Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk, 100% Work!

cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk

Bagi Kamu-kamu pecinta teknologi, pastinya tak asing dengan benda bernama Flashdisk, kan? Kendati telah banyak bertransformasi, salah satu media penyimpanan ini cukup digandrungi. Misalnya saja menyimpan file data, foto, atau dokumen penting lainnya. Namun, bagaimana jika file tiba-tiba hilang, adakah Cara Mengembalikan file yang terhapus di flashdisk ?

Dewasa ini pilihan flashdisk mulai beragam. Mulai dari bentuk, merek, warna, hingga kapasitas. Alat ini ditengarai cukup banyak membantu. Flashdisk dinilai praktis dan easy to carry atau mudah dibawa kemana-mana, flashdisk juga bersifat fleksibel. Apakah kamu juga menggunakannya?

Meskipun banyak cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk banyak direkomendasikan. Namun, tak kesemuanya bisa dicoba, lho! Pasalnya, flashdisk yang rentan justru malah akan semakin rusak tanpa penanganan yang tepat. Maka dari itu, ada baiknya  kenali dulu bagaimana karakteristik si mungil ini yuk! 

Mengulik Karakteristik Lengkap Hingga Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk


Dalam penerapannya flashdisk memiliki banyak klasifikasi. Kamu dapat memiliki si penyimpan memori ini sesuai kebutuhan. Namun, bagi kamu yang masih awam, berikut beberapa pertimbangan  untuk mendapatkan flashdisk yang baik.

1. Capacity / kapasitas


Hal yang pertama kali mesti kita perhatikan ketika memilih USB ini. Meski bisa asal saja yang penting bisa menyimpan memori ternyata kita wajib lho memperhatikannya. Kendati terlihat sepele, kapasitas mampu mempengaruhi proses transfer dokumen. Sebagai contoh, dibutuhkan kapasitas sekitar 1 hingga 2GB untuk transfer musik maupun foto.
 
Jika kapasiti ini kurang, bisa jadi proses unduhan kamu bakalan gagal. Dan parahnya jika dokumen tersebut justru malah hilang ditengah jalan. Nah, tahu kan mengapa kapasitas itu penting?

cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk

2. Kecepatan Transfer Data


Di poin kedua ini kamu perlu mempertimbangkan soal seberapa cepat transfer data yang dimiliki USB tersebut. Perlu kamu tahu, kecepatan membaca data paling tinggi mencapai angka 34 Mbyte/s (272 Mbit/s). Sementara kecepatan maksimal penyimpanan ialah di angka 28 Mbyte/s (224 Mbit/s). Namun, untuk USB 2.0 kecepatan transfer file atau data ini membutuhkan antara 14Mb/s sampai 24 Mb/s. Sebagai catatan, kemampuan kecepatan transfer ini bakalan menurun jika memanfaatkan kabel USb maupun USB hub.


3. Security / Keamanan



Sebelum menerapkan cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk, ternyata memperhatikan  Sekuritas alias keamanan juga dirasa penting,lho! Pasalnya, flashdisk tak hanya sebagai alat penyimpan atau penampil file saja. Namun mampu berkontribusi sebagai pengaman file yang ada didalamnya. 

Biasanya, fitur ini secara otomatis ada di dalam flashdisk. Kamu tinggal mengaktifkannya sesuai keperluan. Bahkan, kini telah ada produk USB yang  disematkan teknologi finger print serta diklaim memiliki keamanan jempolan. Sebab, pengaktifan sidik jari tentu hanya bisa dilakukan oleh satu orang. Makanya dinilai makin aman dan menjanjikan.

4. USB Flashdisk Bagi Pecinta Travelling


Bagi kamu penyuka aktivitas diluar rumah, termasuk travelling dan mengharuskan untuk membawa data penting, ada baiknya pilih flashdisk khusus. USB tipe ini memang mempunyai desain yang kokoh serta tahan banting. Selain itu benda mungil ini memiliki kemampuan bertahan dalam temperatur panas, gesekan, kelembapan hingga cuaca ekstrim sekalipun. Umumnya, flashdisk khusus traveller dibalut casing lentur dari karet atau metal. Serta bersifat water resistant atau tahan air.

Kini kamu makin tahu kan sebelum memilih sebuah USB pastinya perlu mempertimbangkan hal-hal diatas. Yuk meluncur ke pembahasan selanjutnya. 

Mau File Kamu Balik Lagi? Terapkan Cara Ini! 


Berbicara tentang memori USB yang hilang, pasti yang pertama kali terpikir ialah akibat virus. Sebab, tak dipungkiri si mungil berteknologi ngebut ini memang rentan terhadap virus. Bayangin saja jika file atau data penting yang ada di sana lenyap gak bersisa. Wah, bisa berabe nih! 

Kemungkinan data lenyap bisa dipengaruhi oleh dua hal yakni virus atau bad sector. Bad sector ialah menghapus data penting tanpa sengaja. Terkadang hal ini seringkali kita alami kan. Jika demikian, kamu tak perlu panik. Cobain cara mumpuni dibawah ini ya.

Cara Mengembalikan Data Di Flashdisk Dengan Cepat


cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk, kamu bisa menjajal dua metode berikut;


1. Step by Step Kembalikan Saat Hilang Melalui Command Prompt

mengembalikan file yang terhapus di flashdisk

  1. Colokkan Flashdisk ke USB Port pada komputer
  2. klik tombol dengan logo Windows pada keyboard disertai tekan huruf R
  3. Selanjutnya akan muncul tulisan Run, kamu bisa ketik Cmd pada kolom yang tersedia. Langlah ini dilakukan agar dapat membuka windows Command Prompt.
  4. Kemudian ketik 'chkdsk H: /f’ lanjut klik ‘Enter’
  5. Lanjut tulis simbol Y dan klik Enter lagi
  6. Ketik huruf H atau lokasi USB di Explorer klik enter
  7. Jangan lupa ketik ‘H:>attrib -h -r -s /s /d *.*’ serta tunggu hingga prosesnya rampung
  8. Jika proses telah rampung, maka secara otomatis flashdisk akan menampilkan kembali file yang sudah terhapus sebelumnya. 
Perlu diingat, kemungkinan step ini cukup ribet alias merepotkan buat kamu. Apalagi bagi seorang pemula dan awam dengan dunia per-flashdisk-an. Namun, memang besar persentase data akan kembali lagi. Yang wajib dipastikan ialah untuk mengganti huruf 'H' tersebut dengan detail lokasi flashdisk yang kamu miliki. Sebagai informasi, cara ini bisa juga lho kamu pakai untuk mengembalikan lost file pada SD Card maupun Harddisk Eksternal

2. Kembalikan Data hilang Dengan Aplikasi

mengembalikan file yang terhapus di flashdisk


Cara kedua ini dinilai lebih praktis. Kendati banyak ditemui cara gratis, dengan penggunaan aplikasi berbayar dirasa lebih efektif juga efisien. Pasalnya, kamu tak perlu ribet ketika harus menerapkan langkah-langkahnya. Berikut rinciannya;

  1. Install Aplikasi yang akan kamu gunakan, seperti pandora Recovery
  2. Colokkan flashdisk pada port USB komputer
  3. Operasikan aplikasi tersebut
  4. pilih area atau lokasi USB
  5. klik kotak dengan simbol Scan atau Recover
  6. Dan tunggu proses sampai selesai
Layaknya step pertama, setelah proses rampung maka dalam flashdisk kamu akan muncul data atau file yang tadinya hilang. Nah, kamu bisa langsung mengakses kembali data ini. 

Aplikasi pengembali data hilang sebetulnya banyak jenisnya. Kamu bisa browsing dan menemukan banyak rekomendasi tentang aplikasi tersebut. Sebagai contoh 4EXT Recovery. Namun kamu bisa juga mengunduh aplikasi lain yang bersifat free alias gratis seperti Pandora Recovery, Recuve File Recovery, MobiKin Doctor for Android dan yang lainnya.

Ketidaksengajaan menghapus file ini memang sering kita alami. Entah terburu-buru atau tanpa sengaja menyentuh tombol delete. Namun, dengan dua cara diatas dijamin file penting juga memori simpanan kamu bakalan cepat kembali. Bagaimana menurutmu, File kamu hilang juga? cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk diatas bisa kami lakukan. Dan dapatkan kembali akses file milik kamu. Selamat mencoba!