Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spesifikasi Smartphone Entry-level Xiaomi Mi Play, Secanggih Ini Kelebihannya!

 Xiaomi Mi Play


Dirilis tepat pada bulan Desember 2018 lalu, Xiaomi Mi Play digadang-gadang sebagai versi "Mi" dari Redmi. Yang di mana artinya, ponsel yang satu ini memiliki harga serta spesifikasi di bawah Xiaomi Mi.  

Pada saat peluncuran pertama kalinya di China, Xiaomi memasang harga yang cukup terjangkau bagi berbagai kalangan. Penyesuaian harga dengan spesifikasi yang dibawa memang bisa dibilang cukup worth it dan tidak terlalu 'lebay'.

Lalu, apakah Xiaomi Mi Play masih worth it jika digunakan di tahun 2020 ini? Di mana orang-orang lebih banyak menggantungkan dirinya kepada smartphone-nya, yang artinya sebuah gawai dituntut harus bisa memenuhi keinginan dan kebutuhan penggunanya.

Untuk menjawab semua itu, berikut di bawah ini Sabineblog.com telah menyertakan apa saja yang menjadi spesifikasi tangguh dari Xiaomi Mi Play yang hanya dibanderol dengan harga berkisar 1.099 Yuan atau jika dirupiahkan menjadi Rp2,3 jutaan.

Spesifikasi Xiaomi Mi Play

Spesifikasi Xiaomi Mi Play

Dengan mengusung teknologi yang cukup tangguh, Xiaomi merasa percaya diri dan mengklaim kekuatan dari kinerja Mi Play. Beberapa kelebihan yang dilihat dari berbagai sisi, baik itu prosesornya ataupun komponen lain yang mendukung Mi Play menjadi smartphone versi flagship Redmi yang dikemas dengan desain yang lebih "serius".

Performa cukup dahsyat dengan dukungan Chipset Mediatek Helio P35

chipset xiaomi mi play

Sebagai smartphone kelas "flagship" yang berasal dari seri Redmi, Xiaomi Mi Play ditenagai dengan chipset buatan MediaTek Helio P35. Jika ditelaah lebih dalam, teknologi chipset ini secara teknis mampu dipacu hingga 2,3 GHz serta sudah dilengkapi dengan GPU PowerVR GE8320.

Perlu diketahui, teknologi MediaTek dibangun dengan menggunakan manufaktur 12 nm, yang artinya menyediakan dan menawarkan kinerja yang jauh lebih mulus dan konsumsi daya yang lebih efisiensi juga. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik banyak orang untuk meminang Xiaomi Mi Play.

Uniknya, dari hasil penelitian benchmark, chipset MediaTek Helio P35 mencapai angka yang cukup tinggi, yakni 86.352 yang berada di atas Snapdragon 625. Dengan inilah teknologi chipset yang diusung oleh smartphone besutan Xiaomi ini diklaim mampu mengalahkan kekuatan smartphone ber-Snapdragon 625.

Desain dan Tampilan yang lebih "serius"

desain xiaomi mi play

Jika dibandingkan dengan seri ponsel Xiaomi sebelumnya, perangkat ponsel Xiaomi Mi Play memang dikemas dengan desain yang cukup berbeda dan lebih "serius". Hal ini terbukti dari tampilan luar smartphone yang menggunakan bodi berbahan metal yang telah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass.

Sementara untuk warna pun jauh lebih menarik. Jika kamu melihat desain dan tampilan bodi dari Xiaomi Mi Play pasti akan mengingatkanmu pada seri smartphone yang dimiliki Huawei Nova 3i. Hanya saja secara spesifik Mi Play memang memiliki desain lebih unik dan ciamik.

Adapun untuk kesediaan warnanya, Xiaomi menyediakan 3 varian warna untuk Mi Play, yakni Fantasy Blue (biru), Twilight Gold (magenta), dan hitam. So, jika kamu berniat untuk meminang smartphone rilisan tahun 2018 ini, kamu memiliki kesempatan penuh untuk memilih varian warna unik yang tersedia.

Kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang luas

kapasitas ram xiaomi mi play

Selain didukung dengan teknologi dapur pacu yang cukup tangguh, Xiaomi Mi Play pun mengimbaginya dengan kapasitas RAM yang cukup luas, yakni berukuran 4 GB untuk RAM nya dan 64 GB untuk ukuran memori internalnya. Bahkan, dari beberapa desas desus lainnya, Xiaomi Mi Play juga akan memiliki RAM dan penyimpanan internal yang lebih tinggi.

Sementara untuk bagian slot micro SD berukuran hingga 256 GB yang berada di slot SIM 2. So, kamu nggak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan untuk mengabadikan seluruh aktivitas keseharianmu. Meskipun ukuran RAM nya tidak sebesar smartphone flagship rilisan tahun 2020, akan tetapi kamu masih bisa mengusahakannya dengan menambah slot micro SD.

Kapasitas baterai 3000 mAh

kapasitas baterai xiaomi mi play

Dari sisi kapasitas baterai, Xiaomi Mi Play memang bisa dibilang kurang "Wah". Namun, untuk ukuran smartphone rilisan 2018 tidak bisa dibilang terlalu buruk. Karena mengingat penggunaan chipset yang lebih ramah baterai untuk digunakan.

Oleh karenanya, meskipun dipakai di tahun ini, Xiaomi Mi Play masih bisa memenuhi kegiatan sehari-harimu. Meskipun mungkin ketahanan baterai yang berada di bawah smartphone flagship sekelas Samsung, Realme, ataupun brand smartphone lainnya.

Penggunaan sistem operasi Android 9.0 (Pie)

sistem operasi xiaomi mi play

Untuk menjadikan Mi Play menjadi smartphone dengan kelas rilisan pertama dari Redmi, Xiaomi membekalinya dengan sistem operasi Android 9.0 Pie. Di mana seperti yang kita ketahui bahwa OS Android 9.0 Pie pun memiliki beberapa kelebihan yang menunjang performa ponsel agar semakin oke.

Beberapa kelebihan dari OS Android 9.0 Pie yaitu user interface yang lebih berwarna sehingga visualnya dapat memanjakan mata penggunanya, adaptive battery yang merupakan fitur penghemat baterai hingga 30%, juga sistem navigasi yang berbasis gesture model baru.

Selain itu, ada yang tidak kalah menarik juga dari Xiaomi Mi Play yang dibekali OS Android 9.0 (Pie) yaitu dukungan terhadap Notch. Di mana Android Pie telah menghadirkan fasilitas simulasi Notch teruntuk para developer. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, melainkan karena para developer dapat melihat tampilan aplikasinya pada HP berponi.

Resolusi kamera belakang lumayan tajam


Tidak lupa dari segi kamera, Xiaomi Mi Play memiliki resolusi kamera belakang sebesar 12 MP, f/2.2, 1.25 μm. Meskipun resolusinya tidak terlalu besar, akan tetapi kamu masih bisa mendapatkan hasil jepretan yang cukup tajam, jernih, dan bagus.

Untuk fitur kamera lainnya seperti HDR dan panorama bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan foto yang lebih jernih. Sensor kedalamannya berani bersaing dengan smartphone rilisan tahun 2018 lainnya.

Performa layar yang oke

performa layar xiaomi mi play


Dari segi performa layar, Xiaomi Mi Play dikemas dengan ukuran layar 5.84 inci dengan tiper layar IPS LCD capacitive serta resolusi layar sebesar 1080 x 2280 piksel dengan rasio 19:9.

Tidak terlalu kecil dan terlalu besar, masih hampir sama dengan dengan ukuran smartphone rilisan tahun ini. Oleh karenanya, pada saat peluncuran pertamanya waktu itu, beberapa orang menyebut performa layar yang dimiliki Xiaomi Mi Play cukup oke untuk membuat para penggunanya merasa nyaman dan tidak berpaling ke smartphone lainnya.

Nah, itu dia beberapa spesifikasi dari Xiaomi Mi Play yang menjadi smartphone kelas Entry-level dari seri Redmi. Dari sisi harga pun tidak terlalu menguras dompet. Apalagi dari update harga terbarunya yang hanya sebesar Rp1.950.000. Jika kamu mencari smartphone yang bukan rilisan tahun ini atau rilisan tahun-tahun sebelumnya, maka sepertinya Xiaomi Mi Play wajib masuk dalam list pertimbangan.