Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ramah Di Dompet, 5 Potret Adu Spek OnePlus Nord Vs Samsung Galaxy M31S

 

oneplus nord Vs samsung galaxy M31S

5 potret adu spek OnePlus Nord vs Samsung Galaxy M31S - Hampir bersamaan, kedua smartphone canggih ini resmi rilis di Indonesia tepat pada bulan Juli 2020. Kedatangan keduanya tentu sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang, apalagi Samsung Galaxy M31S yang disebut-sebut akan membawa teknologi kapasitas baterai jumbo dengan fitur fast chargingnya yang super cepat. Sementara OnePlus Nord digadang-gadang sebagai smartphone yang diotaki CPU dengan performa tinggi.

Kedua smartphone ini memiliki kelebihan yang hampir serupa di beberapa sisi, meskipun harus diakui bahwa salah satu di antaranya memiliki keunggulan lebih banyak. Salah satunya dari sisi harga, OnePlus Nord dibanderol dengan harga yang tidak terlalu tinggi yakni Rp5,7 juta untuk versi (6GB/256GB), sedangkan Samsung Galaxy M31S dibanderol dengan harga yang terjangkau juga yakni Rp3,9 juta untuk versi (6GB/128GB).

Jika dilihat dari sisi harga, tentu keduanya bisa dikatakan sebagai smartphone flagship terbaik dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Mengingat betapa banyaknya smartphone yang menginjak belasan juta, akan tetapi kedua smartphone ini dibanderol dengan harga yang tidak sampai puluhan juta. Tidak hanya menang perihal harga, dari beberapa fitur lain pun kedua smartphone ini bisa dibilang unggul dan mampu bersaing dengan smartphone flagship lainnya. Penasaran apa saja spesifikasi unggulnya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Kekuatan baterai 4115 mAh dengan fast charging 30W vs 6000 mAh dengan fast charging 25W

oneplus nord Vs samsung galaxy M31S

Sebagai smartphone rilisan terbaru, OnePlus Nord dibekali dengan kekuatan baterai cukup besar 4115 mAh serta sudah dilengkapi dengan fitur fast charging 30W. Di mana kemampuannya diklaim mampu mengisi baterai hingga 70% hanya dalam waktu 30 menit. Secara kasat mata, OnePlus Nord tentu memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh smartphone lainnya.

Sedangkan Samsung Galaxy M31S dibekali dengan kapasitas baterai yang jauh lebih besar yakni 6000 mAh serta sudah dilengkapi dengan fitur fast charging 25W. Keunggulannya dalam hal ini diklaim mampu mengisi baterai hingga 70% dalam waktu 35 menit. Hal ini tentu saja menjadi nilai plus bagi Samsung Galaxy M31S. Apalagi jika mengingat bahwa produk Samsung sebelumnya sangat jarang sekali dibekali dengan kapasitas baterai jumbo seperti ini.

So, jika dibandingkan Samsung Galaxy M31S memiliki keunggulan lebih baik daripada OnePlus Nord. Kapasitas baterai jumbo membuat Samsung Galaxy M31S disebut sebagai smartphone yang memiliki popularitas tinggi versi GSMArena. Namun, ternyata OnePlus Nord juga memiliki keunggulan yang sedikit lebih baik dari segi fitur fast charging yang hanya memiliki perbedaan 5W saja dengan Samsung Galaxy M31S.

Luas layar 6,44 inci vs 6,5 inci

oneplus nord Vs samsung galaxy M31S

Sama-sama memiliki performa layar yang menarik dan ciamik, OnePlus Nord dibekali dengan luas layar 6,44 inci (16.36 cm). Tipe layar yang digunakan oleh OnePlus Nord ini yakni panel Fluid AMOLED dengan refresh rate 90Hz. Bezelnya terlihat relatif tipis bahkan di bagian sudut bawahnya, serta sudah terlindungi oleh lapisan Gorilla Glass 5. Luas layar yang bisa dibilang cukup besar dan dijamin mampu membuat penggunanya merasa nyaman.

Sementara Samsung Galaxy M31S memiliki luas layar lebih besar dari OnePlus Nord yakni 6,5 inci (16.40 cm). Dengan tipe layar AMOLED beresolusi FHD+ serta sudah menggunakan punch hole berdesain Infinity-O. Luas layar yang lebih besar membuat Samsung dengan bangga mengklaim bahwa Galaxy M31S ini akan memberikan pengalaman terbaik dengan performa layar yang tinggi.

Dalam hal ini, Samsung Galaxy M31S memiliki keunggulan yang lebih baik dari OnePlus Nord. Meskipun hanya berbeda sedikit perihal ukuran luas layar, akan tetapi hal ini pun tentu menjadi pertimbangan banyak orang saat hendak meminang sebuah smartphone. So, tidak heran jika Samsung Galaxy M31S memiliki banyak peminat saat ini.

Resolusi kamera belakang 48MP + 8MP + 5MP + 2MP vs resolusi 64MP + 12MP + 5MP + 5MP

oneplus nord Vs samsung galaxy M31S

Dari segi kamera, OnePlus Nord memiliki resolusi kamera belakang sebesar 48MP Sony IMX586 f/1.75, dengan dukungan OIS dan EIS. Tanpa telefoto, sensor lain yang menemaninya adalah 8MP ultra-wdie, 2MP macro serta 5MP depth sensor. Di mana kameranya diklaim sanggup merekam hingga resolusi 4K 30fps baik depan maupun belakang, serta dukungan perekaman slo-mo 240fps pada resolusi 1080p.

Sedangkan Samsung Galaxy M31S memiliki resolusi kamera belakang 64 MP (sensor Sony IMX682), lensa ultrawide 12 MP, lensa makro 5 MP, serta lensa bokeh 5 MP. Memang sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa Samsung sudah banyak merilis smartphone yang memiliki resolusi kamera tinggi, sehingga dapat menghasilkan gambar yang jernih, mulus, serta tajam. Bahkan, dalam keadaan yang kurang pencahayaan pun mampu menghasilkan gambar yang tajam.

Jadi, dari segi fitur kamera, lagi-lagi Samsung memiliki keunggulan lebih daripada OnePlus Nord. Kamera utama unggulan yang dimiliki oleh Samsung memang tidak hanya unggul dari OnePlus Nord, akan tetapi mampu bersaing juga dengan smartphone canggih dari brand lainnya. Maka tidak heran jika Samsung selalu berhasil menggaet hati banyak orang karena fitur kamera yang dimilikinya.

CPU Snapdragon 765G (7 nm) Octa-core Kryo 475 vs Snapdragon Exynos 9 Octa 9611 

oneplus nord Vs samsung galaxy M31S

Sebagai smartphone mid-range, OnePlus Nord ditenagai dengan chipset yang bisa dibilang powerful yakni chipset Qualcomm Snapdragon 765G. Meskipun bukan seri-8, fabrikasi 7nm serta kompabilitas 5G yang dibawanya tentu saja cukup menjanjikan. Bahkan, dari rumor yang beredar, kedepannya OnePlus Nord bakal mendapat jaminan dua tahun pembaruan perangkat lunak dan tiga tahun keamanan, sama hal nya seperti seri smartphone Android One.

Sementara Samsung Galaxy M31S ditenagai dengan chipset terbaru yakni Snapdragon Exynos 9 Octa 9611 yang memiliki kelebihan 267MHz kecepatan ram lebih tinggi daripada Qualcomm Snapdragon 712. Selain itu, jika dibandingkan Snapdragon yang dimiliki OnePlus Nord, Samsung Galaxy M31S 3.9% memiliki kecepatan CPU yang lebih cepat sehingga mempengaruhi pada performa daya serta performa ponsel secara keseluruhan.

Dalam hal ini, Samsung Galaxy M31S kembali memiliki keunggulan lebih banyak dari OnePlus Nord. Meskipun harganya sedikit lebih tinggi OnePlus Nord, akan tetapi Samsung Galaxy M31S memiliki beberapa kelebihan yang lebih unggul. Namun, meskipun begitu OnePlus Nord tetap memiliki banyak peminat saat peluncuran pertamanya. 

Penyimpanan internal 256GB vs 128GB

oneplus nord Vs samsung galaxy M31S

Sementara perihal RAM dan penyimpanan internal, OnePlus Nord memiliki keunggulan lebih banyak dengan varian RAM lebih besar pula. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya, OnePlus Nord memiliki versi hingga 256GB. Penyimpanan internal yang lebih besar membuat OnePlus Nord menjadi smartphone incaran dengan spesifikasi maksimal.

Sedangkan Samsung Galaxy M31S memiliki penyimpanan internal hingga 128GB, yang artinya lebih sedikit daripada OnePlus Nord. Salah satu kekurangan dari Galaxy M31S ini pun menjadi alasan mengapa banyak orang membanding-bandingkan smartphone flagship yang satu ini dengan smartphone lainnya.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy M31S memiliki keunggulan lebih banyak daripada OnePlus Nord. Jika dibandingkan dengan harga, mungkin Samsung Galaxy M31S lebih worth it dan terjangkau. Namun, OnePlus Nord pun masih dalam kategori smartphone dengan harga terjangkau. Spesifikasi maksimal akan Anda dapatkan jika meminang kedua smartphone canggih ini.