Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Urutan Operating System Android Terbaru dan Terbaik Sampai Saat ini


Android sebenarnya bukan tipe ponsel, melainkan sistem operasi yang ditanamkan di dalam sebuah ponsel pintar. Sejauh ini, yang paling populer adalah Android dan iOs. OS Android selalu mengalami pengembangan sampai ke  operating system android terbaru.

operating system android

Bagaimana, sih, OS Android terbaru itu? Berikut ulasannya.

Urutan Operating System Android terbaik

Sebenarnya, Android  sudah ada sejak awal tahun 2000, tapi baru saja diakuisisi Google pada tahun 2003 dengan nama Android Inc. Kemudian, baru di tahun 2008 android dibeli Google dan mengeluarkan ponsel berbasis android pertama di dunia. Yakni HTC Dream.

operating system android terbaru

Android Tipe 1.0 dan Seterusnya.

Versi Android Terbaik selalu ada di setiap zamannya. Android yang pertama yang diluncurkan dan masuk ke dalam ponsel HTC Dream adalah tipe 1.0 dan 1.1. Nama Android ini adalah Astro dan Bender. Atau dikenal pula dengan Alpha dan Beta. Astro dan Bender inilah yang menjadi perintis android di versi selanjutnya.

Kemudian, setelah sukses di tahun 2008 dengan versi 1.0 dan 1.1, munculah versi 1.5 dengan nama Android Cupcake di tahun 2009. Sepertinya, sudah menjadi kebiasaan dari Android untuk menamakan versinya dengan nama makanan manis. Di tahun yang sama juga dirilis Android 1.6 dengan nama Donut

Android Tipe 2.0 dan Seterusnya

Selanjutnya android mulai mengeluarkan tipe 2.0 dan seterusnya dengan urutan sebagai berikut:
  • Android 2.0 dan 2.1 dengan nama Eclair. Perangkat yang menggunakan ini adalah HTC Nexus One dengan fitur yang cukup maju di zamannya, yakni Bluetooth dan fitur kamera.
  • Android 2.2 Froyo (Frozen Yoghurt) dirilis pada tahun 2010. Tepatnya pada tanggal 20 Mei. Peningkatan fitur yang ada di dalamnya adalah kecepatan, keamanan, thetering dengan menggunakan USB, dan WiFi Hotspot. Saat Froyo keluar, sudah ada beberapa brand ponsel yang memakai Android. Meskipun demikian, Android masih kalah populer ketimpang Symbian.
  • Android 2.3 Gingerbread diluncurkan hanya selang 7 bulan dari Froyo. Tepatnya di desember 2010. Fiturnya berkembang cukup banyak dan OS ini sudah banyak dilirik brand ternama, termasuk Samsung Galaxy.

Android Tipe 3.0 dan 3.2

operating system android gingerbread

Setelah sukses dengan Gingerbread, pada mei 2011 Android meluncurkan versi 3.0 dan 3.2 dengan nama Honeycomb. Android tipe ini digunakan untuk perangkat tablet merk Samsung Galaxy Tab series. Honeycomb sudah dianggap mampu menyaingi iOs dari iPad keluaran iPhone, loh.

Android Tipe 4.0 Series

Selang 5 bulan daru perilisan Honeycomb, selanjutnya android mulai mengeluarkan tipe 2.0 dan seterusnya dengan urutan sebagai berikut:
  • Android 4.0 Ice Cream Sandwich dirilis pada Oktober 2011. Jika Honeycomb untuk tablet, maka Ice Cream Sandwich untuk Android dengan beberapa pembaruan yang cukup pesat. Dari mulai tampilan yang sederhana, mudah dioperasikan, dan tampilan animasi yang lebih halus.
  • Android 4.1 dan 4.3 Jelly Bean dirilis setahun kemudian, tepatnya pada tahun 2012. Ada banyak peningkatan di OS Jelly Beam, terutama di user interface dan teknologi Vsync.
  • Android 4.4 KitKat termasuk OS terbaik yang dimiliki Android. Banyak brand yang menggunakan OS ini karena optimalisasi yang dimiliki cukup baik. Bahkan untuk ponsel pintar yang spesifikasinya kurang baik. OS ini diluncurkan tahun 2013.

Android Tipe 5.0 Series

Tipe 5.0 series dikeluarkan oleh Android mulai tahun 2014. Yakni Android 5.0 dan 5.1 Lollipop. OS ini sangat populer karena memiliki banyak dukungan. Arsitektur yang dibentuk sudah mencapai 64-bit dengan dukungan RAM mencapai 3 GB ke atas. Bisa dibilang, Lollipop adalah awal mula OS untuk smartphone Flagship.

Android Tipe 6.0 Series

Android 6.0 Marshmallow diluncurkan setahun kemudian. Tingkat keamanannya ditingkatkan menjadi Fingerprint sensor. Juga memiliki fitur keamanan lain, yakni biometrik wajah.

Android Tipe 7.0 Series

operating system android nougat

Keluar pada tahun 2016, Android 7.0 dan 7.1 Nougat. OS ini masih digunakan oleh beberapa ponsel pintar sampai sekarang karena spesifikasinya yang cukup tinggi. Salah satunya adalah fitur splitscreen dan tampilan interfacenya yang mengagumkan.

Android Tipe 8.0 Seris

Tipe ini termasuk Versi Android Tertinggi. Namanya adalah Android 8.0 dan 8.1 Oreo yang dirilis tahun 2017 dengan banyak pembaruan yang baik. OS ini memungkinkan ponsel untuk melakukan multi tasking yang baik dan Project Treble yang mumpuni.

Android 9.0

Disebut juga sebagai Versi Android Terbaru PIE, karena memang memiliki nama Android 9.0 Pie. OS ini baru diperkenalkan tahun 2018 dan ada banyak fitur yang dibawanya. Termasuk untuk desain HP nya. Tombol Home, Back, dan Recent di layar digantikan oleh gestur OS. Sistem notifikasinya juga baru dengan SS yang mumpuni.

Android 10

OS Android 10 adalah android yang paling baru, yakni Android Q yang dikeluarkan 2019 lalu. Fiturnya banyak,  yakni smart replies, dark mode, live caption videp, privasi, pengaturan suara yang luar biasa, dan membagi file juga lebih mudah.

Perlu diketahui bahwa Android 10 tidak lagi menggunakan nama makanan seperti OS android versi sebelumnya. Tapi tentu saja fiturnya masih semanis buatan Android itu sendiri. Operating System Android Terbaru seperti apa lagi, ya, yang dikeluarkan tahun 2020 ini?