Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ragu Dapat Produk Jelek? Ini Dia cara Mengecek Layar Samsung Paling Gampang

cara mengecek layar samsung

Siapa yang tak kenal produk besutan negeri ginseng, Korea ini. Yap, samsung, ponsel kekinian yang merajai pasaran memang banyak penggemar. Tak hanya dinilai tangguh, namun juga memiliki sejumlah fitur yang menarik juga asyik. Namun, takut beli ponsel dapatnya layar jelek atau buruk? Tenang, Sabineblog punya solusi, yakni cara mengecek layar samsung  Paling gampang dan efektif.

Mengecek kondisi produk ketika membeli gadget memang diperlukan. Hal ini bisa dilakukan  untuk menjamin kualitas barang. Namun, terkadang susah sekali membedakannya kan? Entah mulai dari kondisi software, kamera belakang, layar hingga bagian lainnya.

Namun, cara mengecek layar samsung  dari Sabineblog ini ditengarai cukup gampang, dan dijamin efektif. Engga perlu berlama-lama, langsung meluncur ke topik bahasan yuk! Baca sampai akhir ya, siapa tahu sedang butuh info menarik dari sabineblog ini.

Shadow Engga Ya? Yuk Terapin Cara Mengecek Layar Samsung Berikut Ini

cara mengecek layar samsung

Kendati mengecek layar ponsel samsung dinilai mudah,faktanya masih banyak yang belum mengerti. Cukup memakai kode maupun aplikasi, anda sudah dapat mengecek sepuasnya lho! Layar ini dianggap sangat vital. Pasalnya, semua mobilitas berawal dari layar ini. Jika layar tak dicek, dikhawatirkan nantinya akan mempengaruhi kinerja ponsel.

Apalagi jika layar samsung ini rusak, wah bisa merembet ke touchscreen-lah. Sayang, kerusakan macam ini sedikit susah untuk diperbaiki. Jika ingin kondisi layar normal kembali, jalan satu-satunya ialah menggantinya dengan yang baru.

Padahal, harga layar ini sedikit menguras kantong.   Bahkan, layar salah satu tipe ponsel samsung bisa   mencapai jutaan apabila layarnya sampai rusak. Waduh! Anda tak ingin hal ini terjadi kan? Namun, jika berniat mengganti layar, sebaiknya langsung menuju service Center resmi. Hal ini penting untuk menghindari sparepart palsu. Berikut cara mengecek layar di ponsel samsung biar engga kecolongan.

1. Mengecek Multitouch

cara mengecek layar samsung

Perlu diketahui tak semua ponsel bermerk samsung mampu mendukung sistem multi touch 10 titik. Biasanya sih samsung keluaran lama. Lantas, gimana nih cara mengecek layar samsung  biar lebih gampang?

Yap, cukup unduh aplikasi Multi touch Sensor. Dan masukkan 10 jari barengan. Setelah itu akan muncul beberapa titik sentuhan yang didukung layar ponsel samsung.

MultiTouch Tester

Sistem Multi touch dinilai sangat penting. Hal ini dinilai mendukung mobilitas anda ketika bermain game. Pastikan seluruh titik bekerja dengan baik. Pasalnya jika hanya ada 2 hingga 5 titik saja, jangan protes jika layar akan sedikit kurang sensitif.

2. DEAD PIXEL

Cara mengecek layar ponsel samsung kedua ini ialah memastikan layar tidak cacat. Biasanya bisa juga layar menampilkan sebuah dot atau titik. Banyak yang menyebut hal ini dengan Dead Pixel. Umumnya, hal ini terjadi akibat cacat produk yang sulit untuk di repair atau diperbaiki. Sehingga, jika anda menemukan kasus semacam ini, klaim langsung saja selama masa garansi masih ada.

Sebetulnya, ada cara lain untuk memperbaiki Dead Pixel tersebut  Yakni, dengan mengunduh aplikasi bernama Dead Pixel Detect and Fix. Anda bisa mengunduhnya di play store. Sebagai catatan, cara ini mungkin saja tak sepenuhnya berhasil. Anda harus mengetahui dulu seberapa parah tingkat kerusakan dari layar samsung yang Anda punyai.

Aplikasi ini memiliki sistem kerja dengan mendeteksi apakah layar anda mengalami dead pixel atau tidak. Mengoperasikan aplikasi ini juga tergolong gampang. Yakni, anda bisa memilih warna tertentu yang mana warna tersebut dapat diduga sebagai dead pixel. Dan secara otomatis, aplikasi ini akan memperbaikinya.

3. Mengecek Touchscreen

cara mengecek layar samsung

Di poin ketiga ini anda bisa mengecek bagian touchscreen. Tahu dong, fungsi ini sangat optimal. Bayangkan saja jika kondisinya engg maksimal, pastinya akan mempengaruhi kinerja ponsel. Cara ketiga ini dinilai cukup efektif lho. Berikut langakh-langkahnya:

1. Buka halaman dial pad, tuliskan kode  *#0*#
2. Akan muncul notifikasi melalui layar menu pengecekkan ponsel samsung
3. Tekan menu touch
4. Kemudian akan ada menu pengecekkan touchscreen dengan garis kotak-kotak
5. Selanjutnya, anda tinggal ikuti saja garis tersebut hingga warnanya berubah menjadi hijau. Jika kondisi touchscreen masih jempolan, maka seluruh bagian bakalan berubah jadi hijau.

4. Mengecek Shadow

cara mengecek layar samsung  keempat ialah memastikan shadow. Bagi penggunaan ponsel samsung, shadow ini kerap kali terjadi. Sehingga menyebabkan reproduksi warna kurang paripurna. Biasanya ada garis yang tak sinkron dengan warna original atau asli. Lantas, bagaimana cara mengeceknya?

1. Buka halaman dial pad, ketik kode *#0*#
2. Klik opsi Red, Blue dan juga Green
3. Jika layar dalam keadaan baik, maka warna yang dimunculkan akan sesuai dengan yang anda pilih 
4. Meski kode yang ditulis sama, namun berbeda di pemilihan menu Red, Blue and Green yang Anda pilih. Selanjutnya tinggal memastikan apakah warnanya sinkron tidak.
Selain cek layar, anda bisa mengecek performa lain seperti di bawah ini

5. Baterai

Memeriksa kapasitas baterai juga dinilai penting  Pasalnya, baterai akan mempengaruhi kinerja ponsel kedepannya. Pastikan ponsel memiliki fitur fast charging ya. Pilih juga baterai dengan kapasitas besar yang awet dipakai seharian atau optimal ketika dipakai

6. Bezel

Frame layar atau bezel ini umumnya dipengaruhi tren. Tahu kan ponsel kekinian banyak yang menyajikan  tipe bezel-less, bezel tipis bahkan tanpa bezel. Banyak yang merasa jika minim bezel justru membuat kurang nyaman ketika digenggam. Disamping itu, ponsel tanpa Bezel yang mendominasi kelas high-end yang harganya cenderung lebih tinggi

7. Display atau tampilan layar

Di bagian ini, ketajaman juga kecerahan layar dapat dicek melalui piksel per inchi atau biasa disebut PPI. Jika nilai PPI lebih tinggi, berarti akan menyajikan tampilan lebih hidup. Semakin baik displaynya, maka akan semakin tinggi pula angka PPI-nya.

8. Storage

cara mengecek layar samsung

Media penyimpanan menjadi salah satu faktor mengapa banyak orang menyukai ponsel tersebut. Jika RAM besar maka memungkinkan Anda untuk menyimpan banyak data, file hingga aplikasi. Setidaknya RAM 3 GB adalah pilihan paling pas. Namun, jika tak suka banyak aplikasi, RAM 2GB sudah cukup-lah.

9. Kamera

Meski kamera bagi sebagian orang tak begitu prioritas, berbeda dengan pengguna yang hobi fotografi. Kinerja kamera yang mumpuni akan membuat si pengguna merasa puas dengan fitur tersebut. Keyword untuk mengecek kamera ialah ukuran, piksel, sensor hingga aperture.

Jika memiliki bukaan lebar hal ini berarti gambar bakal lebih cerah. Namun semakin rendah nilai aperture akan semakin bagus. Biasanya hal ini berbanding terbalik dengan ukuran piksel. Jika piksel bagus, maka ukurannya semakin tinggi.

10. Boks

Ketika anda melakukan unboxing, aksesori dasar misalnya headphone, kabel charging, kartu garansi masih tersedia di dalamnya. Masing-masing ponsel bisa saja menemui kondisi berbeda. Sebab, ada pula yang tak menyertakan headphone di dalamnya.

Nah, ternyata tak hanya cara mengecek layar samsung saja ya yang bisa anda lakukan. Banyak aspek untuk diteliti ketika akan membeli sebuah ponsel. Semoga, artikel ini dapat membantu Anda ya.