Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spesifikasi Samsung Galaxy A01, Ponsel Generasi Z Harga 1 Jutaan!

Brand smartphone asal Korea Selatan ini, kembari merilis produk terbarunya di awal tahun 2020. Sebelumnya smartphone tersebut telah dikenalkan pada akhir tahun lalu dan menyita banyak perhatian orang. Pasalnya smartphone ini disebut sebut sebagai smartphone generasi Z dan smartphone itu adalah Samsung Galaxy A01.

Samsung Galaxy A01 yang dibander harga 1 jutaan ini menarik banyak minat konsumen karena selain harga yang terjangkau, ponsel ini juga didesain dan dilengkapi fitur yang mendukung aktivitas para generasi Z itu sendiri. Meski pun tergolong smartphone entey level, Samsung Galaxy A01 tetap pantas disaingkan oleh produk smartphone lain karena fitur dan teknologi yang disematkan. Berikut spesifikasi dan harga Samsung Galaxy A01 yang harus kamu ketahui.


Spesifikasi Samsung Galaxy A01


Smartphone para generasi Z ini rupanya dirancang oleh Samsung dengan layar PLS TFT capacitive touchscreen, 16M colors yang memiliki ukuran sebesar 5.7 inch. Layar Samsung Galaxy A01 ini juga memiliki resolusi 720 x 1520 pixel dengan kerapatan pixelnya mencapai ~301 ppi. Selain itu smartphone ini hadir dengan rasio screen to body ~75.1 persen.

Pada layar Samsung Galaxy A01 tersebut, diketahui ada notch dengan desain infinity V display yang bertujuan agar pengguna smartphone tersebut memiliki pengalaman visual yang lebih luas dan nyaman. Selain itu pada notch tersebut tersimpan kamera depan Samsung Galaxy A01 yang memiliki resolusi 5 MP dengan aperturw f/2.2. Sedangkan pada sisi belakang smartphone itu terdapat dua kamera belakang.

Kamera belakang Samsung Galaxy A01 sendiri terdiri dari lensa wide beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.2 yang dilengkapi oleh mode autofocus, lalu yang kedua ada lensa depth sensor yang memiliki resolusi 2 MP dan aperture f/2.4. Kedua kamera tersebut didukung dengan LED Flash dan dapat merekam video hingga 1080p. Samsung Galaxy A01 pun menambahkan teknologi lain selain kamera.

Dengan adanya chipset Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm) yang dilengkapi CPU Octa Core dan GPU Andreno 505, smartphone Samsung kali ini memiliki performa yang lebih maksimal. Untuk mendukung kinerja Samsung Galaxy A01 semakin lebih baik, Samsung menyematkan RAM berkapasitas 2 GB dengan memori internal sebesar 16 GB dan eMMC 5.1 yang dapat ditambahkan lagi dengan slot microSDXC untuk memperluas penyimpanan ponsel.

Smartphone yang menggunakan sistem operasi Android 10.0 dengan user interface One UI 2 untuk memberikan kesan berbeda pada tampilan dan terkesan elegan, smartphone ini juga memiliki fitur unggulan yang lain. Salah satunya pada fitur keamanan, Samsung Galaxy A01 menggunakan teknologi Face Recognition yang mempermudah pengguna ponsel tersebut untuk membuka smartphone hanya dengan biometric yang berasal dari wajahnya sendiri. Selain itu untuk mengoptimalkan kerja smartphone asal Korea Selatan tersebut, Samsung melalui Samsung Member menyematkan teknologi Diagnostic dan Optimization.

Sedangkan untuk kapasitas baterai Samsung Galaxy A01 memiliki baterai berkekuatan 3000 mAh tanpa didukung dengan teknologi fast battery charging. Selain itu juga smartphone ini masih menggunakan micro USB dan dual SIM, namun sudah mendukung audio jack 3.5 mm. Untuk warna Samsung Galaxy A01 menawarkan tiga pilihan yaitu hitam, biru, dan merah.

Kelebihan Samsung Galaxy A01


Harga yang sangat terjangkau cocok untukmu yang tidak mau mengeluarkan budget besar namun tetap mendapatkan smartphone dengan fitur unggulan. Terlebih Samsung Galaxy A01 sudah menggunakan sistem operasi Android 10.0 dengan user interface One UI 2. Walau pun dibanderol dengan harga sejutaan, kamu akan mendapatkan desain smartphone yang memiliki notch dan menggunakan chipset Qualcomm SDM439 Snapdragon 439. Tak hanya itu, smartphone ini juga kaya akan fitur mulai dari Diagnostic dan Optimization dan Face Recognition. Bahkan bisa menyematkan slot micro SD dan memiliki tiga pilihan warna, hitam, merah, dan biru.

Kekurangan Samsung Galaxy A01


Meski pun begitu Samsung Galaxy A01 juga belum bisa dikatakan sempurna, mengingat smartphone ini adalah smartphone entry level dengan harga 1 jutaan. Beberapa kekurangan ponsel ini antara lain, memiliki kapasitas RAM 2 GB dan memori internal 16 GB. Untuk saat ini, smartphone yang dilengkapi dengan kapasitas kecil RAM dan ROM seperti itu kurang nyaman digunakan, paling tidak RAM yang mendukung adalah 3 GB dan sudah banyak smartphone harga sejutaan yang menawarkan ROM dengan ukuran lebih besar. Kapasitas baterai juga sangat kecil, hanya 3000 mAh tanpa didukung fast battery charging dan masih menggunakan micro USB. Selain itu ponsel ini hanya mendukung dual SIM dan memiliki resolusi layar yang tidak besar mau itu kamera depan atau pun kamera belakang, sedihnya lagi tidak ada fitur EIS dan fitur fingerprint untuk keamanan.

Harga Samsung Galaxy A01


Smartphone yang ditujukan pada generasi Z ini cukup dibanderol dengan harga Rp 1.5 juta yang sudah dilengkap RAM berkapasitas 2 GB dan memori internal 16 GB. Kamu juga dapat memilih satu warna dari tiga warna berikut, hitam, merah, biru sebelum akhirnya kamu gunakam untuk sehari hari.