Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek BI Checking Online di HP Android, Nggak Perlu Ribet Keluar Rumah!

cara cek bi checking di hp android

Berbicara tentang pengajuan kredit pastinya akan pernah terlepas dari yang namanya BI Checking. Ya, orang-orang biasa menyebutnya sebagai penentu kelayakan bagi para calon debitur. Sebagai syarat wajib yang dicek lebih awal, orang-orang yang mengajukan kredit tentunya harus memiliki riwayat kredit yang aman atau bersih dari segala tunggakan.

Oleh karenanya, sebelum mengajukan pinjaman lagi, tentunya kamu harus mengecek terlebih dahulu BI Checking yang kamu miliki agar proses peminjaman atau pengajuan kredit berupa KKB, KPR, dan KTA bisa berjalan dengan lancar.

Namun, ternyata tidak semudah itu. Proses pengecekan BI Checking bisa dibilang cukup lama dan hasil akhirnya pun belum tentu dipastikan lolos semuanya. Untuk mengatasi hal tersebut, setidaknya kamu harus mengetahui bagaimana cara cek BI Checking secara online di HP Android yang kamu miliki.

Dan di artikel kali ini, Sabineblog.com akan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar "Bisakah cek BI Checking online?", maka jawabannya sudah pasti bisa. Nggak percaya? Langsung saja scroll penjelasannya di bawah ini!

Cara Membersihkan BI Checking Online Agar Lolos Pinjaman

cara cek bi checking di hp android

Sebelum mengetahui bagaimana cara cek BI Checking online di HP, alangkah lebih baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara membersihkan BI Checking online agar lolos pengajuan kredit.

Hal pertama yang harus diingat terhadap pemberlakuan aturan adalah jika skor BI Checking yang kamu miliki bernilai 3, 4, dan 5, maka sudah dipastikan tidak akan ada bank atau lembaga keuangan lainnya yang berani memberikan pengajuan kredit kepadamu.

Tanpa basa-basi lagi, langsung saja intip bagaimana cara membersihkan riwayat kredit agar skor BI Checking yang kamu miliki layak untuk disetujui.

Langkah 1:
• Akses informasi debitur (di tahap ini, kamu bisa mengunjungi kantor OJK untuk meminta informasi debitur).

Langkah 2:
• Jika masih terdapat tunggakan dan skor kredit yang kamu miliki berada di angka 2, maka segeralah lakukan pelunasan tunggakan. Sementara jika skormu berada di angka 3 ke atas, itu artinya kamu harus melunasi pinjaman yang sebelumnya telah dilakukan. Segala bentuk pelunasan pinjaman dalam rentang waktu 3 bulan dengan perlahan akan memperbaiki skor kredit yang kamu miliki.

Cara Cek BI Checking Secara Online Lewat Situs SLIK OJK

cara cek bi checking di hp android

Selain lebih mudah diakses secara online, SLIK OJK sendiri memiliki beberapa kelebihan lain yaitu tidak sebatas sesama bank saja, akan tetapi juga sampai kepada lembaga keuangan non-bank sampai pengadilan. Di samping itu, data yang masuk ke SLIK juga lebih real dan terperinci dalam mencatat data utilitas.

Dan untuk memudahkan hal tersebut, berikut di bawah ini penjelasan mengenai langkah-langkah cek BI Checking secara online melalui SLIK OJK.

Langkah 1:

  • Pertama, pergi ke web browser yang ada di ponselmu dan kunjungi situs www.ojk.go.id.

Langkah 2:

  • Pilih kolom 'Perbankan', lalu ketuk opsi 'Permintaan IDI Historis'.

Langkah 3:

  • Selanjutnya, kamu akan mendapatkan page baru yang berisikan tentang Permintaan IDI Historis.

Langkah 4:

  • Gulir ke bagian bawah halaman dan temukan opsi 'Mengisi Formulir yang Disediakan'. Jika sudah, langsung klik 'Formulir'.

Langkah 5:

  • Kemudian, kamu akan mendapatkan halaman baru yang berisi tentang form dengan judul "Biro Informasi Kredit".

Langkah 6:

  • Isilah seluruh form yang sudah disediakan dengan data yang kamu miliki sebenarnya. Jika sudah diisi langsung saja klik menu 'Kirim Form'.

Nah, sampai di sini kamu sudah berhasil melakukan cara cek BI Checking secara online. Langkah yang selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu hasilnya yang nantinya dikirim lewat email yang sebelumnya telah kamu cantumkan di bagian form yang kamu isi. Selamat mencoba.