Cara Mengecek Garansi Samsung Lengkap

Cara Mengecek Garansi SamsungKetika baru membeli HP baru, maka wajar saja jika Anda memiliki garansi dalam jangka waktu tertentu. Garansi atau bisa dibilang juga sebagai warranty adalah surat keterangan jaminan bahwa produsen telah menciptakan produk dengan baik dan bebas dari kesalahan. Surat ini memiliki jangka waktu dan beberapa ketentuan lain.
Cara Mengecek Garansi Samsung Lengkap
Biasanya, jika dalam masa garansi pembelian masih berlaku dan HP Anda telah mengalami kerusakan, maka HP Anda bisa mendapatkan service gratis dari toko resmi ataupun pusat servis Samsung.
Selain itu, ada beberapa fungsi Samsung Warranty Check yang bisa Anda dapatkan. Yakni sebagai berikut:
  • Dapat melakukan perbaikan di seluruh pusat servis center Samsung di seluruh Indonesia
  • Masa garansi ini biasanya 12 bulan atau 1 tahun
  • Dapat melakukan pergantian suku cadang asli Samsung
  • Mendapatkan jasa perbaikan secara gratis selama masih memenuhi syarat dan ketentuan
Tapi, bagaimana, sih, cara mengecek apakah garansi Samsung masih berlaku atau tidak? Nah, berikut telah kami rangkumkan untuk Anda dengan lengkap:

Cara Mengecek Garansi Samsung

Cara Mengecek Garansi Samsung
Anda memerlukan nomor IMEI. Untuk mengetahui nomor IMEI HP dengan cara menekan *#06# pada menu telepon
  • Catat atau copy nomor IMEI yang akan muncul nantinya
  • Kunjungi situs resmi Samsung di https://samsungwarrantycheck.com/atau di situs imei di http://www.imei.infodisarankan untuk mengambil informasi dari link yang pertama
  • Setelah situs terbuka, masukkan nomor IMEI yang tadi telah dicopy. Tunggu beberapa saat
  • Situs akan langsung memproses nomor IMEI yang telah dimasukkan dan menampilkan semua informasi mengenai HP Samsung tersebut. Dari mulai spesifikasi yang dimiliki sampai masa garansinya
Dari sana, Anda bisa mengetahui sampai kapan HP Samsung yang Anda miliki dijamin oleh vendor penyedia HP. Jadi, jika ternyata batas waktunya telah lewat, maka bisa dipastikan Anda akan menanggung sendiri biaya perbaikan jika ada kerusakan yang terjadi pada perangkat Samsung Anda.

Cara Cek Tanggal Pembelian HP Samsung

Biasanya, masa garansi akan berlaku sekian tahun dari tanggal pembelian pertama. Sehingga, secara tidak langsung Anda harus mengingat kapan tanggal tepatnya Anda membeli perangkat Samsung tersebut.
Tapi, kita tidak mungkin mengingat dengan detail kapan kita membeli HP Samsung tersebut. Nah, tenang saja. Anda masih bisa mengecek waktu pemakaian HP Samsung. Ada beberapa cara cej tanggal pembelian HP Samsung yang bisa dilakukan agar Anda bisa mengetahui kapan tanggal pembelian Anda lakukan.
Berikut beberapa tutorialnya:

Mengecek dari Kuitansi Pembelian

Biasanya ketika membeli perangkat elektronik, maka Anda akan mendapatkan kuitansi dari toko. Nah, di dalam kuitansi pasti ada tanggal pembelian barang elektronik yang Anda cari. Dari sanalah Anda bisa tahu kapan tanggal pembelian HP Samsung Anda lakukan.
Oleh karena itu, sebenarnya tidak ada salahnya jika Anda mulai menyimpan setiap kuitansi pembelian mulai dari sekarang

Mengecek Melalui Dial Phone

cara mengecek garansi samsung
Jika kuitansi pembelian Anda hilang, cara satu-satunya yang  bisa Anda lakukan adalah mengecek masa pemakaian HP dan kemudian dihitung secara manual untuk mendapatkan tanggal pasti kapan Anda membeli perangkat Anda.
Salah satu cara cek usia pemakaian HP adalah dengan menggunakan fitur Dial Phone. Beberapa di antaranya adalah:
  • Buka menu telepon yang ada di HP Android yang Anda miliki
  • Masukkan kode rahasia yang ada di HP Samsung berikut ini: *#12580*369# masukkan angka dengan benar, ya
  • Tekan tombol panggil dan tunggu hingga proses selesai
  • Setelah itu, akan muncul beberapa informasi yang memiliki kode BL, AP, CP, CSC, RF Call, dan HW Rev
  • Bagian lama pemakaian HP Samsung terletak di RF Call. Di dalam informasi yang terkandung di RF Call akan ada tanggal, bulan, sampai tahun di mana HP Android Samsung yang Anda miliki pertama kali digunakan.

Mengecek Melalui Aplikasi Tambahan

Anda juga bisa mengecek usia pemakaian HP Samsung dari aplikasi tambahan. Nah, ada sebuah aplikasi di Google Playstore yang bernama INFO SAM. Pengembang dari aplikasi ini bernama vndguyen dan di sanalah Anda bisa mengecek kapan pertama kali HP Anda diaktifkan.
Caranya adalah sebagai berikut:
  • Pertama, Anda harus mengunduh dan melakukan instalasi aplikasi INFO SAM ke dalam HP Samsung Anda.
  • Setelah proses instalasi selesai, bukalah aplikasi tersebut
  • Akan ada beberapa menu di sana, silahkan pilih menu bagian Android
  • Akan ada sederet informasi yang keluar dari sana mengenai HP Samsung yang Anda gunakan. Salah satunya adalah kapan HP pertama kali digunakan.
Kekurangan menggunakan aplikasi ini adalah akan memakan memori internal yang Anda miliki. Juga dibutuhkan koneksi internet dan waktu yang lebih lama dari kedua cara di atas.
Kami sendiri menyarankan untuk mencoba cara yang kedua. Selain lebih sederhana, cara tersebut juga tidak mengharuskan Anda untuk menggunakan koneksi internet yang Anda miliki.
Nantinya, setelah Anda mengetahui usia pemakaian HP, Anda juga bisa melakukan Samsung Warranty Check. Cara mengecek garansi Samsung dengan usia pemakaian HP adalah:
  • Buka menu pengaturan atau Setting
  • Pilih sub menu yang bertuliskan umum atau general
  • Setelah itu pilih About
  • Nanti di sana akan ada limited warranty. Letaknya tepat di bawah serial number.
  • Dari limited itu Anda bisa menghitung apakah HP Anda masih dalam tanggal masa garansi atau tidak.

Cara Cek Garansi Samsung Sein atau Inter

Ada 2 jenis garansi yang ditawarkkan oleh pihak Samsung. Yakni Sein dan Inter. Lantas, apa perbedaan antara Garansi Sein dan Inter?
cara mengecek garansi samsung
Nah, biasanya, garansi SEIN adalah garansi yang berlaku di wilayah perakitan. Jadi, semisal HP Anda dirakit di Indonesia, maka garansi yang berlaku adalah garansi SEIN.
Sebaliknya, garansi inter atau biasa juga disebut dengan garansi internasional global adalah garansi yang berlaku secara global karena dirakit di luar negeri. Tetapi, di Indonesia sendiri garansi seperti ini sulit untuk diklaim karena Samsung Service Center Indonesia hanya menerima HP Samsung yang memiliki garansi Sein saja.
Berikut cara cek garansi Samsung Sein atau Inter lengkap!

Dengan Menggunakan Kode IMEI

Caranya adalah sebagai berikut:
  • Cek IMEI Samsung dengan *#06# kemudian cek IMEI yang keluar di situs berikut ini: https://samsungwarrantycheck.com/
  • Nanti, di sana akan ada tipe garansi Anda apakah SEIN atau Inter

Dengan Menggunakan Serial Number

Garansi resmi Samsung juga bisa dicek melalui Serial Number atau SN. Biasanya ada di bagian body atau bahkan di kardus penjualan.
Anda juga bisa mengecek melalui menu dial up dengan menekan angka *#06# dan menekan tombol panggil. Di sana akan ada beberapa kode termasuk kode IMEI.
Jika ada kode yang memiliki huruf RR di depannya, maka bisa dipastikan bahwa garansi yang Anda miliki adalah garansi SEIN. Tetapi jika tidak ada, maka garansi Anda bukan garansi SEIN.
Itulah beberapa cara mengecek garansi Samsung yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!
best seller lazada
About Author: