Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Perbedaan Asus ROG Phone dan Asus ROG Phone II


Setelah dirilis pertama kali pada pertengahan tahun 2018. Asus yang sukses meluncurkan laptop gaming Republic of Gamers tersebut, tak mau kehilangan peluang. Brand itu pun mengeluarkan smartphone sebagai produk terbaru. Kini Asus sudah memiliki Asus ROG Phone dan Asus ROG Phone II yang dibanderol harga Rp 13 juta ke atas, kedua smartphone tersebut laris manis di pasar gadget tanah air. Kedua smartphone gaming itu pun mengusung beragam spesifikasi dan fitur unggulan, lalu siapa yang lebih baik di antara Asus ROG Phone dan Asus ROG Phone II.

Perbandingan Smartphone Asus ROG Phone dan ROG Phone 2

Perbandingan ASUS ROG Phone dan ASUS ROG Phone II

ASUS ROG Phone dan ASUS ROG Phone II keduanya merupakan smartphone andalan dari ASUS untuk pasar di sektor gaming. Kali ini kita akan membadingkan kedua ponsel tersebut dari berbagai sisi, Simak ulasan di bawah ini, berikut perbedaan yang terdapat pada kedua smartphone gaming tersebut.

Dimensi dan Berat


Membawa sejumlah peningkatan, Asus ROG Phone II hadir dengan ukuran dimensi yang lebih besar juga tebal. Ditambah pula berat yang diusungnya lebih berat karena smartphone tersebut memberikan tampilan layar yang lebih luas dengan baterai yang memiliki kapasitas lebih besar pula. Lebih jelasnya Asus ROG Phone II mengusung dimensi 171 x 77.6 x 9.5 mm sedangkan Asus ROG Phone lebih mungil dengan dimensi 158.8 x 76.2 x 8.3 mm, begitu pula berat Asus ROG Phone hadir dengan berat yang lebih ringan 200 gram dibandingkan Asus ROG Phone II yang mengusung berat 240 gram.

Proteksi dan Sensor


Selanjutnya, pada segi material tampak sisi belakang Asus ROG Phone dibalut oleh Corning Gorilla Glass 5 sedangkan Asus ROG Phone II dilindungi oleh proteksi Corning Gorilla Glass 3. Sehingga dapat dipastikan Asus ROG Phone II memiliki kualitas yang lebih elegan karena kamu tidak akan lagi menemukan sensor sidik jari pada belakang bodi smartphone tersebut, melainkan dengan sensor sidik jari optik yang dapat ditemukan pada sisi bawah permukaan layar. Sensor sidik jari di bodi belakang hanya bisa kamu dapatkan di Asus ROG Phone.

Sertifikasi dan Laju


Meski pun begitu Asus ROG Phone telah dilengkapi serifikasi IPX4 yang menjadi smartphone tersebut tahan percikan air. Perbedaan yang tampak pada keduanya berada pada fitur yang disematkan, salah satunya Asus ROG Phone memiliki lagu 90Hz sedangkan Asus ROG Phone II hadir dengan laju 120Hz. Sehingga Asus ROG Phone II dapat memberikan kualitas tampilan dan pengalaman visual yang lebih baik juga memuaskan.

Chipset dan Penyimpanan


Selain itu, rupanya Asus ROG Phone II telah dibekali chipset Snapdragon 855+ dengan pabrikasi 7nm sehingga memiliki performa yang unggul. Ditambah pula dengan adanya pengolah grafis yang maksimal karena menyematkan GPU Adreno 640 700 MHz. Sedangkan Asus ROG Phone masih menggunakan chipset Snapdragon 845 dengan pabrikasi 10nm yang didukung oleh GPU Adreno 630. Asus ROG Phone II semakin menang dengan adanya RAM yang memuat kapasitas lebih besar mulai dari 8 GB hingga 12 GB dibandingkan Asus ROG Phone, sehingga kinerja yang diperoleh dapat dipastikan lebih cepat. Lebih jelasnya Asus ROG Phone hanya dibekali satu pilihan RAM sebesar 8 GB dengan memori internal berkapasitas 128 GB yang didukung teknologi UFS 2.1. Sementara Asus ROG Phone memiliki dua pilihan RAM dan memori internal sebesar 128 GB atau 512 GB yang didukung oleh teknologi UFS 3.0 hingga 1 TB.

Kamera


Begitu pula dengan kamera belakang, Asus ROG Phone II memiliki kamera utama dengan sensor Sony IMX586 sebesar 48 MP dan aperture f/1.8. Ada pula lensa ultra wide dengan aperture f/2.4. Kedua kamera tersebut didukung teknologi phase detection autofocus dan laser auto focus, sementara kamera belakang Asus ROG Phone yang dirancang dengan jumlah yang sama. Hadir dengan kamera utama yang memiliki sensor Sony IMX363 beresolusi 12 MP dengan aperture f/1.8 lalu kamera beresolusi 8 MP. Kedua kamera belakang Asus ROG Phone didukung oleh dual pixel teknologi phase detection autofocus dan 4 axis optical image stabilization. Sedangkan untuk kamera depan, Asus ROG Phone II memiliki resolusi 24 MP dan aperture f/2.2 sementara Asus ROG Phone menggunakan kamera beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0.

Baterai dan Sistem Operasi


Untuk menunjang performa, Asus ROG Phone menyematkan baterai berkapasitas 4000 mAh. Sedangkan Asus ROG Phone menawarkan kapasitas baterai yang lebih besar yaitu 6000 mAh, meski pun begitu keduanya sama sama didukung dengan pengisian daya dengan arus 30 Watt. Jika berfokus pada sistem operasi Asus ROG Phone mengadopsi Android 8.1 (Oreo) dan menawarkan upgrade ke verai Android 9.0, sedangkan Asus ROG Phone II langsung menghadirkan sistem operasi Android 9.0.

Audio


Fitur lain yang dimiliki kedua smartphone gaming ini adalah kualitas audio yang lagi lagi dimenangkan oleh Asus ROG Phone II, pasalnya smartphone itu mengusung stereo speaker dan dual NXP TFA9874 smart amplifier berserta empat mikrofon internal. Sementara Asus ROG Phone hanya membawa speaker 5 magnet dan dual NXP 9874 smart amplifier berserta tiga mikrofon internal. Setelah membaca ulasan di atas, kamu lebih tertarik membeli Asus ROG Phone II atau Asus ROG Phone?