Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Membuat Kamera Android Seperti DSLR dengan Aplikasi Camera FV-5 Lite

Kamera Android Seperti DSLR dengan Camera FV-5 Lite

Apakah Anda seorang pencinta potografi? Namun sayangnya kamera yang Anda miliki hanya kamera dari hpandroid. Sehingga Anda merasa tidak bisa menghasilkan kualitas gambar sebagus kamera DSLR. Karena tidak sama kamera android seperti DSLR.

Meskipun kamera android tidak selalu bisa memberikan hasil fotografi yang luar biasa bagus, tetapi kemajuan teknologi telah menempatkan android pada tingkat yang hampir sama dengan banyak kamera khusus. Untuk itu yang diperlukan hanya mempelajari cara memanfaatkan kamera android secara maksimal dan tidak ada yang dapat mengalahkan hasil potret menggunakan mode manual. Dengan mode manual, Anda bisa melakukan manipulasi pengaturan untuk menghasilkan gambar sesuai yang diinginkan.

Jenis android terbaru biasanya sudah tersedia mode manual di dalamnya. Namun, jika android Anda tidak memiliki mode manual, jangan merasa khawatir. Anda bisa menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga yang bisa Anda download di playstore. Salah satu aplikasinya yaitu Camera FV-5 Lite dengan aplikasi ini kamu dapat membuat kamera android seperti DSLR serta cara menggunakannya.

Membuat Kamera Android Seperti DSLR dengan Fitur di Camera FV-5 Lite

1. Membuat Kamera Android Seperti DSLR Dengan Exposure Triangle.

Dalam fotografi, Exposure Triangle merupakan visualisasi mengenai bagaimana ISO, aperture dan shutterspeed bekerja sama dalam mendapatkan hasil gambar terbaik. Anda harus mampu menemukan keseimbangan antara ketiganya untuk mengekspos gambar dengan baik. Mengubah setiap elemen tersebut akan memengaruhi kualitas gambar.

2. Membuat Kamera Android Seperti DSLR Menggunakan ISO

ISO (International Organization of Standardization) merupakan elemen yang bertanggung jawab atas standarisasi peringkat sensitivitas untuk sensor kamera. Mengubah ISO saat memotret akan menentukan seberapa sensitif sensor terhadap cahaya. Jika ISO lebih rendah, maka sensor akan menjadi kurang sensitif terhadap cahaya, artinya Anda harus membuat aperture lebih lebar atau memperlambat shutterspeed. Sehingga pada saat yang sama, gambar akan menjadi lebih bersih.

3. Membuat Kamera Android Seperti DSLR Menggunakam Shutter Speed

Salah satu cara membuat kamera android seperti DSLR adalah dengan mengatur kecepatan shutter. Sistem kamera mempunyai shutter yang menutupi dan membuka sensor. Shutterspeed berfungsi menentukan lamanya waktu shutter ini akan tetap terbuka untuk memungkinkan lebih banyaknya cahaya mencapai sensor.

Jika shutterspeed lebih cepat, maka akan menghasilkan eksposure yang lebih sedikit, namun akan menghasilkan gambar yang lebih tajam. Memperluas shutterspeed akan membuat gerakan kabur, tetapi akan membuat cahaya masuk lebih lama dan memberikan lebih banyak pencahayaan.

4. Membuat Kamera Android Seperti DSLR Menggunakan Aperture

Aperture berfungsi untuk mengontrol seberapa lebar atau sempit lubang diafragma pada sistem kamera. Diafragma merupakan lubang di mana cahaya harus melalui untuk mencapai sensor. Aperture yang lebih lebar dapat meningkatkan eksposure, yang akan mengurangi kedalaman bidang dan membuat latar belakang atau pun depan menjadi blur.

Sedangkan aperture yang lebih sempit akan membuat gambar tetap fokus. Tetapi Anda harus mengganti eksposure yang hilang dengan modifikasi shutterspeed atau ISO. Dalam hal ini, angka pada aperture yang lebih besar, menandakan aperture lebih sempit, misalnya f/1.8 lebih lebar dari pada f/2.8.

Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa cara membuat kamera Android seperti DSLR dapat dilakukan dengan mengatur aperture untuk mendapatkan hasil gambar blur.

Nah, itulah tutorial yang bisa anda coba untuk mendapatkan gambar terbaik meski hanya menggunakan hp android. Anda tidak perlu memiliki kamera yang luar biasa, Anda hanya harus bisa memanfaatkan yang terbaik dari apa yang anda miliki. Anda pun bisa menghasilkan gambar yang menakjubkan bahkan dengan kamera android yang murah. Masih banyak cara-cara lain, namun cara ini juga sudah cukup untuk membuat kamera android seperti DSLR.