Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Ganti Smartphone 5G? Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A42

Samsung Galaxy A42

Siapa yang tidak kenal smartphone Samsung? Brand yang populer dari Negeri Korea Selatan sudah lama membooming di Indonesia. Untuk membuktikan kesungguhannya menjadi brand nomor satu, maka setiap bulan meluncurkan seri terbarunya. Salah satu seri terbarunya adalah Samsung Galaxy A42 yang masih belum dipastikan kapan beredar di Indonesia. 

Samsung semakin menunjukkan kiprahnya selalu menghadirkan smartphone tercanggih. Salah satunya dengan meluncurkan smartphone canggih 5G. Jika kebanyakan smartphone menggunakan jaringan 5G dengan harga mahal, berbeda dengan Samsung Galaxy A42. Namun, dibalik kecanggihan Galaxy A42 selalu ada kelebihan dan kekurangannya. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak penjelasan di bawah. 

Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A42

Meskipun mengusung konektivitas jaringan 5G, tapi harganya tidak begitu mahal. Malahan Galaxy A42 spesifikasinya untuk kelas menengah atau pemula. Sehingga penggemar Samsung atau penggemar smartphone murah namun menginginkan teknologi canggih. Maka Galaxy A42 bisa dijadikan rekomendasi. Seperti lainnya, Galaxy A42 memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut penjelasannya.

1. Kelebihan

Samsung Galaxy A42

Dimulai dari kelebihannya, tentu saja Samsung Galaxy A42 memiliki teknologi jaringan 5G yang menggunakan chipset SM7225. Dimana kode chipset tersebut merujuk secara langsung ke bagian Snapdragon 750G. Sederhananya, smartphone tersebut menawarkan kinerja yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan selain jaringan tercepat. 

Kamera Galaxy A42 memiliki satu untuk kamera depan yang mengusung 20 MP. Sedangkan bagian belakang memiliki 4 kamera, yaitu kamera utama wide 48 MP, ultrawide 8 MP, makro 5 MP, dan depth sensor 5 MP yang digunakan untuk efek potret. Dapat dipastikan, sektor fotografi dari Galaxy A42 sangat menggoda dan patut dipertimbangkan oleh pengguna yang gemar foto atau selfi. 

Baterai Galaxy A42 yang dipakai cukup besar kapasitasnya, sekitar 5000 mAh. Ada yang mengatakan baterai tersebut cukup awet karena Snapdragon750G yang menggunakan teknologi fabrikasi lebih efisien. Layar yang dipakai adalah layar Super AMOLED yang berukuran 6,6 inci. Cukup luas jika digunakan untuk bermain game atau menonton film. Untuk desain layarnya memakai infinity U display. 

2. Kekurangan

Samsung Galaxy A42

Meskipun memiliki beberapa kelebihan di atas, tetap saja Samsung Galaxy A42 memiliki kekurangan. Misalnya untuk harganya, Galaxy A42 dibanderol sekitar 6,7 jutaan. Namun dengan harga segitu, sangat disayangkan masih memakai layar yang beresolusi HD plus. Mungkin alangkah baiknya jika mempertimbangkan sektor lain yang perlu dipangkas karena tidak begitu diperlukan. 

Contoh sektor lain yang tidak diperlukan adalah mengganti sensor pemindai sidik jari. Sehingga tidak perlu menurunkan resolusi pada layarnya. Karena ukuran layarnya cukup luas, ketika memakai resolusi rendah, gambarnya terlihat tidak begitu tajam. Dan membuat tidak nyaman bagi yang tidak terbiasa menggunakan HD plus atau atasnya. 

Untuk sektor pengisian daya baterai masih perlu dipertimbangkan oleh pengguna, karena daya yang dipakai berkisar 15 watt. Karena dengan daya tersebut, teknologi fast charging tergolong kecil untuk ukuran baterai 5000 mAh. Kesimpulannya, pengguna akan memerlukan waktu lama untuk mengisi daya. Meskipun bisa diakali dengan menggunakan powerbank yang bisa dipakai dimana mana. 

Penutup

Samsung Galaxy A42

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A42. Dan bisa disimpulkan apakah Galaxy A42  bisa dimasukkan dalam daftar favorit smartphone tahun ini. Dengan harga sekitar 6,7 jutaan bisa menikmati jaringan 5G, tentu masih dikatakan murah dibandingkan smartphone 5G lainnya. Namun juga memiliki beberapa kekurangannya, tapi tidak mengurangi kualitas dari Samsung. Gimana, masih mau beralih ke Galaxy A42?