Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S10 Lite

Samsung kembali membawa produk smartphone terbarunya masuk ke Indonesia. Samsung Galaxy S10 Lite hadir pada pertengahan bulan lalu untuk menambah deretan Samsung Galaxy S10 series. Meski pun memiliki kata "Lite" di akhir namanya, smartphone ini memiliki spesifikasi yang mampu bersaing meski pun tidak semaksimal pendahulunya pada Samsung Galaxy S10 series. Dibanderol harga hampir menyentuh angka 9 juta ini hadir dengan tiga pilihan warna Prism White, Prism Black, dan Prism Blue.

Smartphone yang dirancang dengan punch hole ini disebut sebut juga memiliki beberapa kelebihan dibandingkan Samsung Galaxy S10 dan Samsung Galaxy S10 Pro. Namun untuk meyakinkanmu layak atau tidak smartphone ini kamu beli, diberikut kelebihan san kekurangan Samsung Galaxy S10 Lite yang harus kamu ketahui.
kelebihan dan kekurangan samsung galaxy s10 lite

Kelebihan Samsung Galaxy S10 Lite


Meski pun tersematkan kata Lite pada nama produk smartphone ini, Samsung Galaxy Galaxy S10 Lite tetap mengusung chipset kelas atas dengan performa luar biasa yaitu Snapdragon 855. Tak hanya itu smartphone ini juga mencapai skor Antutu yang bahkan melebihi skor Antutu dari Samsung Galaxy Note 10 dan Samsung Galaxy S10 Plus, pasalnya Samsung Galaxy S10 Lite sukses membawa dirinanya memperoleh skor Antutu hingga 459 ribu padahal smartphone yang dikalahkan oleh Samsung Galaxy S10 Lite itu membekali dirinya pula menggunakan Snapdragon 855 dan Exynos 9820. Selain itu, Samsung Galaxy S10 Lite juga menawarkan dua pilihan RAM berkapasitas 6 GB dan 8 GB bersama dua varian memori internal sebesar 128 GB dan 512 GB bahkan pengguna masih bisa menyematkan micro SD untuk memperluas penyimpanan.

Bahkan disebut sebut Samsung Galaxy S10 Lite mampu memberi performa yang lebih baik daripada smartphone sebelumnya. Ditambah tersematkan baterai sebesar 4500 mAh pada smartphone tersebut sehingga dapat mencapai endurance rating yang tinggi yaitu 110h. Tak hanya itu, daya baterai Samsung Galaxy S10 Lite juga lebih tahan lama daripada Samsung Galaxy S10 series bahkan sampai dua hari dengan penggunaan rata rata atau seharian dengan penggunaan berat.

Selain kapasitas baterai yang jumbo, Samsung Galaxy S10 Lite juga dilengkapi dengan teknologi fast battery charging 45 Watt. Sehingga smartphone tersebut dapat melakukan pengisian daya secara lebih cepat, meski pun charger bawaan yang ditawarkan hanga memuat 25 Watt. Jika ingin merasakan kemampuan fast battery charging Samsung Galaxy S10 Lite kamu harus mengeluarkan sedikit biaya untuk membeli charger yang mendukung pengisian 45 Watt, dikatakan pula smartphone ini dapat terisi hingga 63 persen hanya dalam waktu 30 menit saja. Diam diam, Samsung Galaxy S10 Lite juga sudah mendukung Near Field Communication beragam keperluan untuk menggunakan e-money.

Sedangkan pada segi layar, Samsung Galaxy S10 Lite yang dirancang dengan layar berukuran 6,7 inch dengan resolusi 1080 x 2400 dan rasio 20:9 ini. Rupanya memakai panel Super AMOLED Plus dengan sertifikasi HDR 10 plus yang dilengkapi dengan fitur always on display dan memiliki kerapatan pixel mencapai ~394 ppi. Sehingga pengalaman visual yang ditawarkan luar biasa, terlebih beragam warna cerah mau pun gelap dapat terlihat sempurna ditambah adanya konsep Infinity O Display sehingga jangkauan pandangan dan imersif lebih luas.

Lalu pada segi keamanan, Samsung Galaxy S10 memiliki under display fingerprint atau sensor sidik jari pada layar. Sensor sidik jari yang dibawa oleh smartphone ini adalah sensor sidik jari optical yang kecepatan membaca sidik jarinya lebih cepat dan tingkat akurasi pun tinggi, dibandingkan sensor sidik jari ultrasonik yang tidak dilengkapi dengan pelindung layar seperti pada dua smartphone pendahulunya. Perihal kamera, Samsung Galaxy S10 Lite mengusung tiga kamera yaitu kamera utama dengan resolusi 48 MP, kamera ultra wide beresolusi 12 MP, dan kamera makro yang memiliki resolusi 5 MP dengan teknologi phase detection autofocus dan fitur super steady Optical Image Stabilization. Sayangnya kamera tersebut kurang maksimal jika digunakan dengan mode malam, untuk hasil yang lebih maksimal sebaiknya gunakan mode foto low light.

Kekurangan Samsung Galaxy S10 Lite


Seperti smartphone lain, Samsung Galaxy S10 Lite masih memiliki beberapa fitur yang kurang maksimal. Salah satunya hanya menyediakan satu speaker di bagian bawah smartphone, bahkan speaker itu bukan speaker stereo sehingga kualitas suara yang dihasilkan belum sebaiknya speaker stereo milik Samsung Galaxy S10 series yang lain. Samsung Galaxy S10 Lite ini juga tidak menghadirkan audio jack 3,5 mm, namun hanya konektor USB tipe C yang berfungsi sebagai kabel data, charging, dan audio padahal fitur tersebut telah disematkan pada Samsung Galaxy S10 atau Samsung Galaxy S10 Pro.

Dalam pengisian daya Samsung Galaxy S10 Lite juga belum menunjang Wireless Charging sehingga semua pengisian daya harus menggunakan kabel. Pada desain Samsung Galaxy S10 Lite menggunakan glasstic yang merupakan perpaduan dari glass dan plastic, namun sebenarnya bodi smartphone ini hanya dibalut dengan plastik.