Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teranyar dan Tergahar, Xiaomi Black Shark 3 Jawaranya Smartphone Gaming


xiaomi black shark 3

Saat ini pasar smartphone gaming di Indonesia semakin berkembang dan semakin di depan. Tak ingin kalah saing, beberapa brand ternama berlomba-lomba menciptakan smartphone gaming agar tetap menjaga eksistensi brand di segala target pasar atau pemasaran. Bahkan, Indonesia ini merupakan salah satu target pasar potensial bagi beberapa brand besar smartphone gaming untuk memasarkan produknya. Maka tidak heran jika setiap tahun, bahkan setiap bulannya selalu rilis smartphone gaming terbaru ke Indonesia.

Apalagi di masa sekarang tren mobile gaming hampir menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang. Hal ini tentu saja berimbas pada pemasaran smartphone gaming yang akan laku keras di pasaran. Sebab semakin berkembang zaman, maka dunia gaming pun pasti akan semakin maju dan mengalami pembaharuan-pembaharuan yang lebih inovatif.

Salah satunya termasuk brand besar smartphone Xiaomi. Pada bulan Mei 2020, Xiaomi resmi meluncurkan produk barunya yang diberi nama Xiaomi seri Black Shark 3 ke Indonesia. Dengan membawa beberapa upgrade terbaru serta lebih menarik daripada seri sebelumnya, Black Shark 3 disebut-sebut sebagai, "Jawara smartphone gaming". Spesifikasinya yang gahar dan kelas atas, membuat banyak orang tanpa sungkan memuji smartphone gaming yang satu ini.

Tidak hanya itu, Xiaomi pun menjamin bahwa siapa pun yang menggunakan Black Shark 3 ini akan sangat terkesima dan merasa puas akan spesifikasi serta fitur-fitur yang ditawarkan oleh Black Shark 3 ini. Penasaran apa saja peningkatan serta fitur-fitur menarik Black Shark 3? Simak saja langsung penjelasannya di bawah ini!

1. Display layar yang kompatibel


xiaomi black shark 3

Display layar pada Black Shark 3 ini bisa dikatakan cukup mumpuni di segala aktivitas penggunanya. Di mana Black Shark 3 ini memiliki ukuran layar yang cukup lebar yaitu 6,67 inci dengan kekuatan AMOLED, sehingga memiliki akurasi warna yang tinggi. Selain itu juga, ditambah dengan adanya Delta E<1 dan JNCD<0,55 pada Black Shark 3 ini yang nantinya membuat penggunanya dapat melihat warna asli dari game maupun video.

Black Shark 3 juga memiliki kecepatan refresh yang mencapai 90Hz dan ini merupakan layar HDR10+ yang membuat tampilan layar Black Shark 3 menjadi lebih halus sehingga tidak perlu khawatir layarnya kurang memikat mata pengguna smartphonenya. Refresh rate 90Hz touch reporting pastinya memberikan pengalaman grafis yang membuat penggunanya semakin nyaman.

2. Kekuatan baterai cukup kuat serta pengisian daya sangat cepat


xiaomi black shark 3

Dari sisi kekuatan baterai, Black Shark masih memiliki keunggulan yang berani diadu dengan smartphone gaming lainnya. Black Shark 3 memiliki kekuatan baterai yang cukup kuat yaitu 4.720 mAh dengan fast charging 65 Watt (untuk yang standard) dan 30W (untuk Black Shark 3 versi 128GB ditambah 8GB, sehingga baterai smartphone akan terkisi kembali hanya dalam waktu 38 menit. Xiaomi membekali Black Shark 3 tujuannya tidak lain untuk menunjang aktivitas gaming bagi penggunanya.

Tidak cukup sampai di situ, dengan kekuatan baterai sebesar 4.720 mAh, Anda dapat menggunakan smartphone gaming ini juga untuk browsing, kerja, komunikasi, membuat foto dan video kreatif atau bermain game seharian penuh tanpa merasa khawatir kehabisan baterai. Karena jika Anda kehabisan baterai, maka Anda tidak akan memerlukan waktu yang lama untuk bisa dengan cepat mengisi kembali daya tidak lebih dari satu jam. Anda hanya akan membutuhkan waktu 12 menit untuk bisa sampai 50% pengisian daya dan 38 menit bisa terisi penuh hingga 100%.

3. Chipset dan Snapdragon berkonfigurasi tinggi


xiaomi black shark 3

Tidak hanya unggul dari segi display layar dan baterai, Black Shark 3 juga unggul dari segi Chipset dan Snapdragon. Xiaomi membekali Black Shark 3 ini dengan salah satu chipset terbaik tahun ini, yaitu chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 dan CPU octa-core. Chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 ini mempunyai kecepatan mengunduh dokumen atau aplikasi bisa sampai dengan 7,5Gbps.

Sementara untuk jaringan 4G, 5G dan Wi-Fi, Anda tidak perlu ragu lagi, karena Black Shark 3 ini memiliki kecepatan yang super cepat. Apalagi ditambah dengan audio bluetoothnya yang sangat jernih dari biasanya. Chipset yang berkonfigurasi tinggi tentu saja membuat Black Shark 3 mampu melibas game apa saja dengan lancar tanpa hambatan sedikit pun. Smartphone gaming yang satu memang tidak hanya memiliki performa yang tinggi, akan tetapi mampu membuat penggunanya juga merasa puas dan nyaman.

4. Dimensi smartphone 168,7 x 77,3 x 10,4 mm (6,64 x 3,04 x 0,41 inci)


xiaomi black shark 3

Memiliki dimensi yang terlihat lebih panjang daripada lebar, membuat Black Shark 3 ini tentu sangat berbeda daripada smartphone gaming lainnya. Dimensi smartphone gaming Black Shark 3 ini sebesar 168,7 x 77,3 x 10,4 mm (6,64 x 3,04 x 0,41 inci). Tidak hanya memberikan kenyamanan saat digenggam, akan tetapi dimensi smartphone yang seperti ini mampu menghasilkan display layar yang cukup sempurna bagi para penggunanya

Black Shark 3 ini memang sengaja di-desain untuk para gamers dan menitikberatkan pada pasar smartphone gaming. Terbukti dari bagian depan Black Shark 3 yang terbuat dari kaca secara full dan mulus tanpa ada tombol apapun, sementara bagian belakang serta samping badan Black Shark 3 terbuat dari aluminium sehingga membuat smartphone ini terlihat lebih berkelas dan kokoh. Wah, benar-benar memiliki packaging yang elegan serta berkulias.

5. Sensor kamera depan 20MP dan kamera belakang 64MP

xiaomi black shark 3

Meskipun Black Shark 3 ini adalah smartphone gaming, bukan berarti Xiaomi mengenyampingkan sensor kamera pada produknya ini. Didukung dengan sensor kamera depan 20MP dan kamera belakang 64MP membuat smartphone gaming ini mampu bersaing dengan smartphone biasa lainnya. Tidak lupa dengan penempatannya yang berbentuk segitiga di bagian atas belakang ponsel, semakin menambah kharismatik Black Shark 3 ini untuk para gamers.

Jika dijabarkan lebih luas, masing-masing dari kamera belakang 46MP main camera, terdiri dari 13MP lensa ultra wide, dan 5MP lensa depth yang memiliki fungsi sebagai kamera bokeh. Tidak hanya mumpuni perihal menghasilkan potret foto yang bagus, ketiga kamera utamanya juga memiliki kemampuan untuk merekam video dengan resolusi 4K @30/60fps, 1080p @30/60/240fps dan 720p @1920fps. Sementara untuk kamera depannya dapat merekam video dengan resolusi 1080p @30fps. Dengan kemampuan kamera memotret dan merekam video yang seperti ini, sudah dipastikan hasilnya akan sangat bagus, bahkan hampir setara dengan DSLR.

6. Fitur-fitur tambahan lainnya


xiaomi black shark 3

Seperti namanya smartphone gaming dan diperuntukkan bagi para gamers, maka tidak mungkin jika Xiaomi tidak membekali Black Shark 3 dengan fitur-fitur tambahan lainnya untuk semakin menunjang pengalaman bermain game bagi penggunanya. Peralatan tambahan seperti Black Shark Gamepad 3, Black Shark Magnetic Charging Cable, Black Shark Funcooler Pro, dan Black Shark Bluetooth Elephones 2 yang bisa dibeli secara terpisah untuk membantu menunjang aktivitas gaming penggunanya.

Fitur lainnya juga seperti Wi-Fi, dual-band, Wi-Fi direct, hotspot atau tethering, Bluetooth, GPS (A-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS, dan BDS), sensor fingerprint bisa Anda temukan di bawah display dan bagian optik, akselerometer, gyro, sensor kedekatan dan juga kompas. Black Shark 3 ini memang didukung dengan spesifikasi maksimal untuk memanjakan penggunanya.

Jika dilihat dari spesifikasinya, Black Shark 3 memang menjadi smartphone gaming yang resmi pertama kali di Indonesia dengan ditenagai chipset Snapdragon 865. Dari desainnya pun yang tampak jelas gaming banget serta bentuknya yang simetris. Bagaimana nih? Apakah Anda tertarik untuk meminangnya? Jika tertarik, maka Anda harus merogoh kocek sebesar Rp10.999.000 untuk bisa mendapatkan smartphone gaming Black Shark 3 ini.