Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Potret Adu Spek Galaxy S10 Lite vs OnePlus 7T, Mana yang Lebih Mewah?

Galaxy S10 Lite Vs OnePlus 7T

Galaxy S10 Lite Vs OnePlus 7T - Dua buah smartphone yang kedatangannya sama-sama ditunggu oleh penggemarnya masing-masing. Rilis pertama kalinya, OnePlus 7T sempat menjadi perbincangan hangat di dunia gadget pada September 2019 lalu. Sementara Galaxy S10 Lite rilis pada Februari 2020. Tidak ingin kalah dari smartphone lainnya, Samsung membekali Galaxy S10 Lite dengan teknologi mewah bergaya premium.

Dilihat dari berbagai sisi dan fiturnya pun tentu sangat jelas berbeda. Dua-duanya memiliki keunggulan masing-masing dan kekurangan yang tidak dimiliki satu sama lain. Meskipun OnePlus 7T rilisan tahun lalu, akan tetapi spesifikasinya masih mampu bersaing dengan smartphone rilisan tahun ini, salah satunya Galaxy S10 Lite.

Sama-sama dibanderol dengan harga berkisar Rp8 juta, kedua smartphone ini disebut memiliki harga yang murah dan terjangkau. Sebab mengingat spesifikasinya yang tangguh, banyak orang menyebut bahwa Rp8 juta terlalu murah untuk Galaxy S10 Lite maupun untuk OnePlus 7T Penasaran seperti apa spesifikasinya? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Teknologi chipset Snapdragon yang sangat jauh berbeda

Galaxy S10 Lite Vs OnePlus 7T


Meskipun Galaxy S10 Lite ini bukan termasuk smartphone flagship, akan tetapi performanya tetap unggul dan diakui ketangguhannya. Apalagi Galaxy S10 Lite ini didukung dengan teknologi chipset Snapdragon Qualcomm SM8150 Snapdragon 855 (7 nm) Octa-core. Meskipun bukan Snapdragon yang terbaru, namun smartphone ini menjalankan salah satu chipset terbaik dari tahun lalu. Seperti yang telah diketahui bahwa Snapdragon 855 menawarkan kinerja grafis yang lebih unggul dibandingkan Exynos 9820 yang berada di dalam semua seri smartphone Galaxy S10.

Sedangkan OnePlus 7T didukung dengan teknologi chipset Snapdragon Qualcomm SDM855 Snapdragon 855+ Octa-core. Ya, tidak jauh beda dengan Galaxy S10 Lite. Menariknya, OnePlus 7T ini langsung didukung dengan chipset terbaik pada saat 2019 lalu, di mana smartphone lainnya kebanyakan masih menggunakan Snapdragon sebelumnya. Tidak heran jika pada peluncuran pertamanya, smartphone unggul satu ini banyak mendapatkan peminat dari berbagai kalangan.

Jika dibandingkan, tentu sangat jelas sekali perbedaannya. Di mana Snapdragon 855 menggunakan GPU Adreno 640 di kecepatan 585 MHz. Sedangkan Snapdragon 855+ menggunakan GPU Adreno 640 yang lebih kuat dengan kecepatan 672 MHz. Sehingga dapat disimpulkan, dalam hal ini OnePlus 7T jauh lebih unggul dengan kekuatan Snapdragon yang lebih kuat dari Galaxy S10 Lite.

2. Kekuatan baterai yang sangat signifikan perbedaannya

Galaxy S10 Lite Vs OnePlus 7T


Perihal kekuatan daya atau baterai, Samsung memang selalu membekalinya smartphone-smartphonenya dengan kekuatan maksimal. Hal itu juga terjadi pada Galaxy S10 Lite. Smartphone yang satu ini dibekali dengan kekuatan baterai 4.500 mAh serta sudah dilengkapi dengan fitur fast charging hingga 45W melalui USB Power Delivery 3.0 selama pengisi dayanya mendukung standar PPS. Sehingga para penggunanya hanya membutuhkan waktu dari nol hanya dalam tempo 62 menit, sedangkan 63% pertama dapat dicapai dalam 30 menit.

Sementara untuk OnePlus 7T dibekali kekuatan baterai sebesar 3800 mAh serta sudah dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat Warp Charge 30T atau bahasa sederhananya teknologi pengisian cepat 30W. Sehingga para penggunanya hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk bisa sampai persentase baterai yang terisi 72%. Jika mencapai 100%, waktu yang dibutuhkan yakni 1 jam 16 menit.

Sudah terlihat jelas bahwa perihal kekuatan baterai, Galaxy S10 Lite lah juaranya. Apalagi perbedaannya yang sangat jauh dari OnePlus 7T yang hanya memiliki kekuatan baterai 3800 mAh. Tidak bisa dipungkiri bahwa kekurangan dari OnePlus 7T tidak pernah dimiliki oleh smartphone produksi Samsung. Karena biasanya Samsung merilis smartphone dengan kekuatan baterai minimal 4000 mAh.

3. Fitur kamera Samsung yang tiada banding

Galaxy S10 Lite Vs OnePlus 7T


Galaxy S10 Lite didukung dengan konfigurasi kamera yang menarik. Kamera primernya berupa penembak 48 MP disertai dengan aperture maksimum f/2.0. Konfigurasi ini juga dipasangkan dengan penembak ultra-wide 12 MP f/2.2 dengan sudut pandang selebar 123 derajat. Sementara kamera belakangnya dilengkapi dengan kamera makro 5 MP khusus. Sayangnya, pada seri ini ada satu hal yang sengaja dihilangkan yakni konfigurasi lensa telefoto 2x. Sementara seri S10 lainnya menerima lensa ini sebagai tambahan kamera belakangnya.

Sedangkan OnePlus 7T pun hadir dengan 3 buah kamera. Berbeda dengan seri sebelumnya yang hanya membawa 2 buah kamera. Ya, OnePlus 7T dilengkapi kamera pertamanya yaitu kamera 48 MP dengan sensor Sony IMX586. Kamera ini memiliki bukaan f/1.6, mendukung PDAF, dan sudah  mendukung OIS. Kamera keduanya adalah kamera telefoto. Kamera ini memiliki resolusi 12 MP yang memiliki bukaan f/2.2. Dan kamera yang terakhir beresolusi 16 MP.

Sudah kelihatan bukan perbedaannya? Samsung Galaxy S10 Lite lagi-lagi unggul perihal fitur kamera. Apalagi dari sisi kamera depan yang memiliki resolusi 32 MP, sedangkan OnePlus 7T memiliki resolusi 16 MP. Namun, meskipun begitu, kamera yang dimiliki OnePlus 7T diakui sebagai kamera yang mumpuni dalam mengambil gambar, selfie, dan merekam video. Banyak orang yang membeli smartphone OnePlus 7T karena tertarik dengan kemampuan fitur kamera yang dimilikinya.

4. RAM serta memori internal yang lebih unggul OnePlus 7T

Galaxy S10 Lite Vs OnePlus 7T


Samsung membekali Galaxy S10 Lite dengan 2 varian penyimpanan yaitu 6GB dan 8GB, sementara memori internalnya sebesar 128GB. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk meminang smartphone murah yang satu ini. Sebab jika dibandingkan dengan harganya, tentu jelas worth it dan sepadan dengan harganya.

Berbeda hal nya dengan OnePlus 7T yang memiliki RAM 8GB dan memori internal 128GB hingga 256BG. Sebuah penyimpanan internal yang memiliki ruang sangat banyak untuk ukuran smartphone dengan harga Rp8 juta. Pantas saja hingga saat ini OnePlus 7T masih menjadi smartphone incaran yang masih kekinian dan banyak diminati oleh banyak orang.

Perbedaannya tentu sangat jelas berbeda. Galaxy S10 Lite tidak memiliki penyimpanan internal hingga 256GB seperti hal nya yang dimiliki oleh OnePlus 7T. So, dalam hal ini OnePlus 7T jauh lebih unggul dari Galaxy S10 Lite. Untuk seri selanjutnya pun dari OnePlus 7T yaitu OnePlus 7T Pro sama-sama memiliki penyimpanan internal hingga 256GB.

5. Ukuran serta resolusi layar yang hampir setara

Galaxy S10 Lite Vs OnePlus 7T


Memiliki ukuran layar 6.7 inci serta resolusi layar FHD+ 1080 x 2400 pixels dengan tipe Super AMOLED Plus, menjadi keunggulan lebih bagi Galaxy S10 Lite daripada seri sebelumnya. Ukuran layarnya yang lebih lebar tentu saja mampu membuat penggunanya merasa nyaman saat menonton video, bermain games, atau kegiatan lainnya.

Sedangkan OnePlus 7T memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda dari Galaxy S10 Lite, yaitu 6.55 inci dengan resolusi layar FHD+ 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~402 ppi density) dengan tipe layar Fluid AMOLED. OnePlus 7T pun diklaim mampu memanjakan penggunanya dari ukuran layarnya yang luas dan resolusinya yang tidak membuat mata penggunanya merasa tidak nyaman.

So, secara keseluruhan Galaxy S10 Lite memiliki keunggulan yang sedikit lebih baik dari OnePlus 7T. Namun, tidak bisa dipungkiri juga bahwa OnePlus 7T di beberapa sisi memiliki keunggulan lebih daripada Galaxy S10 Lite. Jadi, untuk Anda yang mungkin bingung memilih antara Galaxy S10 Lite atau OnePlus 7T, kelima hal di atas bisa dijadikan sebagai pertimbangan yang matang.