan lebih dari iPhone XS Max. Kekuatan baterai yang dimiliki Galaxy S10 Max berhasil menghipnotis banyak orang untuk meminang smartphone flagship ini. Perlu diketahui, Samsung Galaxy S10 Plus juga bisa dibilang sebagai varian flagship paling berkelas yang pernah dibuat oleh brand besar Samsung. Sejumlah performa sangat keren ditawarkan bagi para smartphone hunter.

So, secara keseluruhan, Galaxy S10 Plus ternyata lebih worth it dengan harga yang hampir setara dengan iPhone XS Max. Namun, jika Anda salah satu penggemar smartphone Apple, iPhone XS Max pun memiliki spesifikasi tangguh yang masih sangat kekinian jika digunakan di masa sekarang.

best seller lazada
About Author: