Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bongkar Keperkasaan Kamera Oppo Reno3

Oppo Reno3 hadir dengan membawa keunggulan pada bagian kameranya. Ponsel dibekali dengan lensa yang mampu untuk memotret pada segala kondisi pencahayaan.

Empat kamera dipasang pada bagian belakang Oppo Reno3 dengan masing-masing kamera memiliki karakter lensa yang berbeda. Empat kamera itu disusun berderet secara vertikal. Spesifikasi dari keempat kamera tersebut adalah kamera utama 48 MP aperture f/1.79, kamera telephoto 13 MP f/2.4, kamera ultra wide 8 MP f/2.2 dan kamera mono lens 2 MP f/2.4.

keunggulan kamera oppo reno3

Keempat kamera pada Oppo Reno3 tersebut memiliki peran dan fungsi yang berbeda dalam penyajian gambar yang dihasilkan. Teknologi Ultra Clear yang dimiliki pada kamera utama dapat menghasilkan jepretan dengan resolusi 108 MP walaupun sebenarnya resolusi bawaan kamera utama hanya 48 MP.

Cara kerja teknologi tersebut dengan menggabungkan beberapa foto dengan proses image stitching, ditambah lagi dengan kameranya mengkalibrasi warna hingga ukuran piksel pada setiap gambar guna menghasilkan gambar yang jernih dan kaya akan warna.

Pada kamera belakang Reno3 dibekali dengan lensa super makro yang berguna untuk memotret object gambar secara detail dari jarak minimal 3 cm. Super makro ini dibutuhkan pada saat memotret object kecil seperti pe,otretan die cast, action figure, lego dan lain sebagainya sehingga gambar yang dihasilkan sangat presisi. Lensa Siper Makro ini bisa dikombinasikan dengan mode 108 MP ultra clear image sehingga gambar yang dihasilkan menjadi lebih jernih.

Untuk mengambil gambar dengan rentang sudut pandang yang luas, hal ini bisa dihandle dengan lensa ultra wide angle. Rentang sudut pandang yang bisa diambil  dengan lensa ultra wide ini bisa mencapai hingga 119,9 derajat. Sudut luas tersebut berguna untuk mengeliminasi distorsi foto. Kombinasi lensa-lensa pada Oppo Reno3 bisa memberikan keleluasaan untuk pembesaran gambar hingga 5x hybrid zoom. Hybrid zoom ini menggabungkan pembesaran 2x optical zoom (menggunakan pergerakan lensa), 2x - 3x zoom melalui pergerakan lensa dan pembesaran lewat software, serta 20x digital zoom dengan mengandalkan sistem zoom dari software.

Keunggulan lain dari kamera Oppo Reno3 adalah mempunyai fitur Ultra Dark Mode. Fitur ini berfungsi untuk pengambilan gambar dalam kondisi minim cahaya. Fitur ini akan aktif secara otomatis ketika pengambilan gambar dalam pencahayaan di bawah 5 lux, setara dengan penerangan 5 buah lilin. Fitur Ultra Dark Mode akan bekerja secara optimal ketika pencahayaan 0,3-1 lux.

Sekarang kita beralih pada kamera depan, resolusi 44 MP disematkan pada kamera depan yang merupakan tertinggi dikelasnya. Kamera depan ini sudah dilengkapi dengan fitur Ultra Night Selfie, yang berguna ketika pengambilan foto di tempat gelap. Kamera mengambil banyak foto secara sekaligus kemudian foto-foto tersebut digabungkan dan disunting dengan menggunakan high-dynamic ranging (HDR) yang bertujuan untuk mengurai noise, sehingga gambar yang dihasilkan menjadi lebih jernih.

Dalam hal urusan pengambilan video, Oppo Reno3 dibekali dengan sistem Ultra Steady Video 2.0. Dengan sistem ini pengambilan gambar menjadi lebih stabil walaupun saat pengambilan gambar terjadi banyak guncangan.

Teknologi lainnya yang tidak kalah pentingnya pada Oppo Reno3 adalah adanya software OPPO Screen Image Engine (OSIE), software ini berguna untuk mengoptimasi video pendek. Kehadiran OSIE ini membantu untuk meningkatkan kualitas gambar dan juga efek visual dari aplikasi pihak ketiga seperti Vigoo, Like, Instagram, Tiktok, Vmate.