Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Ovo Points Untuk Berbagai Keperluan

Ovo adalah platform digital untuk pembayaran. Anda bisa menyebutnya sebagai dompet digital karena sifatnya sama. Dengan ovo, pengguna tidak perlu membawa uang tunai. Mereka cukup menggunakan smartphone dan aplikasi ini untuk membayar tagihan dan produk.

Untuk meningkatkan transaksi, ovo menyediakan points atau dikenal dengan ovo points. Setiap satu point setara dengan satu rupiah. Semakin sering bertransaksi maka poin yang dikumpulkan meningkat. Points memiliki berbagai kegunaan dan cara menggunakan ovo points menyesuaikan dengan merchant yang menerima pembayaran via ovo.

Penggunaan Ovo Points

Cara Menggunakan Ovo Points

Berikut ini beberapa cara untuk menggunakan points. Perlu anda ketahui, points tidak dapat diuangkan secara tunai. Pengguna hanya bisa memanfaatkan promo atau tagihan untuk menghabiskan points tersebut. Selain itu, anda juga harus memperhatikan apakah points berlaku untuk pembayaran atau tidak.

  1. Belanja online di marketplace
Belanja Di Marketplace Dengan Ovo Points

Cara menggunakan ovo points yang paling mudah adalah belanja online di marketplace. Platform pembayaran ini berdiri karena toko online dan marketplace semakin marak. Mereka membutuhkan platform yang bisa mengelola pembayaran. Pihak ketiga ini juga memiliki izin dari otoritas jasa keuangan sehingga beroperasi secara legal.

 

Sebelumnya, marketplace menggunakan platform pembayaran mereka sendiri. Namun, cara ini kurang praktis apalagi di sisi konsumen. Untuk mengatasi hal tersebut, mereka bekerjasama dengan ovo termasuk memastikan ovo points bisa digunakan. Caranya mudah yaitu anda masuk ke marketplace lalu pilih produk. Setelah mengisi alamat dan informasi yang dibutuhkan , pengguna masuk ke area pembayaran. Pilih transaksi dengan ovo lalu ikutkan ovo points. Setelah itu, anda wajib memasukkan pin dan menunggu proses transaksi selesai. Notifikasi akan muncul dan cek saldo points di aplikasi ovo.

 

  1. Pembayaran tagihan
Pembayaran tagihan menggunakan ovo points

Aplikasi ovo memiliki berbagai fitur. Salah satunya adalah tagihan seperti pascabayar, pulsa, paket data, listrik, pajak, asuransi, tv kabel, dan lainnya. Anda tidak perlu membayar kea gen karena semuanya tersedia di ovo. Ketika sering menggunakan aplikasi ini pembayaran online, pengguna mendapatkan points. Jumlah semakin meningkat dan sudah mencukupi untuk membayar tagihan tertentu.

 

Cara penggunaannya mudah yaitu anda masuk ke aplikasi ovo. Pilihan menu tagihan yang diinginkan. Lengkapi semua data dan informasi. Cek kembali dan melihat apakah tagihan tersebut dapat dibayar dengan ovo point. Setelah itu, sistem mengurangi poin dan saldo jika dibutuhkan. Tagihan terbayar dan anda mendapatkan notifikasi. Semua proses berlangsung di aplikasi ovo.

 

  1. Aplikasi transportasi dan makanan
Bayar aplikasi transportasi menggunakan ovo points

Pihak ovo memiliki kerjasama dan kontrak dengan berbagai merchant dan aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi transportasi online. Anda mungkin sering memakainya untuk pergi kemanapun. Secara singkat, cara menggunakan ovo points untuk pembayaran ini mirip dengan transaksi di marketplace. Selama points dan saldo cukup, anda bisa membayar secara otomatis.

 

Pertama, masuk ke aplikasi yang dimaksud dan pastikan sudah terhubung ke aplikasi ovo. Sistem akan melakukan verifikasi dan mengecek apakah ovo sudah terintegrasi. Setelah itu, pengguna memesan makanan atau order transportasi online. Pilih sistem pembayaran dan masukkan ovo point ke pembayaran tersebut. Ovo points juga berguna untuk membayar promo-promo makanan dan paket. Jika points cukup bahkan lebih, saldo tidak akan terpotong. Sebaliknya, points tidak cukup maka ovo mengambil sisanya dari saldo.

 

  1. Transaksi di merchant
cara emnggunakan ovo points

Merchant digital sudah banyak yang menyediakan pembayaran dengan ovo. Selain toko online dan aplikasi transportasi, anda bisa menemukan beberapa merchant baik digital atau tidak yang bekerjasama dengan ovo. Masing-masing menyediakan produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

 

Sebelum menggunakan points yang tersedia, cek dulu apakah produk memang bisa dibayar dengan points. Setelah konfirmasi, anda cukup melakukan proses pembayaran seperti bisa. Untuk merchant digital, opsi ovo akan muncul di sistem transaksi. Untuk merchant non digital, pastikan, smartphone memiliki nfc. Inilah cara menggunakan ovo points untuk kebutuhan  yang lain.

 

  1. Mendapat voucher

Penggunaan selanjutnya adalah untuk voucher. Anda bisa membeli voucher seperti makanan, hiburan, transportasi, dan lainnya. Voucher dijual di berbagai merchant dengan harga menarik. Ketika ingin membayar, ada menu ovo dan points bisa digunakan. Ada bisa menemukanya langsung dan mendapatkan voucher yang diinginkan.

Dari penjelasan diatas, anda mengerti bahwa ovo points sama dengan saldo dari ovo itu sendiri. Anda mungkin bertanya mengapa points harus dipisah dengan saldo meskipun secara prinsip adalah sama. Points semacam reward karena melakukan transaksi atau bisa juga sebagai cashback. Pemisahan points bertujuan agar pengguna bisa melihat keuntungan langsung dari point tersebut. Jika digabung, anda tidak menyadari karena sudah menggunakan points sehingga tidak ada aspek spesial. Anda bisa mengerti berapa banyak points yang didapat selama melakukan transaksi.

Cara Mendapatkan Ovo Points

Setelah membahas cara menggunakan ovo points, topik selanjutnya adalah cara mendapatkan points. Keduanya saling berkaitan. Jika mengerti bagaimana mendapatkan points, pengguna bisa menggunakannya dengan tepat. Karena points adalah reward atau hadiah, ada beberapa cara untuk memperoleh point tersebut.

Pertama, point masuk ke akun secara otomatis karena telah melakukan transaksi di toko online atau marketplace. Mereka menyediakan cashback dengan persentase tertentu untuk transaksi ovo yang berhasil. Perlu diingat, points hanya didapatkan saat memakai platform pembayaran ovo. Namun, beberapa marketplace juga memberikan points langsung meskipun pembayaran tidak dengan platform ovo. Tentu saja, pengguna harus mengecek langsung dan biasanya informasi terkait hal tersebut muncul di pemberitahuan sebelum transaksi diproses.

Ovo sering mengadakan events dan hadiahnya adalah point. Jumlahnya menyesuaikan dengan kapasitas event tersebut. Selain itu, beberapa merchant juga mengadakan acara dimana points sebagai hadiah. Anda bisa mendapatkan points tersebut secara langsung jika berhasil menang. Secara umum, points bisa datang dari mana saja.

Beberapa Hal Terkait Ovo Points

Anda sudah mengetahui bagaimana menggunakan ovo points. Ada beberapa hal yang penting untuk diketahui. Pertama, points tersebut hanya berlaku untuk penggunaan ovo. Anda tidak bisa membayar dengan ovo points di platform berbeda. Selain itu, points hanya bisa digunakan jika merchant sudah kerjasama dan menyatakan bahwa points berlaku untuk digunakan.

Secara umum, pengguna wajib menginstall aplikasi ovo terbaru. Pastikan untuk melakukan update karena lebih aman dan terjamin. Ovo menerapkan pin untuk proteksi setiap transaksi. Anda harus menambahkan setting tersebut di aplikasi merchant. Penggunaan pin berguna agar tidak ada pihak lain yang mengakses ovo tanpa diketahui pengguna asli. Ini bagian dari keamanan digital yang perlu diketahui dan wajib diterapkan.

Cara menggunakan ovo points menyesuaikan dengan merchant. Masing-masing memiliki ketentuan berbeda. Ovo points tidak dapat ditransfer dari satu akun ke akun lain. Mayoritas pembayaran dengan point tidak menjadi bagian dari cashback selanjutnya. Misalkan anda membayar dengan ovo point dan tidak ada tambahan poin lagi. Jika point hanya digunakan sebagian dan sisanya dari saldo, anda berkesempatan mendapatkan point dengan persentase dari saldo tersebut.