Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Handphone yang Memiliki Citra Terburuk Sepanjang Masa, Gagalnya Bukan Main!



Handphone Terburuk Sepanjang Masa - Keberadaan smartphone canggih saat ini tentu tidak terlepas dari banyaknya ponsel yang sudah tercipta sejak dahulu kala. Pembaharuan-pembaharuan selalu hadir dengan membawa teknologi teranyar seiring dengan perkembangan zaman. Begitu pun di dunia gadget yang mengalami beberapa fase perubahan dari masa ke masa.

Yang kita ketahui mungkin saat ini hampir setiap smartphone memiliki bentuk ponsel yang sama, yakni berbentuk persegi panjang dengan touchscreen serta fitur yang memadai dari mulai navigasi GPS hingga NFC. Bahkan, dari rumor yang beredar, di tahun mendatang akan hadir smartphone yang mengusung desain layar gulung.

Namun, terlepas dari kecanggihan smartphone saat ini, tahukah kamu bahwa smartphone juga mengalami sejarah dan masa transisi yang cukup unik dan menarik?Terlebih, beberapa ponsel zaman dulu hadir dengan bentuk yang sangat bervariatif, akan tetapi sayangnya tidak cukup pintar dan secanggih saat ini.

Dan karena beberapa kekurangan yang disebut "Aneh" itulah terdapat beberapa handphone yang dijuluki sebagai handphone terburuk sepanjang masa. Penasaran apa saja? Berikut di bawah ini sabineblog.com telah merangkum semuanya.

1. Nokia N-Gage (2003)



Rilis pada tahun 2003, handphone Nokia N-Gage kurang mendapat keberuntungan semenjak peluncuran pertamanya hingga tidak lagi diperjualbelikan. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan, melainkan karena saat itu brand Nokia melakukan tindakan gegabah dengan mengambil alih Game Boy Advance dari Nintendo dengan ponsel dan sistem permainan yang berbasis Symbian hibrida.

Karena hal inilah Nokia N-Gage dibanderol  tiga kali lipat jauh lebih mahal daripada Nintendo. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan tata letak tombol yang sangat aneh dan rasio aspek tinggi yang membuat game apa pun akan terasa kurang menyenangkan untuk dimainkan. Apalagi dari segi spesifikasi, Nokia N-Gage memiliki speaker dan lubang suara yang berada tepat di sepanjang tepi atas N-Gage yang tentunya membuat penggunanya akan merasa kesulitan untuk berbicara saat mengangkat telepon.

2. Nokia 7280 (2004)



Selepas kegagalan Nokia N-Gage bereksis di dunia gadget, Nokia kembali mengulang sejarah dengan produk terbarunya yang dirilis pada tahun 2004, yakni Nokia 7280. Pada saat itu, ponsel unik Nokia 7280 ini di-klaim masuk ke dalam daftar handphone terburuk sepanjang masa.

Desainnya yang sangat aneh dan spesifikasinya yang serba terbatas tentu saja tidak heran jika ponsel ini masuk dalam kategori handphone terburuk sepanjang masa. Selain itu, jika kamu menjadi salah satu pengguna dari Nokia 7280, maka kamu akan sangat merasa kesulitan saat menulis pesan singkat di SMS dan menavigasi menu di ponsel. Hal ini disebabkan tombol keypad numerik dengan fitur tombol putar, yang membuat handphone jadi berbentuk seperti lipstik.

3. Motorola ROKR E1 (2005)



Dirilis pada tahun 2005, Motorola ROKR E1 mendapat kerugian yang cukup besar dengan tidak larisnya ponsel di lapangan. Hal ini dikarenakan Motorola ROKR E1 diluncurkan di toko-toko offline dengan waktu yang hampir bersamaan dengan Apple yang meluncurkan iPod Nano, perangkat yang lebih kecil yang pastinya mampu menyimpan musik hingga 4GB.

Jika dibandingkan dengan iPod Nano, Motorola ROKR E1 tentu memiliki kekurangan yang sangat jauh. Mungkin itulah mengapa ROKR E1 tidak bisa bertahan lama di dunia ponsel sebelum pada akhirnya benar-benar tidak diperjualbelikan lagi.

4. LG Chocolate (2006)



Datang dari brand besar LG, ternyata produk LG zaman dulu sempat mengalami kegagalan berbentuk ketidaklarisan produk di pasaran. Ya, produk yang mengalami nasib buruk pada saat diluncurkan secara global itu bernama LG Chocolate yang dirilis pada tahun 2006.

Ya, meskipun LG Chocolate merupakan salah satu ponsel yang memiliki fitur biasa, akan tetapi dibuat seakan-akan terdapat fitur yang luar biasa. Padahal ponsel yang satu ini juga memiliki bentuk yang sangat aneh dan tidak jelas. Maka sepertinya tidak heran jika LG Chocolate bernasib buruk di pasar gadget saat itu.

5. Motorola Razr2 V9 Special Edition Ferrari (2008)



Sempat mengalami citra buruk pada tahun 2005, Motorola kembali mengulang sejarah dengan menciptakan ponsel yang bernasib buruk di pasaran. Jika dilihat dari namanya, tentu jelas tergambar bahwa mungkin saja Razr2 V9 memang sengaja diciptakan untuk menjual nama "brand" nya saja.

Padahal sejak awal brand Motorola dan Ferrari sama-sama bekerja sama dan berusaha untuk mendapatkan keuntungan besar dengan menghadirkan Razr2 di akhir tahun 2008. Namun, meskipun kelihatannya begitu fantastis, handphone ini pada kenyataannya tidak lebih dari handphone biasanya dengan fitur yang serba terbatas.

6. Blackberry Storm (2008)



Jika dibandingkan dengan ponsel yang memiliki citra terburuk lainnya, sepertinya Blackberry Storm layak mendapatkan predikat sebagai "Ponsel top 1 terburuk sepanjang masa". Hal ini dikarenakan fiturnya yang serba nanggung dan desainnya yang sangat kolot.

Kegagalan di tahun 2008 ini menjadi pengalaman kelam bagi Steve Jobs sepanjang sejarah. Keteledoran Research in Motion yang menggarap perangkat baru Apple ini membuat Blackberry Storm tampil dengan model yang sangat aneh. Bayangkan, ketika kamu menekan layarnya, maka semua tampilannya seperti turut serta di-klik dan ini tentu saja akan sangat menyebalkan

7. Samsung Continum (2010)



Rilis sepuluh tahun yang lalu, Samsung Continum langsung dikecam sebagai handphone terburuk sepanjang masa pada saat peluncuran pertama kalinya. Berbagai review buruk didapatkan brand Samsung karena produknya ini sangat benar-benar mengecewakan.

Perlu diketahui, Samsung Continuum hadir dengan kinerja ponsel dan desain yang sangat buruk. Apalagi dihadirkan dengan RAM yang serba terbatas, membuat ponsel ini tentunya tidak bisa ditambahkan dengan aplikasi lain. Bahkan, dari sebagian besar info yang disajikan, pada tampilan ponsel ini juga begitu padat karena ukuran ponsel yang sangat terbatas.

8. HTC First (2013)



Menginjak tahun 2013, di mana iPhone telah berhasil menggeser kedudukan Nokia sebagai ponsel top 1 terlaris di dunia. Saat itu, dunia media sosial seperti Facebook telah ramai dibicarakan. Seiring dengan hal itu, smartphone HTC First hadir sebagai ponsel pintar pertama yang telah dilengkapi dengan aplikasi Facebook tambahan.

Saat itu banyak orang menyebut bahwa idenya ini terbilang cukup menarik, akan tetapi ponsel ini dirasa kurang berguna jika dibuat hanya untuk memuat Facebook dengan benar. Selain itu, ponsel HTC jenis ini juga memiliki kualitas kamera di bawah standar. Hal inilah yang membuat HTC Fisrt masuk dalam kategori handphone terburuk sepanjang masa.

9. Amazon Fire Phone (2014)



Sekitar enam tahun yang lalu, hadir produk smartphone Amazon pertama yang diberi nama Amazon Fire Phone dan resmi dirilis pada tahun 2014 lalu. Smartphone ini sempat dijuluki sebagai ponsel tercanggih karena telah mengadopsi teknologi-teknologi terbaru. Namun, sayangnya, hal itu tidak bertahan lama.

Sebab pada kenyataannya di lapangan, penjualan ponsel pintar Amazon Fire Phone ini justru terjadi dengan ritme yang super lambat. Padahal saat itu Amazon telah menurunkan harganya. Salah satu faktor dari kegagalan eksis Amazon Fire Phone ini dikarenakan kesan ekslusif yang coba ditawarkan Amazon. Di mana smartphone ini menggunakan sistem operasi Android yang sudah dimodifikasi sehingga penggunanya tidak bisa mendapatkan kesan OS Android yang sebenarnya.

10. Samsung Galaxy Note 7 (2016)



Sempat berhasil menjadi smartphone dengan handset terbaik pada tahun 2016, Samsung Galaxy Note 7 mendapatkan berbagai pujian positif dari banyak orang. Bahkan, sebelum peluncurannya pun smartphone ini telah digadang-gadang sebagai smartphone tangguh.

Namun, sayangnya, hal itu tidak bertahan lama. Dapur pacu pada Samsung Galaxy Note 7 tidak se-sempurna apa yang penggemarnya inginkan. Sebab Galaxy Note 7 menjadi satu-satunya handphone dalam daftar ini yang sangat dilarang dibawa ke pesawat oleh Administrasi Penerbangan Federal, dikarenakan baterainya rusak sehingga sangat rentan terbakar. Bahkan, hal  terburuknya adalah meledak. Karena kejadian itulah mengapa Samsung dengan terpaksa harus menghentikan produksi Galaxy Note 7 untuk selamanya.

Itulah 10 handphone yang memiliki citra terburuk sepanjang masa. Selain karena desainnya yang kolot, spesifikasinya sangat tidak memadai, bahkan mengecewakan. Semoga untuk saat ini dan di masa yang akan datang, para vendor smartphone semakin berlomba-lomba menciptakan smartphone tangguh yang dibekali teknologi tercanggih