Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Firmware Xiaomi, Ini Kelebihan MIUI 11

Seolah tak pernah puas memberikan yang terbaik bagi penggunanya, Xiaomi juga menghadirkan firmware terbaru selain software mau pun hadrware yang dapat kamu temukan di masing masing smartphone keluaran Xiaomi. Handphone Xiaomi yang terkenal dengan firmwarenya bernama MIUI tersebut, menyematkan MIUI 11 seri MIUI terbaru pada smartphone terbarunya. Tak perlu sedih, Xiaomi juga memberikan akses bagi pengguna lama smartphone Xiaomi untuk tetap bisa merasakan penggunaan MIUI 11 yang dilengkapi dengan beragam fitur barunya.

Meski pun begitu, tidak keseluruhan smartphone Xiaomi mendapatkan notifikasi untuk update firmware menjadi MIUI 11 yang bertujuan mengimbangi sistem operasi Android 10.0. Hal itu disampaikan oleh Liu Ming selaku Product Director MIUI dan Ge Rui selaku Design Direct MIUI. Satu diantara fitur yang terdapat dalam MIUI 11 adalah toggle notification yang tampil dengan lebih rapi, ada pula fitur Sounds of Nature yang membuat nada alarm pada smartphone Xiaomi akan terdengar lebih natural, lalu tersedia Mi Doc Viewer untuk mempermudah pekerjaan dengan tampilan thumbnail yang lebih eye catching. Bahkan terdapat pula fitur Wallpaper Carousel yang membuat gambar pada latar belakang smartphone tersebut dapat berubah secara otomatis dan berikut beberapa kelebihan yang terdapat pada MIUI 11 tersebut.

Kelebihan Firmware Xiaomi MIUI 11
Dark Mode

Salah satu fitur yang terdapat pada MIUI 11 yakni Dark Mode sangat dinantikan oleh pengguna produk Xiaomi. Fitur ini berguna seperti pada umumnya yaitu mengubah tampilan interface layar smartphone Xiaomi menjadi gelap secara keseluruhan. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, fitur Dark Mode ini dapat menghemat daua smartphone sehingga semakin nyaman dipandang dan digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Automatic Management Screenshot

Jika pada MIUI yang sebelumnya kita harus membuka galeri dan menghapus screenshot secara otomatis. Dengan adanya fitur Automatic Management Screenshot pada MIUI 11 pengguna smartphone Xiaomi dapat otomatis menghapus screenshot yang telah dibagikan ke orang lain, sehingga waktumu tidak lagi tersita cukup lama dan kapasitas memori yang terdapat pada smartphone tersebut akan jauh lebih longgar.

Screen Time

Fitur yang disediakan oleh MIUI satu ini bisa memudahkanmu jika ingin memberikan batasan waktu menggunakan smartphone. Dengan fitur Screen Time kamu dapat mengetahui seberapa banyak waktu yang kamu gunakan untuk memainkan smartphone sehingga dapat mengatur management waktu dengan lebih baik lagi.

Icon Baru

Untuk memaksimalkan peningkatan pada MIUI 11, Xiaomi tak lupa menampilkan icon baru yang disebut dengan MI Lan Pro sehingga tampilan smartphone terlihat lebih fresh daripada sebelumnya dan tidak membosankan.

Living Display

Dengan adanya fitur ini, pengguna MIUI 11 dapat mengubah tampilan seperti yang pengguna inginkan. Tak hanya itu, pengguna smartphone Xiaomi terserbut bisa melakukan kustomisasi.

Menghapus Notch

Rupanya MIUI 11 kembali memaksimalkan fitur yang terdapat pada smartphone Xiaomi tersebut, meski pun sudah tersedia pada MIUI 10. Xiaomi tetap melakukan peningkatan demi meningkatkan kenyamanan pengguna yang ingin menghilangkan bagian notch dalam smartphone mereka.

Monochrome Power Saving

Fitur yang dihadirkan oleh MIUI 11 ini juga ditujukan untuk meminimalisir penggunaan daya smartphone. Monochrome Power Saving sendiri adalah fitur yang berguna untuk mematikan keseluruhan aplikasi selain telepon dan SMS secara otomatis. Ketika menggunakan fitur ini tampilan smartphone Xiaomi yang kamu gunakan akan dominan dengan warna hitam dan putih.

Face Unlock dan Unlock by Voice Command

Demi menunjang keamanan pengguna smartphone Xiaomi, MIUI menyematkan dua fitur meliputi Face Unlock dan Unlock by Voice Command. Seperti yang kamu ketahui pada smartphone secara umum, Face Unlock dapat digunakan seperti penggunaan fingerprint dan yang membedakan hanya menggunakan wajah bukan jari tangan. Sedangkan Unlock by Voice Command dapat kita gunakan dengan lebih mudah, cukup dengan mengucap kata kata smartphonemu sudah bisa terbuka.

Font

Selain tampilan Icon yang baru, MIUI 11 juga membuat font pada smartphone Xiaomi tampil dengan lebih ramping juga dinamis sehingga lebih nyaman dipandang. Meski pun begitu, pengguna MIUI 11 tetap bisa melakukan kustomisasi pada bagian font dalam smartphone masing masing.

Berikut deretan perangkat milik Xiaomi yang telah menggunakan MIUI 11 dalam spesifikasinya atau mendapatkan notifikasi upgrade ke MIUI 11. Apakah smartphone Xiaomi yang kamu gunakan termasuk di bawah ini?

Mi Series:

Mi 9
Mi 8
Mi 8 Lite
Mi Mix 3
Mi Mix 2S
Mi Mix 2
Mi Mix 1
Mi 6X
Mi 6
Mi Notes 2
Mi Notes 3
Mi 5X
Mi 5c
Mi 5s
Mi 5s Plus
Mi Max
Mi Play

Redmi Series:

Redmi Note 8/Note 8 Pro
Redmi Note 7/Note 7 Pro
Redmi Note 6/Note 6 Pro
Redmi 8/8A
Redmi 7/7A
Redmi 6/6A
Redmi 6 Pro
Redmi S2
Redmi 5 Plus
Redmi 5
Redmi Note 5A
Redmi Note 5/Note 5 Pro
Redmi 5A
Redmi Note 4X/Note 4
Redmi 4/4A
Redmi 4X
Redmi 3S/3X
Redmi K20/K20 Pro

Perangkat yang Lain:

Mi Pad 4
Mi Pad 4 Plus
Pocophone F1