Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membeli Smartphone Sesuai Budget dan Kebutuhan

Tips Membeli Smartphone Sesuai Budget dan Kebutuhan – Handphone adalah salah satu kebutuhan sekarang, bukan lagi sekedar keinginan. Bahkan, di masa pandemi ini smartphone sangat diperlukan untuk melakukan program belajar dari rumah dan bekerja dari rumah.

Hanya saja, banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara membeli smartphone sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Memang, ada begitu banyak merk smartphone yang beredar. Kelebihan dari banyaknya smartphone yang beredar adalah bisa memberi banyak pilihan kepada Anda. Tetapi jika ditilik dari kelemahannya adalah Anda bisa dibingungkan dengan berbagai pilihan yang ada.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir. Pada artikel ini, Sabineblog akan membantu Anda untuk membeli smartphone sesuai budget dan kebutuhan.

Tips Membeli HP Baru 2020 Berdasarkan Dana



Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih handphone berdasarkan budget yang Anda miliki. Kenapa seperti itu?

Sebab, ada harga tentu ada rupa. Jika dana yang Anda miliki belum mencukupi, maka ada baiknya untuk menabung dulu.

Atau jika memang kebutuhan Anda sudah sangat mendesak, maka Anda perlu tips membeli HP Baru berdasarkan Dana.

Ada beberapa kategori hp berdasarkan dana yang Anda miliki

1. Low-End ( Kisaran 1 Sampai 2 Juta)

Low End selalu diidentikan dengan HP berharga murah dan terjangkau. Biasanya, HP yang berada di kelas ini memiliki kisaran harga 1 sampai 2 juta saja. Oleh karena itu banyak yang mengatakan bahwa low end dikenal sebagai kelas budget phone.

Ada begitu banyak spesifikasi yang bisa Anda pilih, karena memang ada banyak vendor HP yang bermain pada pasaran low end karena bisa menyasar lebih banyak konsumen.

2. Middle-Range (2 Sampai 5 Juta)

Kelas ini sedikit lebih tinggi dari kelas Low End dengan persaingan yang lebih besar. Harga yang ditawarkan sekitar 2 sampai 5 juta dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari kelas low end.

Kelas ini juga menyediakan lebih banyak pilihan karena hampir setiap vendor memokuskan pasarnya pada kelas middle range ini. Ada banyak konsumen yang mencari HP di kelas ini karena spesifikasi yang lebih baik dari yang low end.

Spesifikasi yang ditonjolkan juga beragam, sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

3. Middle-Range to High (Kisaran Harga 5 Sampai 8 Juta)

Kelas ini sebenarnya samar. Dibilang middle range, tapi harga yang ditawarkan ketinggian. Dibilang high end, tetapi spesifikasinya belum memunculkan kesan flagship, yang merupakan syarat wajib menjadi HP high end.

Biasanya, HP jenis ini sudah nyaris seperti high end, tetapi ada beberapa spesifikasi yang kurang lengkap dibanding HP High End.

4. High-End (8 Juta Ke Atas)

Sesuai dengan namanya, ini adalah HP dari kelas atas dengan harga yang mahal. Meskipun begitu, spesifikasi yang ditawarkan biasanya jauh lebih bagus dari HP yang  lain. Ada banyak HP High End yang bisa Anda pilih karena ada banyak vendor yang menyediakannya.

Cara Memilih Smartphone yang Berkualitas Sesuai Spesifikasi

Sebenarnya ini adalah cara yang paling penting dalam memilih HP. Spesifikasi mempengaruhi fungsi dan kelebihan HP itu sendiri.

Lantas, faktor apa saja yang harus diperhatikan dalam cara memilih hp android murah berkualitas? Berikut ulasannya:

1. Perhatikan Sistem Operasi

Ada 2 tipe Operasi Sistem pada smartphone, yakni iOS dan Android. Berikut beberapa perbedaan antara keduanya:

·         OS Android adalah sistem operasi yang umumnya terintegrasi dengan layanan Google.

·         OS Android hadir dengan berbagai varian harga

·         iOS hadir eksklusif di perangkat iPhone

·         iOS memiliki sistem penggunaan yang mudah, tampilan bersih, serta fitur keamanan yang lebih baik.

2. Perhatikan Chipset yang Digunakan

Chipset adalah salah satu spesifikasi penting yang perlu Anda perhatikan ketika membeli HP. iPhone memiliki chipset khusus yang hanya dimiliki iPhone, sehingga Anda tidak perlu bingung.

Lain halnya dengan Android yang mengusung chipset berbeda-beda. Secara umum, ada banyak chipset bagus di Android. Biasanya, semakin mahal harga HP, maka chipsetnya semakin bagus.

3. Perhatikan Memori

Sebagai saran pribadi, pilihlah HP dengan RAM yang besar karena RAM berpengaruh pada kinerja. Tetapi tetap sesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki.

4. Perhatikan Kapasitas Baterai

Anda juga harus memperhatikan baterai karena memang sumber kehidupan HP bergantung kepada baterainya. Bedakan tipe baterai dan kapasitasnya.

Tips Memilih Smartphone Sesuai Kebutuhan



Ada banyak cara memilih smartphone yang sesuai dengan Anda. Dari mulasesuai dana, sesuai spesifikasi sampai berdasarkan kebutuhan. Sesuaikan HP yang Anda pilih berdasarkan kebutuhan dan keperluan Anda dalam membeli HP tersebut

1. HP Sesuai dengan Kebutuhan Dasar

Jika Anda membeli HP untuk kebutuhan dasar saja seperti berkomunikasi, Anda bisa memilih HP low end saja. Karena semua smartphone pasti mendukung sarana komunikasi seperti whatsapp, telegram dan lain-lain.

2. Mobilitas Tinggi

Jika Anda seorang traveller, tipe HP yang cocok Anda pilih adalah HP yang memiliki baterai berkapasitas besar dan memiliki pengisian daya yang cepat. Hal ini memungkinkan HP memiliki  daya hidup lebih lama.

3. Untuk Kebutuhan Main Gim

Anda perlu membeli HP khusus game jika memang ingin memokuskan kebutuhan main gem Anda. Ada beberapa HP untuk gim seperti ASUS ROG Phone, Razer Phone, Xiaomi Black Shark, dan lainnya.

Biasanya, HP ini sudah memiliki sistem pendingin sehingga bisa digunakan bermain game lama dan tidak cepat panas.

4. Fotografi dan Vlog

Untuk kebutuhan ini, pilihlah hp high end karena kualitas kamera dan spesifikasinya cukup lengkap.

5. Kebutuhan Profesional

Jika HP untuk kebutuhan profesional, maka Anda butuh HP yang multotasking dan HP yang terkenal dengan ini adalah Samsung Galaxy Note Series.

Tips Memilih HP Android yang Berkualitas

Nah, berikut beberapa tips memilih HP Android berkualitas:

1. Jangan Terpengaruh Gimmick Produsen

Jangan memilih HP karena adanya Gimmick produsen seperti cash back atau penonjolan spesifikasi tertentu secara berlebihan. Tetaplah untuk melihat review kualitas produk dari pengguna ponsel.

Tapi, lihatlah review dari blog atau akun youtube pribadi. Dalam hal ini, sangat disarankan untuk mengambil gadgetin sebagai salah satu tolak ukur.

2. Perhatikan Update Android dari Produsen

Perhatikan apakah vendor menyediakan pembaruan rutin terhadap ponsel Anda.

3. Perhatikan Spesifikasi Ponsel

Jangan lupa untuk tetap memperhatikan spesifikasi ponsel.

Jika Anda belum mengerti tentang hal ini, cukup perhatikan 7 sektor ini saja:

·         Jumlah Processor

·         Besar RAM

·         Besar penyimpanan internal ponsel

·         Kamera depan dan belakang, dan sensor lensa

·         Besar layar ponsel

·         Bahan layar yang digunakan

·         Kapasitas baterai

·         Konektifitas

4. Harga yang di Tawarkan

Tetap lihat harga. Ini adalah yang paling penting. Karena pada akhirnya, dana yang Anda milikilah yang memutuskan HP mana yang bisa Anda miliki.

Kesimpulan

Ada banyak cara dan tips membeli smartphone sesuai budget dan kebutuhan. Pada akhirnya, yang Anda wajib miliki hanyalah ketelitian dalam memilih dan memilih berbagai HP yang ditawarkan.