6 Cara Mengecek HP Samsung Asli atau Palsu

Cara Cek HP Samsung Asli Atau Palsu – Pemerintah sekarang menerapkan sistem IMEI untuk mendeteksi ponsel dari pasar gelap. Biasanya, ponsel yang masuk secara ilegal itu palsu atau bajakan, dan tidak memiliki IMEI di dalamnya.

cara cek keaslian hp samsung

Salah satu merk ponsel palsu yang banyak beredar di Indonesia ini adalah HP Samsung. Menjadi merk paling populer di Indonesia, produk palsu buatan HDCnya juga banyak beredar di Indonesia.

Tapi tidak perlu cemas, ada beberapa  cara yang bisa dilakukan untuk cek HP Samsung dengan mudah. Berikut ulasan lengkapnya

Berbagai Cara Cek HP Samsung Asli (Ori) atau KW Palsu (HDC)

1. Cara Cek HP Samsung Asli dengan Kode

Salah satu cara mengecek keaslian HP Samsung adalah dengan menggunakan kode. Ada banyak kode yang ditanamkan di dalam ponsel Samsung. Sehingga sangat memudahkan bagi pengguna untuk mengecek apakah ponselnya asli atau palsu.

cara cek keaslian hp samsung dengan kode

Salah satu kode yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui keaslian ponsel adalah *#1234# dengan cara:

 

  • Membuka menu dial up, lalu ketikkan angka di atas
  • Secara otomatis, tipe ponsel akan keluar. Dari mulai AP, CP, dan CSC. Kemudian pastikan bahwa kode yang ada di sana sama dengan tipe yang Anda beli.

Kode ini biasa digunakan untuk melihat tipe Samsung yang kita miliki. Nah, jika Anda sudah mengecek tapi yang tipe keluar justru berbeda dari tipe Samsung yang sudah dibeli, maka bisa dipastikan HP Samsung yang Anda miliki itu palsu.

2. Cek HP Samsung dengan Melihat Fisik

Melihat fisik yang dimiliki ponsel Samsung adalah salah satu cara cek hp Samsung ori atau hdc. Biasanya, ponsel asli dan palsu memiliki fisik yang berbeta. Perbedaan ini bukan dalam hal bentuk ya. Tapi lebih kepada perangkat atau bahan pembuatannya.

cara cek hp samsung dengan melihat fisik hp secara langsung

Sebagai HP merk ternama, sudah jelas bahan yang dimiliki Samsung adalah bahan terbaik dan berkualitas. Built quality yang dimiliki Samsung juga lumayan kuat, kokoh, dan cantik.

Perbedaan tersebut akan terasa sekali. Terutama ketika dipegang. Biasanya, ponsel pintar yang asli ketika dipegang akan terasa lebih kokoh dan kuat. Ponsel palsu bodinya terbuat dari plastik, tidak berkualitas, dan ringan ketika dipegang. Terutama HDC yang kebanyakan memiliki casing plasting tipis. Tentu sangat mudah untuk dibedakan.

3. Mengecek Keaslian Melalui Nomor IMEI

IMEI adalah salah satu cara ampuh untuk mengecek keaslian ponsel. IMEI adalah sekumpulan nomor yang menunjukkan identitas dari sebuah smartphone. Anda bisa memanfaatkan nomor ini untuk memastikan HP Samsung yang Anda miliki adalah barang legal.

Karena seperti yang kita ketahui, ponsel black market umumnya memiliki nomor IMEI yang tidak terdaftar di situs Perindustrian Indonesia.

Bukan hanya Samsung, tetapi semua jenis ponsel yang asli pasti memiliki nomor IMEI yang terdaftar di http://www.imei.info

 

cara cek hp samsung dengan melihat kode IMEI

IMEI ini juga merupakan salah satu cara mengecek hp Samsung bekas. Banyak orang yang membeli barang second hand dan mengira itu adalah barang asli. Alasannya jelas: orang pertama sudah memakainya selama sekian waktu dan tidak pernah ada masalah. Pasti asli.

Jadi dengan cek samsung asli atau tidak bisa dengan nomor IMEI ini yang bisa Anda gunakan untuk cek HP Samsung bekas yang akan atau sudah dibeli merupakan barang curian atau tidak.

Lalu bagaimanakah cara memastikan ponsel Samsung Anda asli dan bukan barang ilegal alias palsu? Mari simak tutorial cara cek imei handphone berikut.

  • Pertama, ketahui terlebih dahulu nomor IMEI dari HP Anda dengan membuka menu Telepon.
  • Kemudian masukkan kode dial *#06#, maka secara otomatis akan muncul nomor IMEI dari ponsel Anda.
  • Lalu salin nomor tersebut dan buka situs web imei.kemenperin.go.id.
  • Setelah itu, masukkan nomor IMEI tadi pada kolom yang telah disediakan.
  • Klik ikon kaca pembesar untuk mulai mengecek keaslian IMEI dari HP Anda.
  • Pastikan muncul tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin” yang menandakan bahwa HP Samsung Anda asli.

4. Cek Kualitas Kamera

Mengecek kualitas kamera HP Samsung adalah cara cek hp Samsung normal dan asli selanjutnya. Jika asli, biasanya Anda akan mendapati jepretan yang jernih dan kualitas foto yang bagus.

cara cek hp samsung dengan melihat kualitas kamera

HP Samsung palsu biasanya memiliki kamera yang jelek. Resolusinya standar dan tidak tajam. Dari melihat hasil fotonya saja, kamu akan tahu bahwa ponsel yang akan Anda beli asli atau palsu.

5. Dengan Mengecek Kualitas Layar (LCD)


Cara mengecek Hp Samsung selanjutnya adalah dengan mengece kualitas layar. Biasanya, HP Samsung palsu yang banyak beredar adalah tipe flagship. Oleh karena itu kualitas layarnya sangat mudah untuk dibedakan.

cara cek hp samsung dengan melihat kualitas layar

Layar samsung asli sangat jernih dan tajam. Sehingga mata tidak sakit ketika memandangnya. Kebalikan dari itu, HP Samsung yang palsu justru memiliki resolusi yang jelek. Agak redup dan biasanya cahayanya sedikit kekuningan.

LCD merupakan part yang cukup penting dari sebuah smartphone, bukan hanya untuk menampilkan program dan aplikasi. Namun LCD juga bisa Anda jadikan tolak ukur dari originalitas HP Samsung Anda.

Nah, untuk melakukan tes LCD / cara cek layar HP Samsung, Anda bisa mengikuti tutorial berikut.

  • Pertama, buka menu telepon pada HP Samsung Anda.
  • Kemudian ketikkan kode dial *#0*#.
  • Maka secara otomatis akan muncul menu untuk mengetes normal tidaknya HP Anda.
  • Silahkan Anda pilih salah satu opsi tersebut.
  • Jika HP Samsung yang dalam kondisi bagus, biasanya akan menampilkan dengan benar dari setiap perintah yang Anda pilih layaknya kamera, suara dan menampilkan beberapa warna.

6. Mengoneksikan Samsung dengan Smart Switch atau Samsung Kies

Bukan hanya iPhone, Samsung ternyata juga memiliki sebuah software resmi untuk mendeteksi keaslian dari sebuah ponsel.

Samsung memiliki software yang bisa membaca ponsel yang asli bernama Samsung Kies. Selain itu, juga ada aplikasi Smart Switch. Software ini bisa melakukan sinkronisasi data dari ponsel ke software.

Pada tutorial kali ini, Anda harus menyiapkan sebuah PC dan kabel USB. Nah jika bahan sudah siap, mari kita masuk ke langkah-langkahnya.

  • Download dan install terlebih dahulu software Samsung Kies pada PC Desktop Anda.
  • Kemudian sambungkan komputer dan HP Samsung menggunakan kabel USB.
  • Setelah itu, buka software Samsung Kies.
  • Jika Samsung Kies mampu mendeteksi dan menampilkan nama dari perangkat Samsung Anda, bisa dipastikan ponsel tersebut asli.
  • Namun jika tidak, Anda patut mempertanyakan orisinalitas dari HP Samsung yang Anda gunakan selama ini.

 

cara cek keaslian hp samsung dengan smart switch

Selain beberapa cara di atas, satu hal lagi yang bisa Anda lakukan untuk memastikan bahwa ponsel tersebut asli atau palsu adalah dengan mengecek spesifikasinya. Pelajari mengenai spesifikasi ponsel atau carilah teman yang mengerti seluk beluk HP. Biasanya yang bekerja di konter akan lebih paham. Tanyakan kepada mereka mengenai spesifikasi ponsel yang ada di kotak hp dengan hpmu.

Biasanya, yang mengerti akan langsung tahu apakah HP Samsung tersebut palsu atau asli. Meskipun begitu, cara mengecek HP Samsung asli atau palsu yang paling akurat adalah dengan menggunakan Samsung Kies dan IMEI ponsel. Selamat mencoba.