Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Alasan Mengapa iPhone Selalu Dibanderol dengan Harga yang Mahal, Sudah Tahu?

Spesifikasi dan Harga iPhone


7 alasan mengapa iPhone selalu dibanderol dengan harga yang mahal -  Keberadaan brand Apple di dunia ini sudah banyak diakui oleh setiap orang. Kualitas serta kuantitas dari brand besar ini tidak perlu dipertanyakan lagi, sebab siapa pun tahu bahwa smartphone canggih besutan dari Apple selalu berhasil menggaet banyak peminat dikarenakan teknologi yang dibawanya selalu masuk dalam kategori smartphone mewah dan gagah.

Menariknya, salah satu vendor smartphone terbesar di dunia ini sangat berbeda dengan beberapa vendor smartphone lainnya. Saat vendor smartphone lain berlomba-lomba menciptakan model smartphone untuk berbagai kalangan, Apple justru hanya fokus pada pengembangan satu produk smartphone-nya, yakni iPhone. Hal inilah yang melatarbelakangi mengapa banyak smartphone iPhone lebih canggih daripada smartphone lainnya. 

Pengembangan produk dari generasi ke generasi merupakan salah satu strategi produk yang dimiliki Apple. Maka sepertinya tidak heran jika banyak orang di seluruh ini berbondong-bondong meminang iPhone meski harganya sangat mahal. Apalagi di kalangan artis yang kebanyakan memilih iPhone sebagai perangkat ponsel untuk menemani kesehariannya.

Namun, di balik harga yang mahal, tahukah Anda mengapa hal itu bisa terjadi? Padahal beberapa dari vendor smartphone lainnya memiliki smartphone canggih, akan tetapi harganya tidak semahal iPhone. Penasaran? Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!

1. Strategi pasar atau branding yang sukses

branding smartphone iPhone

Sebagai vendor smartphone terbesar yang hingga saat ini masuk ke dalam top 3 smartphone paling dicari, Apple ingin memberikan branding yang baik kepada produk buatannya.​​ Salah satunya dengan cara tidak memberikan harga yang terlalu rendah, karena bagi Apple sendiri jika memasang harga terlalu murah, maka akan dianggap produk murahan oleh banyak orang. 

Setiap vendor smartphone memang memiliki  strategi pasar yang berbeda, termasuk dengan Apple. Bagi Apple strategi branding merupakan strategi yang akan berhasil mencapai kesuksesan gemilang di kancah internasional. Apalagi para konglomerat serta kalangan artis biasanya mencari produk bergengsi dengan harga yang tinggi. Hebatnya smartphone dari Apple tidak hanya dikenal dengan smartphone yang mahal sama, melainkan dengan spesifikasi handphone yang canggih pula.

2. Sistem keamanan terbaik dari semua smartphone

keamanan smartphone iPhone

Sudah bukan rahasia lagi bahwa iPhone dikenal dengan smartphone yang memiliki keamanan terbaik daripada smartphone lainnya. Itulah sebabnya bagi mereka yang sangat aware dan menitikberatkan keamanan data yang tersimpan di smartphone-nya, maka akan menjadi alasan bagi mereka membeli iPhone. Produk dari Apple ini juga dikenal sebagai smartphone yang rentan memiliki celah keamanan, apalagi jika dibandingkan dengan smartphone Android.

Mengingat betapa pesatnya kemajuan teknologi saat ini, smartphone berbasis IOS seperti IPhone yang sangat dibutuhkan banyak orang. Sistem keamanan dari smartphone canggih ini sangat terjamin, bahkan pernah diuji coba dengan hacker terbaik di dunia. Namun, tidak ada satu pun hacker yang berhasil membobol sistem keamanan iPhone. Hebat sekali bukan?

3. Ditenagai teknologi terbaru

teknologi terbari smartphone iPhone

Setiap mengeluarkan smartphone terbaru, Apple seringkali membekali smartphone-nya dengan teknologi terbaru yang sudah ada pada masanya. Hal ini sengaja dilakukan Apple karena vendor besar smartphone ini tidak hanya bertujuan untuk bersaing dengan smartphone lainnya, melainkan mereka juga bertujuan untuk benar-benar memenuhi kebutuhan para penggunanya. Apalagi jika sudah memiliki banyak peminat, Apple pasti akan menawarkan teknologi terbaik pada setiap smartphone terbarunya agar tidak mengecewakan loyalitas peminatnya.

Seperti contohnya pada iPhone 12 yang dikabarkan akan rilis pada bulan November mendatang. Dari beberapa rumor yang beredar, iPhone 12 dipastikan memiliki konektivitas 5G dengan desain premium yang belum pernah ada. Sementara spesifikasi lainnya masih belum memiliki kejelasan. Satu hal yang disebutkan oleh Apple bahwa iPhone 12 akan membawa teknologi terbaru dari berbagai sisinya.

4. Menggunakan komponen terbaik

smartphone iPhone menggunakan komponen terbaik

Untuk menjaga kualitas dari seluruh smartphone yang telah dibuatnya, Apple selalu menggunakan komponen terbaik saat merilis smartphone terbarunya. Perlu diketahui bahwa salah satu cara menilai kualitas dari sebuah ponsel pintar adalah dilihat dari komponen penyusunya.​​ Beberapa komponen penyusun yang paling penting antara lain: 

• ​​Prosesor

• ​​Kartu grafis

• ​​RAM

• ​​Kamera

• ​​Bodi

• Layar

• ​​Penyimpanan internal

Walaupun beberapa komponen dipasok dari perusahaan lain, akan tetapi dalam setiap merilis iPhone terbaru, Apple benar-benar meminta agar komponen tersebut memenuhi standar perusahaannya. Bagi Apple sendiri penggunaan komponen terbaik untuk melengkapi sebuah ponsel pintar merupakan kewajiban vendor smartphone dalam menawarkan kualitas terbaik untuk para penggunanya.

5. Update software terjamin

smartphone iPhone


Update software merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi smartphone, apalagi saat ini sudah banyak bermunculan smartphone flagship. Nah, jika rata-rata vendor Android lainnya menyertakan dukungan update software selama waktu 2 tahun, itu pun hanya untuk smartphone flagship. Sedangkan pengguna iPhone akan selalu menikmati sistem operasi iOS terbaru hingga waktu 4 tahun lamanya sejak pertama kali diluncurkan.

Lamanya waktu update software ini benar-benar menjadi kelebihan bagi pengguna smartphone iOS. Perlu diketahui, bahwa salah satu keuntungan dari lamanya waktu update software yaitu performa smartphone yang diperbaharui akan semakin canggih dan semakin nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama.

6. Ancaman Malware

smartphone iPhone

Banyaknya aplikasi saat ini tentu mempengaruhi jumlah pengguna smartphone dalam menginstall aplikasi. Dan dengan kemudahan install aplikasi, maka semakin banyak pilihan toko aplikasi untuk menginstall beragam aplikasi untuk smartphone yang Anda gunakan. Namun, semakin banyaknya toko aplikasi ini justru malah menjadi gudangnya virus dan malware, hal itu dikarenakan aplikasi yang diinstal tidak berasal dari sumber yang tidak terpercaya. 

Beda hal nya dengan iPhone. Meskipun iPhone hanya bisa menginstal aplikasi dari App Store, akan tetapi aplikasi yang masuk tentu saja telah dikurasi dengan baik dan dijamin sangat aman. Tak heran jika kelebihan keamanan ini membuat orang lebih memilih iPhone daripada Android, meskipun iPhone selalu dibanderol dengan harga yang mahal.

7. Kamera yang diusung setara dengan kamera digital

kamera smartphone iPhone setara dengan kamera

Perihal kamera, iPhone memang jagonya. Foto yang dihasilkan oleh iPhone bisa dibilang sudah mampu menandingi kualitas foto yang dihasilkan kamera digital. Sehingga tidak heran jika kamera iPhone bisa membuat penggunanya memiliki pengalaman terbaik yang sama saat sedang menggunakan kamera digital.

Apalagi sekarang smartphone canggih iPhone sudah menggunakan teknologi dual-camera yang pastinya membuat hasil foto menjadi lebih tajam dan jernih, bahkan dalam pencahayaan yang rendah. Semakin banyak generasi dari iPhone, maka kualitas kameranya juga tentu akan semakin baik. 

Nah, itulah 7 alasan mengapa iPhone selalu dibanderol dengan harga yang mahal. Jika saat ini Anda baru mengetahuinya, sepertinya Anda tidak perlu merasa heran lagi mengapa iPhone selalu mahal. Istilah, "Ada harga ada kualitas" tentu sangat berlaku pada iPhone ini. Meskipun satu tahun yang lalu kedudukan iPhone sempat tergeserkan oleh vendor besar Samsung di pasar smartphone global.