Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Bocoran Menarik iPhone 12 yang Dikabarkan Akan Rilis Pada November 2020

Bocoran spesifikasi iPhone 12


7 bocoran menarik iPhone 12 yang dikabarkan akan rilis pada November 2020 - Sudah bukan rahasia lagi jika smartphone dari pabrikan Apple selalu menjadi smartphone yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Tingginya peminat membuat Apple selalu lebih banyak memproduksi smartphone dari seri sebelumnya. Antusiasme penggemar iPhone memang tidak perlu diragukan lagi dan patut diacungi jempol.

Kabarnya, iPhone 12 ini akan rilis pada bulan lalu. Namun, karena melihat keadaan pandemik yang diperkirakan tidak memungkinkan, maka Apple memutuskan untuk mengundur waktu peluncuran dari produk terbarunya ini. Rencananya tepat pada November 2020, Apple akan meluncurkan smartphone IOS andalannya ini yang sempat tertunda. 

Secara lebih luas, Apple memang belum membocorkan banyak perihal iPhone 12 ini. Namun, yang mereka pastikan adalah peluncuran iPhone 12 yang akan terjadi beberapa bulan lagi. iPhone 12 merupakan "adik" dari iPhone 11 yang telah sukses dan berhasil menggaet banyak peminat untuk meminangnya. Dan sepertinya iPhone 12 pun akan mengikuti jejak keberhasilan dari iPhone 11.

Tanpa basa-basi, mari kita intip beberapa bocoran menarik dari iPhone 12 yang diperkirakan akan menjadi smartphone trendy 2020.

1. Produksi lebih rendah 13%

produksi iPhone 12

Beberapa bulan menunda, ternyata dengan berat hati Apple mengeluarkan pengakuan yang sedikit mengejutkan banyak orang. Biasanya Apple selalu merilis smartphone barunya dengan frekuensi produksi yang lebih banyak. Namun, kali ini hal itu tidak terjadi pada iPhone 12. Sebab kabarnya, produksi Apple pada smartphone terbarunya ini akan menurun sekitar 13% daripada biasanya.

Hal ini tentu saja tidak terlepas dari keadaan pandemik yang sampai hari ini belum kunjung mereda. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa Apple akan kembali menaikkan persentase produksi jika pada saat peluncuran pertama produknya ini berhasil mencapai target yang ditentukan. Keputusan dari Apple ini tentu membuat banyak orang bersedih hati, apalagi untuk para penggemarnya. Namun, meskipun begitu, penggemarnya berharap banyak bahwa Apple menaikkan persentase produksinya.

2. Terdapat 4 model baru smartphone

4 model iPhone 12

Dikutip dari Tomsguide, Apple akan menawarkan 4 model terbaru untuk iPhone 12. Keempat modelnya yakni iPhone 12 5,4 inci, iPhone 12 Max 6,1 inci, iPhone 12 Pro 6,1 inci, dan iPhone 12 Pro Max 6,7 inci. Menariknya, pada seri Pro telah dikabarkan memiliki kecepatan refresh 120Hz dan tiga kamera belakang ditambah dengan sensor LiDAR.

Jika diperkirakan, keempat model baru dari produk iPhone ini akan berhasil laris di pasaran. Apalagi mengingat bahwa dari rumor yang beredar, Apple akan sedikit mempertebal bezel pada desain iPhone 12. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang dalam menanti kehadiran iPhone 12 di kancah internasional.

3. Harga yang cukup terjangkau

harga iPhone 12

Sudah tidak heran lagi jika smartphone pabrikan Apple selalu dibanderol dengan harga yang tinggi. Namun, di beberapa produknya ternyata Apple memasang harga yang bisa dibilang cukup terjangkau dan setara dengan smartphone Android canggih lainnya. Seperti iPhone SE (2020) yang dibanderol dengan harga di bawah Rp10 juta, akan tetapi dilengkapi spesifikasi yang tinggi. Dan hal itu kini terjadi lagi pada iPhone 12.

Kabarnya, iPhone 12 5,4 inci dibanderol dengan harga 649 dolar AS atau sekitar Rp9 jutaan, iPhone 12 6,1 inci dibanderol seharga 749 dolar AS atau Rp10,4 juta, iPhone 12 Pro 6,1 inci dibanderol dengan harga 999 dolar AS Rp13,9 juta, sedangkan iPhone 12 Pro Max 6,7 inci seharga 1.099 dolar AS (Rp 15,3 jutaan). Start harga yang dimulai dari Rp9 jutaan membuat banyak orang semakin tak sabar menunggu kehadiran dari iPhone 12.

4. Desain yang lebih tajam dan ciamik

desain iPhone 12

Perihal desain tampilan, iPhone memang tidak perlu diragukan lagi. Hampir semua produk iPhone selalu memiliki tampilan desain yang gagah dan mewah. Hal itu pun kini terjadi pada iPhone 12 yang dikabarkan akan membawa desain yang ciamik. Mungkin tidak akan jauh berbeda dari iPhone 11 yang dikemas dengan desain yang menarik.

Seperti yang diketahui bahwa iPhone selalu menggunakan desain bodi yang kurang lebih sama, yakni memiliki lengkung di pinggirannya. Hal itu membuat banyak peminatnya mengungkapkan rasa bosannya terhadap desain yang itu-itu saja. Untuk merespons hal ini, tidak menutup kemungkinan bahwa Apple akan mengeluarkan smartphone yang terlihat lebih tajam dan ciamik daripada desain sebelumnya.

5. Dipastikan Mendukung Koneksi 5G

iPhone 12 mendukung 5G

Smartphone yang memiliki konektivitas 5G kini mulai beredar dan banyak digemari di dunia gadget. Agar mampu bersaing dengan smartphone lainnya, Apple pun tidak ingin ketinggalan dengan menciptakan ponsel yang memiliki konektivitas 5G. Dan menurut kabar yang beredar, iPhone 12 pun dipastikan memiliki konektivitas 5G.

Jika menilik lebih dalam lagi, smartphone yang memiliki konektivitas 5G tentu memiliki kelebihan lebih unggul dari smartphone konektivitas 4G. Beberapa kelebihan dari konektivitas 5G, seperti kecepatan data lebih tinggi dikarenakan menggunakan gelombang milimeter yang mudah diserap dedaunan dan bangunan, memiliki kecepatan satu mili per detik untuk mentransfer data dari telepon ke telepon lainnya, dan yang paling menariknya adalah kecepatan jaringan 5G diperkirakan bisa mencapai 800 Gbps per detik. Wah, super canggih bukan?

6. Notch kabarnya akan diperkecil

notch iPhone 12

Mengambil hikmah dari beberapa waktu sebelumnya, salah satu komplain terbanyak yang diterima oleh Apple untuk iPhone 11 adalah notch yang keberadaannya sangat mengganggu tampilan layar. Maka dari itu, kemungkinan besar, Apple akan meniadakannya atau mungkin setidaknya memperkecil ukuran notch tersebut pada iPhone 12.

Namun, meskipun begitu, Apple akan tetap mempertahankan teknologi Face ID yang menjadi inovasi terbaru di iPhone 11. Bahkan, berdasarkan bocoran yang didapat dari Tom’s Guide, kamera depan iPhone 12 akan menggunakan sistem TrueDepth agar mampu mendeteksi wajah dengan presisi yang tepat.

7. Ditenagai prosesor dan kamera yang lebih canggih

kamera iPhone 12

Pada bagian dapur pacu, iPhone 12 dikabarkan akan menggunakan chip A14 5-nanometer yang dirancang oleh Apple dan akan diproduksi oleh TSMC. Di mana teknologi Chip A14 ini diharapkan membawa peningkatan kecepatan dan efisiensi yang mampu membawa sedikit keuntungan dalam daya tahan baterai.

Sementara, pada fitur kamera iPhone 12 kemungkinan akan melanjutkan eksperimennya di tahun ini, yakni jenis kamera yang ditambahkan kemungkinan adalah time-of-flight camera, hal ini dijelaskan menurut prediksi Phone Arena. Berfungsi untuk mengukur kedalaman dengan lebih akurat sehingga cocok dipakai untuk augmented reality (AR). Sedangkam untuk ToF camera memilih memanfaatkan teknologi inframerah untuk memetakan lingkungan sekitarnya. Jadi, nantinya gambar yang dihasilkan akan lebih tajam dan dalam.

Sampai sejauh ini, belum ada kabar lebih lanjut lagi perihal spesifikasi lainnya dari Apple tentang iPhone 12. Namun, dari beberapa bocoran yang telah beredar, setidaknya cukup membuat banyak peminat smartphone Apple merasa cukup puas. Selebihnya tinggal menunggu waktu kapan iPhone 12 resmi diluncurkan.