Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Vertu Signature Cobra, HP Paling Langka dan Aneh Sejagat Raya

HP Vertu Signature Cobra

HP paling langka dan aneh sejagat raya - Pada tahun 2000-an memang banyak vendor HP yang merilis produknya dengan berbagai gaya, tema, serta tidak lupa dengan meningkatkan kualitasnya. Mulai dari Nokia yang dulu menduduki vendor terbesar nomor 1 yang dengan giat memproduksi HP setiap bulannya. Tidak hanya itu, produknya pun banyak diminati oleh masyarakat. Namun, semakin berkembangnya zaman, akhirnya Nokia tersingkirkan oleh vendor HP yang lebih besar yakni Samsung dan iPhone.

Nah, pertanyaan pentingnya adalah "Apakah Anda pernah mendengar salah satu ponsel paling langka dan aneh di dunia?" Di sinilah jawabannya. Bayangkan, betapa langkanya HP itu sampai Anda tidak bisa menemukannya di sembarang tempat. Ya, HP itu bernama Vertu Signature Cobra. Sebuah ponsel asal Inggris yang hanya dijual melalui e-commerce Tiongkok saja dan dipasarkan dengan jumlah 8 unit HP saja.

HP yang tergolong jadul ini dirakit dengan tangan para teknisi di Inggris. Bahkan, untuk mendesain Signature Cobra ini, tidak tanggung-tanggung Vertu menggandeng brand perhiasan mewah asal Prancis, Boucheron. Perlu diketahui bahwa yang menjadi keunggulan satu-satunya dari Vertu Signature Cobra ini yakni harganya yang selangit dan mampu membuat siapa pun jantungan saat mendengarnya.

Padahal banyak orang menyebut bahwa Vertu Signature Cobra adalah salah satu HP yang dijuluki sebagai HP paling aneh di dunia. Mengapa demikian? Simak pembahasannya di bawah ini!

1. Desain HP yang sangat nyeleneh


HP Vertu Signature Cobra


Meskipun sentuhan glamor khas Boucheron begitu terasa sehingga mengingatkan penggunanya pada beberapa koleksi perhiasan Boucheron yang mengambil bentuk hewan, akan tetapi secara kasat mata pun sudah terlihat bahwa bentuk dari Vertu Signature Cobra ini sangat nyeleneh dan sangat berbeda dari HP lainnya.

Tepat seperti nama belakangnya "Cobra", terdapat sekitar 439 batu permata yang meliuk-liuk dalam bentuk ular cobra di bagian depan ponsel. Mata ular yang berwarna hijau digadang-gadang berasal dari dua batu zamrud. Dan banyak ilmuan menyebut bahwa dua batu zamrud ini keberadaannya sangat langka di dunia. Jika dilihat dalam hal ini sih sangat mengagumkan. Apalagi sangat langka, pasti banyak dari kalangan artis papan atas, pejabat, bahkan para konglomerat berlomba-lomba meminang HP langka ini.

Namun, perlu diketahui bahwa secara keseluruhan desain HP ini memang sangat mewah, akan tetapi pada dasarnya Vertu Signature Cobra ini hanyalah ponsel biasa yang jika tidak didesain memakai ratusan permata, maka ponsel ini tidak akan jauh berbeda seperti HP Nokia yang jadul itu. Dan jika dipikir-pikir untuk apa desain penuh permata, akan tetapi performanya biasa saja.

2. Harga yang terlalu tinggi setara satu sport mobil Italia


HP Vertu Signature Cobra


Karena dijual dalam jumlah yang sangat sedikit, serta di-desain dengan ratusan permata rubi, maka tidak heran jika Vertu Signature Cobra dibanderol dengan harga RMB2,47 juta atau jika dirupiahkan setara dengan Rp4,8 miliar. Wah, yang benar saja harga HP jadul ini bermiliaran rupiah? Tidak cukup sampai di situ, proses pengirimannya pun secara khusus dikirim melalui helikopter. Antara fantastis dan aneh bukan? Harganya yang fantastis, sementara proses pengirimannya yang benar-benar di luar dugaan.

Bayangkan saja, smartphone secanggih iPhone atau Samsung saja tidak ada yang dibanderol dengan harga setinggi itu. Sementara untuk membeli HP Cobra dengan desain yang aneh ini, Anda harus merogoh kocek sangat dalam, bahkan jika dibandingkan uang sebanyak Rp4,8 miliar sudah cukup untuk membeli satu buah mobil sport Italia. Sepertinya Anda harus berpikir ulang lagi jika hendak membeli HP jadul ini.

3. Tidak memiliki sistem operasi Android


HP Vertu Signature Cobra


Berbeda dengan ponsel pintar lainnya yang memiliki segudang fitur canggih, Vertu Signature Cobra hanya dibekali kemampuan sederhana. Vertu tidak mendukung ponselnya ini dengan operasi sistem iOS ataupun Android, karena memang pada awalnya HP ini diciptakan dengan tujuan menitikberatkan pada desainnya yang sangat mewah, akan tetapi terkesan aneh di mata banyak orang.

Tidak lupa juga bahwa Anda tidak akan menemukan aplikasi WhatsApp, Twitter, maupun media sosial lainnya, sebab di bagian dalamnya hanya diisi feature sederhana. Jadi, penggunanya nantinya hanya bisa menggunakan ponsel ini untuk menelepon, mengirim pesan singkat lewat SMS, dan beberapa kegiatan sangat terbatas lainnya. Secara keseluruhan memang sangat sederhana dan sangat jadul. Maka tidak heran jika banyak orang menyebut bahwa harganya terlalu tinggi dan tidak sepadan dengan performanya.

4. Berlapiskan 439 batu rubi permata, akan tetapi kemampuan ponselnya biasa-biasa saja


HP Vertu Signature Cobra


Namanya juga HP rilisan zaman dulu, maka tidak heran jika performanya tidak secanggih saat ini. Namun, sebagai alat komunikasi, Vertu Signature Cobra memang bisa berfungsi untuk menyambung telepon serta mengirim pesan lewat SMS. Kemampuan ponsel seperti ini tentu saja bisa dikatakan sangat biasa, apalagi jika dibandingkan dengan smartphone-smartphone canggih saat ini, Vertu Signature Cobra bisa dibilang kemampuannya di bawah rata-rata.

So, sepertinya lapisan desain 439 batu rubi permata itu tidak ada artinya jika tidak dibarengi dengan performanya yang canggih. Apalagi saat ini orang-orang lebih banyak menghabiskan waktunya dengan ponselnya, seperti bermain games, menonton video, menghasilkan uang, dan kegiatan tak terbatas lainnya. HP sekelas Vertu Signature Cobra ini sangat tidak relevan untuk digunakan di masa sekarang, kecuali HP ini hanya dijadikan sebagai barang antik dengan harga jual yang sangat tinggi.

5. Layar ponsel yang terlihat jadul dan sempit


HP Vertu Signature Cobra


Harga yang tidak sepadan dengan feature canggih di dalamnya. Ponsel ini didukung dengan desain konsep candybar yang tergolong jadul dan layar yang sangat sempit. Bayangkan saja, ukurannya sangat kecil dan ringan sehingga digenggam dalam satu tangan pun tidak akan merasa kerepotan. Apalagi jika digenggam dalam waktu yang lama, siapa pun penggunanya tidak akan merasa pegal, sebab dimensinya sangat kecil dan terjangkau satu tangan.

Jadi, mungkin HP ini cocoknya dijadikan sebagai barang antik yang harus dijaga ketat kelestarian serta keunikannya. Karena jika dijadikan sebagai alat komunikasi, rasanya kurang tepat dan Anda pun pasti akan merasa terbatas saat menggunakannya. Resolusi layar yang jelek, serta dimensi layar yang kurang memuaskan, tentu saja membuat siapa pun tidak akan merasa betah berlama-lama menatap layar ponselnya.

Jika disimpulkan, Vertu Signature Cobra ini memiliki desain sangat simple akan tetapi sangat mewah. Namun, di sisi lain juga desainnya sangat aneh dan langka di dunia ini. Anda hanya akan menemukan bentuk ular cobra di sepanjang pinggir HP lewat Vertu Signature Cobra, di HP lainnya Anda tidak akan menemukan bentuk seperti ini. Terkesan aneh dan nyeleneh bukan?  Apalagi jika harus merogoh kocek bermiliaran banyaknya, sepertinya perlu pertimbangan berulang kali yang sangat matang jika Anda tertarik untuk meminang ponsel yang satu ini.