Perbedaan iPhone PS Store dan iBox

Seperti diketahui, iPhone adalah pilihan ponsel canggih berharga selangit. Membelinya dapat dilakukan di berbagai gerai, dua diantaranya yaitu PS Store dan iBox. Lalu apa perbedaan iPhone PS Store dan iBox? Murah mana antara PS Store dengan iBox?

perbedaan iphone ps store dan ibox

Membeli iPhone PS Store

PS Store merupakan gerai yang dimiliki Putra Siregar dengan berbagai produk smartphone dijual di sana, hanya saja andalannya adalah iPhone. Konsumen dapat membeli perangkat iPhone berharga murah. PS Store sering berpromosi lewat aplikasi jejaring sosial. Malah gerai ini pun pernah menggandeng beberapa selebritis untuk ikut mempromosikan produk-produknya. Sang owner PS Store pun kerap merilis konten produk di kanal YouTube-nya.

Tidak sedikit konsumen yang tertarik membeli iPhone dari PS Store. Hanya saja kabarnya, perangkat iPhone yang dijual PS Store adalah barang Black Market yang artinya produk tak resmi yang masuk ke Indonesia. Gerai PS Store pun tak membuktikan dokumen kepabeanan dari produk yang dijualnya. Sebagai perangkat tak resmi, konsumen bisa saja mendapatkan perangkat rekondisi. Produk rekondisi yang istilahnya refurbished yaitu iPhone dimana beberapa bagian tak lolos uji yang dilakukan pabrikan. Sehingga mungkin saja suku cadang yang dari iPhone yang dijual di PS Store bukan yang original.

Kemungkinan yang lain yaitu perangkat iPhone yang dibeli itu nomor IMEI-nya tak terdaftar di database Kementerian Perindustrian. Registrasi IMEI sudah melewati tahapan quality control dan juga pemeriksaan bea cukai. Oleh karena itu konsumen pun tak akan mendapatkan garansi, layanan purna jual, dan juga perangkat original. Konsumen akan mengeluarkan biaya lagi bila ternyata iPhone yang dibelinya mengalami kerusakan sebab tak ada garansi resmi.

Perangkat iPhone yang ditawarkan PS Store tentu saja asli dan diproduksi Apple pun demikian dengan aksesoris. Sayangnya iPhone itu dibawa ke Indonesia dengan jalan tak resmi. Perangkat iPhone yang dijual PS Store itu memang sebenarnya tak ditujukan bagi pasar konsumen Indonesia.

Membeli iPhone iBox

Gerai iBox adalah distributor resmi yang ditunjuk Apple untuk memasarkan iPhone di Indonesia. Seluruh perangkat yang dikirimkan Apple itu menggunakan prosedur yang resmi. Itu artinya gerai iBox menyediakan perangkat iPhone yang resmi. Berhubung perangkat yang dijual merupakan produk resmi, sudah barang tentu harga iPhone iBox pun lebih mahal dibanding iPhone PS Store.

Walaupun ditawarkan dengan harga tinggi, namun konsumen akan mendapatkan keuntungan atau benefit ketika membeli perangkat iPhone dari gerai iBox. Diantaranya konsumen memperoleh garansi resmi. Garansi yang diberikan iBox dapat dengan mudah diproses tanpa proses yang berbelit. Pembeli akan memperoleh garansi TAM yang bisa diklaim di outlet iBox mana saja di seluruh Indonesia.

Nantinya untuk kualitas, perangkat iPhone iBox pun tentunya asli. Lalu untuk kode IMEI dari iPhone yang dijual pun sudah teregistrasi dalam database Kemenperin. Sebagai langkah memastikan bila iPhone yang dibeli tersebut resmi, konsumen dapat mengecek nomor IMEI iPhone. Selanjutnya konsumen dapat mengeceknya dengan mengunjungi website resmi di alamat imei.kemenperin.go.id.

Bilamana kode IMEI dari iPhone yang dibeli sudah ada dalam database Kemenperin, artinya perangkat yang dibeli itu resmi. Perangkat iPhone tak resmi maka kode IMEI di dalamnya tak ada dalam database Kemenperin. Akibatnya, ponsel itu tak akan bisa menggunakan jaringan seluler yang ada di Indonesia. Ini tentu akan sangat merepotkan.

Setelah paham perbedaan iphone PS Store dan iBox, Konsumen yang ingin membeli, dapat mengecek harga iPhone iBox cukup dengan membuka Official Store Shop di marketplace Shopee.

About Author: