Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia Perbedaan Notebook Dan Netbook Yang Jarang Diketahui Orang

Perbedaan Notebook Dan Netbook

Ini Dia Perbedaan Notebook Dan Netbook Yang Jarang Diketahui Orang!  Menilik  dari kedua sifat komputer jinjing ini memang serupa. Mulai dari desain hingga ketangguhan performanya, juga tak bisa diragukan.

Namun agaknya kedua perangkat ini memiliki pangsa pasar tersendiri. Ada yang suka dengan netbook, ada pula yang lebih memilih notebook. Kendati demikian fungsi perangkat ini sama-sama mendukung mobilitas penggunanya.

Bagi Anda yang ingin tahu Perbedaan Notebook Dan Netbook jangan beranjak ya. Sabineblog punya informasi lengkap dan akurat terkait hal ini lho! Siapa tahu Anda membutuhkan info berikut.

Perbedaan Netbook Dan Notebook Yang Bikin Banyak Orang Bingung

Perbedaan Notebook Dan Netbook

Memiliki perangkat canggih berupa komputer jinjing dengan spek mumpuni tentu sangat diidamkan. Tapi, Kira-kira ada engga ya yang masih bingung dengan netbook juga notebook ini? Kalau begitu simak dulu lah artikel informatif dibawah ya.

1. Prosesor

Banyak yang menyebutnya sebagai dapur pacu. Prosesor merupakan inti mesin agar semua mampu berkinerja secara baik dan sesuai keinginan. Netbook sendiri sebetulnya mengusung prosesor dibawah notebook. Karena sering sekali komplain terkait lambatnya netbook ketika dihadapkan pada kinerja yang berat.

Prosesor kelas bawah ini bertujuan untuk menghemat daya. Sebab, netbook memang jarang dibawa bepergian. Hanya dipakai untuk aktivitas ringan maupun browsing internet, selancar didunia maya.

Sementara Notebook memiliki basis prosesor bervariasi. Mulai dari yang low-end hingga high-end. Dan penggunaanya pun memang dikhususkan untuk mengetik, internetan, nonton film maupun edit foto simpel.

Untuk kinerja berat sampai gaming, kelas high-end lah prosesor yang dibenamkan. sehingga muncul istilah notebook premium juga gaming.

2. RAM

Perbedaan Notebook Dan Netbook kedua ini ialah terkait memori penyimpanan. Netbook hadir sekitar tahun 2007/2008. Dengan storage RAM 512MB sampai 1GB. Namun, sekarang vendor yang membesut netbook ini umumnya telah menyematkan RAM 2GB saja.

Padahal, untuk masa kini storage segitu dinilai kecil dan mepet. Terlebih, untuk sistem berbasis operasi Windows 10. Hanya ada satu merk netbook yang menghadirkan RAM 4GB. Selebihnya tidak ada yang melebih kapasitas tersebut. Bahkan paling tinggi umumnya laptop 12 inchi dengan desain mini dan tergolong premium.

Berbeda dengan notebook, ia hadir dengan beragam varian RAM, dari yang kecil RAM 2GB, 4GB, 8GB, hingga tipe 16GB, bahkan ada pula yang mencapai angka 32GB. Wow, cukup gede ya!

3. Dimensi Layar

Pembeda kedua perangkat nomor 3 ialah dimensi layar. Laptop dengan spek layar 12 hingga 17 inchi biasanya disebut notebook. Smentara dimensi layar antara 7 hingga 11 inchi akan disebut sebagai netbook.

Seiring majunya zaman,  dan kemunculan tablet maupun smartphone. Kepopuleran netbook menurun. Sehingga kini sulit ditemukan  netbook dengan dimensi layar nyata 7 sampai 10 inchi.

Dan, uniknya lagi sekarang ini netbook adalah laptop berukuran 10 inchi. Atau bisa mencapai 132 inchi. Sedangkan  perangkat canggih berukuran 10 inchi kebawah akan masuk golongan tablet. Yang mana mampu menggeser netbook tersebab kehadiran keyboard.

Namun, dimensi layar yang terlalu kecil ini dinilai kurang nyaman bagi pengguna. Sehingga banyak yang mengeluh ketika menatap layarnya. Alih-alih meringankan kerja, pemilihan perangkat yang tidak tepat justru membuat mobilitas terhambat kan?

4. Bobot

Perbedaan Notebook Dan Netbook ke empat adalah beratnya. Netbook tentu saja memiliki bobot lebih enteng ketimbang notebook. Karena memang khusus disesuaikan agar ringan jika dibawa ke mana-mana.

Dan untuk Notebook, memang tergolong ringan tapi setingkat lebih tinggi dibandingkan netbook. Namun, belakangan ini santer berseliweran notebook yang mengusung dimensi layar 12 inch keatas. Lengkap dengan desain tipis dan juga bobot yang ringan. Sehingga dapat di simpulkan, bahwa soal bobot sebetulnya relatif ya.

5. Sematan DVD

Penyematan DVD ini ditengarai juga menjadi pembedanya. Notebook biasa hadir dengan kelengkapan DVD. Kemungkinan dimensi notebook lebih longgar untuk penyematan DVD. Sementara Netbook dinilai tak mampu memuat DVD karena desainnya yang mini.

Tapi, ditilik dari perkembangan teknologi. DVD ini tak jadi soal. Sebab, notebook kini memiliki desain ultra thin dan bisa ditambah DVD, Yakni, DVD eksternal. Tapi masih banyak kok notebook yang menghadirkan slot  untuk DVD.

6. Konektivitasnya

Netbook sendiri memang ditujukan bagi penggunaan yang memerlukan perangkat. Yang mana  mampu terkoneksi lebih gampang ke internet. Sehingga, netbook ini umumnya dilengkapi sarana ini.

Sebagai contoh, netbook umumnya telah disematkan sistem wifi yang langsung terintegrasi Yakni, dengan bluetooth sehingga akan lebih gampang terkoneksi. Bahkan, di banyak model telah ada yang mengusung modem 3G ke dalam produk besutan mereka.

Pilih Netbook Atau Notebook? 

Perbedaan Notebook Dan Netbook

Masih belum yakin? Perbedaan Notebook Dan Netbook memang seringkali membuat pusing. Dan akhirnya konsumen menyamakan persepsi untuk keduanya. Padahal 6 perbedaan diatas sudah begitu jelas ya sobat. Lantas mau pilih yang mana, netbook atau notebook?

1. Untuk Kerja

Jika anda membutuhkan perangkat yang ringkas, desain elegan hingga prosesor yang melesat. Pilih saja notebook, apalagi kini banyak produsen kelas atas yang menyediakan produk ini dengan harga terjangkau.

Notebook ini lebih mampu diajak kerja berat ketimbang netbook. Makanya, banyak orang dengan kesibukan ekstra memilih komputer jinjing jenis ini. Selain bekerja, notebook mampu diandalkan untuk program gaming. Kinerja gaming yang berat memang mewajibkan si komputer mini ini bereksplorasi.

2. Komputasi Ringan

Namun, apabila Anda adalah pemula. Bisa lah coba-coba sistem komputasi ringan ala netbook. Yang mana khsusus dibuat untuk beragam kerja enteng dan tak membutuhkan  usaha ekstra.

3. Harga

Sebetulnya harga ini tergolong relatif. Mengingat kini bnyak sekali produk komputer jinjing dengan harga bersaing. Namun, umumnya, benaman mesin yang tangguh bisa lho jadi indikasi harganya akan lebih tinggi.

4. Efektivitas

Ditilik dari kinerja netbook yang bakalan lambat ketika berhadapan dengan komputasi berat. Tentu efektivitasnya juga dirasa kurang. Sementara notebook dinggap mampu menyelesaikan pekerjaan secara terinci dengan lebih baik. Sehingga dirasa lebih menghemat waktu juga tenaga.

5. Kebutuhan

Di poin terakhir ini mencakup keperluan terkait kedua komputer jinjing ini. Jika Anda hanya sekadar ingin bersenang-senang dengan perangkat multifungsi bisa pilih netbook. Tapi, ada baiknya memilih notebook agar tak bolak-balik mengeluh karena kinerjanya yang lamban.

Namun, hal ini kembali lagi kepada Anda. Jika ada spek netbook yang mumpuni melebihi notebook silakan saja untuk memilihnya ya.

Wah, cukup banyak kan pembeda kedua perangkat ini. Gimana sobat, makin tahu dan banyak ilmu ya.

Kini Anda tak perlu pusing lagi membedakan keduanya. Pasalnya Perbedaan Notebook Dan Netbook sudah Anda kantongi informasinya. Semoga artikel ini membantu ya, dan jangan lupa untuk mampir selalu ke Sabine blog. Disini pusatnya segala informasi gadget dan dunia teknologi paling up to date!