Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Laptop dan Notebook Yang Perlu Kamu Ketahui

Terungkap! Ini Dia 6 Perbedaan laptop Dan Notebook Yang Jarang orang Ketahui! 


perbedaan laptop dan notebook


Bagi sebagian orang memang tak begitu paham perbedaan laptop dan Notebook. Umumnya, mereka akan berpendapat dengan fungsinya yang sama saja. Padahal, ada lho perbedaannya. Mulai dari spesifikasi, fitur, model hingga kemampuan penyimpanan. Anda sudah tahu belum?

Benda berteknologi canggih ini kini bisa Anda temukan dengan mudah. Sudah menjadi hal ihwal, penggunaan laptop maupun notebook menjadi suatu keharusan. Meski tak semua orang menggunakannya, namun bagi mereka yang bekerja dengan sistem online tetap membutuhkannya.

Bagi Anda yang berniat mencari kedua perangkat tersebut, dan masih bingung apa sih perbedaan laptop dan Notebook? Bisa kok menyimak artikel ini hingga akhir. Siapa tahu nanti dapat menemukan pencerahan, sehingga tak salah pilih perangkat. Ayo, menuju ke pembahasan di bawah ini!

Ternyata Ini Ya Perbedaan Laptop Dan Notebook, Anda Sudah Tahu? 

perbedaan laptop dan notebook

Populer dengan alat kekinian dengan benaman sistem super mumpuni. Laptop dan notebook seolah menjadi perangkat kegemaran yang tak pernah mati gaya. Anda juga peminatnya? Namun, bagi pemula atau yang masih awam dengan kedua benda tersebut kurang tahu apa perbedaannya. Daripada bingung, berikut paparan lengkap perbedaan antara laptop dan notebook yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Bobot

Salah satu perbedaan paling mendasar dadi kedua perangkat canggih bernama laptop dan notebook ialah bobotnya.  Laptop yang dari segi fisik terlihat lebih gede memiliki berat 3 hingga 5 kg. Sementara, untuk notebook memiliki berat lebih ringan. Yakni, antara 1 hingga 2 kg saja.

2. Ukuran Layar

perbedaan paling mencolok kedua ialah ukuran layar. Beberapa laptop memiliki ukuran layar lebih dari 18 inchi. Dan untuk si mungil notebook hanya berkisar antara 13 hingga 18 inchi saja. Yang mana kesukaan Anda?

3. Spesifikasi grafis

Perbedaan laptop dan Notebook nomor tiga berada pada spek grafisnya. Di laptop sendiri memiliki kapasitas VGA lebih ajib ketimbang notebook yang  mini. Kendati demikian, seiring bejalannya waktu, notebook kini diperkuat dengan kapasitas VGA yang lebih mumpuni juga besar.

4. Durasi Baterai

Banyak yang menilai jika konsumsi daya baterai notebook lebih hemat ketimbang laptop. Namun, sebetulnya hal ini tergantung penggunaan daya yang terdapat pada kedua perangkat tersebut.

5. RAM



Untuk Ukuran RAM pastinya laptop dinilai lebih unggul. Tapi jangan salah, kini notebook telah diupgrade serta memiliki performa RAM yang lebih mumpuni lagi.

6. DVD ROM

Bagi pengguna laptop pastinya tahu dong, apa itu perangkat DVD ROM? Yap, kemampuan membaca kepingan kaset yang memang tak dimiliki oleh notebook pada umunnya. Tapi, hal ini bsia diatasi dengan dengan penggunaan DVD ROM eksternal dan masalah beres!

Mengetahui perbedaan laptop dan notebook memang dirasa penting. Pasalnya, hal ini mampu menjadi pedoman jika Anda ingin membeli perangkat terbaik dari kedua jenis elektronik ini. Berikut beberapa pertimbangan yang bisa Anda terapkan.

1. Penggunaan

Jika tujuan utama Anda membeli kedua perangkat ini berdasarkan penggunaan, ada baiknya pilih laptop saja. Selain memiliki performa yang lumayan tangguh, laptop memiliki spek lebih tinggi untuk mendukung mobilitas Anda yang berat atau padat.

Namun, jika penggunaan hanya bersifat ringan seputar browsing, mengetik, cek email bisa memilih notebook saja. Hitung-hitung ngirit bujet. Terlebih jika perangkat ini bakalan seirng menemani Anda. Tentunya notebook menjadi pilihan yang tepat, karena dirasa lebih enteng bobotnya daripada si laptop.

2. Biaya


Pertimbangan nomor dua ialah terkait biaya. Jika kira-kira bujet anda mencukupi atau lebih, ada baiknya pilih laptop. Sebab, laptop ditengarai lebih memberikan keuntungan. Namun, bukan berarti notebook tak bagus ya. Hanya saja, notebook dianggap lebih terjangkau dan ringan harganya.

Meski perbedaan laptop dan Notebook mengenai harga begitu menonjol, tetap memiliki keunggulan masing-masing. Yang terpenting, beli notebook dengan merek terbaik. Agar harga jualnya kembali tinggi. Disamping itu, kebanyakan notebook yang bagus umumnya sedikit lebih mahal. Tapi, kembali lagi dengan cara penggunaan dan perawatannya.

3. Pilih Ukuran atau Performa?

Seperti yang telah diterangkan diatas, laptop dan notebook memiliki ukuran yang berbeda. Hal ini berdasarkan kinerja yang dimilikinya. jika anda mengutamakan performa pilih saja laptop yang telah terbukti mumpuni. meski dari ukuran, laptop memang lebih besar.

Ditilik dari segi ketahanan baterai, rata-rata notebook sedikit dibawah laptop. Sebagai informasi, iklan terkait baterai tidak sepenuhnya real atau benar. Kecuali, merek Apple Karena performa baterainya sesuai dengan iklan yang ditampilkan.

Ingin Laptop Atau Notebook Anda Semakin Awet? Lakukan 5 Langkah Dibawah ini!


1. Hindari Main Game Berat Berlebihan

Bagi para pecinta game, Hati-hati nih! Agar laptop atau Notebook lebih awet jangan terlalu keseringan main game berat ya, sobat! Untuk sekelas Game Zuma, angry bird sih masih oke. Tapi seperti GTA V, Call Of Duty dan sejenisnya bisa membuat komponen komputer jinjing Anda jadi overheat  Selain itu bisa menyebabkan baterainya gampang rusak atau bocor.

2. Jangan Diletakkan Di Atas Kasur

Nah, ngaku! Siapa nih yang suka main laptop atau notebook sambil tiduran? Faktanya menaruh benda tersebut dikasur justru membuat sirkulasi udaranya tidak lancar. Sehingga, udara pembuangan tertahan oleh kasur dan hanya mandeg didalamnya. Makanya, tak heran jika perangkat ini lekas panas.

3. Bersihkan Secara Berkala

perbedaan laptop dan notebook

Agar komputer jinjing lebih awet jangan lupa untuk membersihkannya dengan teratur. Kotoran atau debu yang nempel di perangkat ini bisa membuat kinerjanya menjadi lambat dan cepat panas. Bersihkan area keyboard, LCD, lubang sirkulasi udara, baterai hingga area lain. Jika anda punya keahlian bongkar pasang, bersihkan  bagian dalam juga. Tapi jika tidak, jangan coba-coba. Salah-salah malah bikin laptop atau Notebook kamu jadi rusak.

4. Stop! Mengangkat laptop dalam keadaan menyala

Kenapa harus ini harus dihindari? sebab, dalam keadaan menyala atau hidup kinerja harddisk juga masih berjalan. Sehingga dikhawatirkan harddisk bakal tergores, bahkan menyebabkan bad sector.

5. Tutup LCD ketika telah dingin

Jangan buru-buru menutup layar LCD setelah dipakai. Pasalnya, jika perangkat masih dalam keadaan panas dan langsung ditutup akan mengakibatkan layar LCD bisa menjadi rusak. Lho kok bisa?

Hal ini diakibatkan oleh udara panas yang berasal dari permukaan keyboard. Nah, jika mengenai layar LCD langsung akan berakibat sangat fatal. Ada baiknya istirahatkan dulu agar ketika akan ditutup telah dalam keadaan dingin.

Makin banyak tahu kan, serba-serbi laptop juga notebook termasuk merawatnya. Bagaimana, sudah paham perbedaan laptop dan Notebook kan? Sebetulnya mau pilih manapun sah-sah saja. pastinya ada kekurangan juga kelebihan. Dibuat simpel aja, cari dan pilih sesuai kebutuhan juga bujet. oke sobat, semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan laptop atau Notebook idaman Anda ya. mau, info seputar teknologi dan gadget? jangan lupa kunjungi Sabine blog.com ya!