Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Mengecek HP Samsung Asli atau Palsu

Cara Mengecek HP Samsung – Pemerintah sekarang menerapkan sistem IMEI untuk mendeteksi ponsel dari pasar gelap. Biasanya, ponsel yang masuk secara ilegal itu palsu atau bajakan, dan tidak memiliki IMEI di dalamnya.

cara cek keaslian hp samsung

Salah satu merk ponsel palsu yang banyak beredar di Indonesia ini adalah HP Samsung. Menjadi merk paling populer di Indonesia, produk palsu buatan HDCnya juga banyak beredar di Indonesia.

Tapi tidak perlu cemas, ada beberapa  cara yang bisa dilakukan untuk cek HP Samsung dengan mudah. Berikut ulasan lengkapnya

1. Cara Cek HP Samsung Asli dengan Kode


Salah satu cara mengecek keaslian HP Samsung adalah dengan menggunakan kode. Ada banyak kode yang ditanamkan di dalam ponsel Samsung. Sehingga sangat memudahkan bagi pengguna untuk mengecek apakah ponselnya asli atau palsu.

cara cek keaslian hp samsung dengan kode

Salah satu kode yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui keaslian ponsel adalah *#1234# dengan cara:


  • Membuka menu dial up, lalu ketikkan angka di atas
  • Secara otomatis, tipe ponsel akan keluar. Dari mulai AP, CP, dan CSC. Kemudian pastikan bahwa kode yang ada di sana sama dengan tipe yang Anda beli.

Kode ini biasa digunakan untuk melihat tipe Samsung yang kita miliki. Nah, jika Anda sudah mengecek tapi yang tipe keluar justru berbeda dari tipe Samsung yang sudah dibeli, maka bisa dipastikan HP Samsung yang Anda miliki itu palsu.

2. Cek HP Samsung dengan Melihat Fisik


Melihat fisik yang dimiliki ponsel Samsung adalah salah satu cara cek hp Samsung ori atau hdc. Biasanya, ponsel asli dan palsu memiliki fisik yang berbeta. Perbedaan ini bukan dalam hal bentuk ya. Tapi lebih kepada perangkat atau bahan pembuatannya.

cara cek hp samsung dengan melihat fisik hp secara langsung

Sebagai HP merk ternama, sudah jelas bahan yang dimiliki Samsung adalah bahan terbaik dan berkualitas. Built quality yang dimiliki Samsung juga lumayan kuat, kokoh, dan cantik.

Perbedaan tersebut akan terasa sekali. Terutama ketika dipegang. Biasanya, ponsel pintar yang asli ketika dipegang akan terasa lebih kokoh dan kuat. Ponsel palsu bodinya terbuat dari plastik, tidak berkualitas, dan ringan ketika dipegang. Terutama HDC yang kebanyakan memiliki casing plasting tipis. Tentu sangat mudah untuk dibedakan.

3. Mengecek Keaslian Melalui Nomor IMEI


IMEI adalah salah satu cara ampuh untuk mengecek keaslian ponsel. Bukan hanya Samsung, tetapi semua jenis ponsel yang asli pasti memiliki nomor IMEI yang terddaftar di http://www.imei.info
cara cek hp samsung dengan melihat kode IMEI

IMEI ini juga merupakan salah satu cara mengecek hp Samsung bekas. Banyak orang yang membeli barang secon hand dan mengira itu adalah barang asli. Alasannya jelas: orang pertama sudah memakainya selama sekian waktu dan tidak pernah ada masalah. Pasti asli.

Ini pola pikir yang salah. Samsung baru ataupun bekas tetap memiliki kemungkinan sebagai ponsel Samsung. Cara mengecek IMEI cukup gampang: tekan saja *#06# dan catat nomor IMEInya. Lalu, coba cek apakah IMEI tersebut terdaftar atau tidak.

4. Cek Kualitas Kamera


Mengecek kualitas kamera HP Samsung adalah cara cek hp Samsung normal dan asli selanjutnya. Jika asli, biasanya Anda akan mendapati jepretan yang jernih dan kualitas foto yang bagus.

cara cek hp samsung dengan melihat kualitas kamera

HP Samsung palsu biasanya memiliki kamera yang jelek. Resolusinya standar dan tidak tajam. Dari melihat hasil fotonya saja, kamu akan tahu bahwa ponsel yang akan Anda beli asli atau palsu.

5. Dengan Mengecek Kualitas Layar


Cara mengecek Hp Samsung selanjutnya adalah dengan mengece kualitas layar. Biasanya, HP Samsung palsu yang banyak beredar adalah tipe flagship. Oleh karena itu kualitas layarnya sangat mudah untuk dibedakan.

cara cek hp samsung dengan melihat kualitas layar

Layar samsung asli sangat jernih dan tajam. Sehingga mata tidak sakit ketika memandangnya. Kebalikan dari itu, HP Samsung yang palsu justru memiliki resolusi yang jelek. Agak redup dan biasanya cahayanya sedikit kekuningan.

6. Mengoneksikan Samsung dengan Smart Switch atau Samsung Kies


Samsung memiliki software yang hanya bisa membaca ponsel yang asli bernama Samsung Kies. Selain itu, juga ada aplikasi Smart Switch. Software ini bisa melakukan sinkronisasi data dari ponsel ke software.

cara cek keaslian hp samsung dengan smart switch

Jadi, untuk memastikan bahwa ponsel yang Anda miliki asli, coba hubungkan ke software ini. Jika ternyata data di dalam ponsel tidak terbaca, maka ponsel yang Anda miliki palsu. Cara mendapatkan softwarenya cukup mudah, tinggal unduh saja dari situs resmi Samsung.

Selain beberapa cara di atas, satu hal lagi yang bisa Anda lakukan untuk memastikan bahwa ponsel tersebut asli atau palsu adalah dengan mengecek spesifikasinya. Pelajari mengenai spesifikasi ponsel atau carilah teman yang mengerti seluk beluk HP. Biasanya yang bekerja di konter akan lebih paham. Tanyakan kepada mereka mengenai spesifikasi ponsel yang ada di kotak hp dengan hpmu.


Biasanya, yang mengerti akan langsung tahu apakah HP Samsung tersebut palsu atau asli. Meskipun begitu, cara mengecek HP Samsung asli atau palsu yang paling akurat adalah dengan menggunakan Samsung Kies dan IMEI ponsel. Selamat mencoba.