Tips Mengatasi Hp Mati Sendiri Sesuai Penyebabnya

Handphone sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting hampir bagi tiap orang. Selain untuk komunikasi, handphone juga seringkali dimanfaatkan sebagai media hiburan yang mudah untuk diakses. Masing-masing handphone memiliki ketahanan sendiri-sendiri. Selain dari kualitasnya, ketahanan handphone juga bergantung dari bagaimana penggunaannya sehari-hari. Kendala yang sering muncul adalah hp mati sendiri. Lalu bagaimana cara atau tips mengatasi hp mati sendiri?

 

 

Jika dibandingkan dengan contoh kasus pada komputer, saat mengakses internet tiba-tiba mati. Maka hal ini bisa jadi karena faktor suhu yang ada di lingkungan ataupun faktor kinerja dari hardware komputer yang tidak pernah mati. Hal ini bisa juga terjadai pada handphone. Ketahui dulu apa penyebabnya barulah bisa mengatasi masalah tersebut.

6 Tips Mengatasi Hp Mati Sendiri

1. Jumlah Aplikasi yang Berlebihan

Banyaknya aplikasi di dalam smarthpone atau ponsel Anda tentu memiliki dampak pada ketahanan handphone. Jika terlalu banyak maka tidak baik untuk ruang penyimpanan handphone Anda. Ketika aplikasi dalam hp terlalu banyak maka yang terjadi adalah mati sendiri. Contohnya seperti saat membuka aplikasi tertentu, maka aplikasi tersebut akan berhenti dan hp mati. Masalah seperti ini menunjukkan adanya kendala pada ROM. Anda bisa mengatasinya dengan menguninstall aplikasi yang tidak digunakan.

Lazada Flash Sale hemat 99%

2. Adanya Virus pada Perangkat

Kerusakan pada perangkat elektronik bisa disebabkan karena adanya virus di dalam hp. Terutama ketika Anda sering mengakses website di internet maka bisa jadi ada virus tersembunyi yang tidak disadari masuk ke dalam perangkat Anda. Virus pada bisa juga masuk dari file-file yang Anda downlod dan berasal dari sumber yang tidak jelas. Virus bisa merusak sistem operasi pada hp dan salah satu tandanya adalah keadaan mati sendiri. Tips mengatasi hp mati sendiri adalah dengan scan menggunakan antivirus dan berhenti mengakses website yang tidak jelas.

3. Terdapat Banyak Cache

Saat menjalankan aplikasi, hp akan melakukan penyimpanan cache yang ada pada aplikasi tersebut. jika cache yang tersimpan cukup banyak di dalam sistem maka berdampak tidak baik. Hp menjadi sering mati dan membuatnya bekerja lebih keras. Anda bisa mengatasinya dengan menghapus cache yang ada dengan mengakses pengaturan, media penyimpanan cari pilihan bersihkan cache.

4. Error pada Perangkat Lunak

Kerusakan yang terjadi para perangkat lunak bisa karena sistem yang sudah kadaluarsa atau aplikasi yang butuh pembaruan. Hal seperti ini bisa menjadi penyebab hp mati sendiri. Error para perangkat lunak juga ditandai dengan adanya pemberitahuan misalnya saja seperti force close dan menyebabkan sistem berhenti bekerja. Tips mengatasi hp mati sendiri karena penyebab ini adalah dengan memperbarui sistem atau aplikasi jika diperlukan.

5. Overheat

Overheat atau kondisi panas pada ponsel juga bisa terjadi karena terlalu sering menggunakan handphone. Aktivitas seperti bermain game secara terus menerus menyebabkan hanpdhone panas yang berasal dari baterai. Untuk handphone generasi lama dimana processor belum sebaik sekarang sering mengalami hal ini. Tips mengatasi hp mati sendiri karena penyebab ini adalah dengan membiasakan penggunaan handphone secara normal.

6. Status Baterai yang Error

Penyebab lain dari hp yang mati tiba-tiba adalah karena status baterai yang error. Lakukan pengecekan dan perbaikan dari status baterai Anda. Caranya adalah dengan mendownload aplikasi kalibrasidi google playstore. Fungsinya adalah untuk memperbaiki status baterai hp yang error dan menjadikannya lebih maksimal.

Untuk tahu bagaimana tips mengatasi hp mati sendiri adalah dengan mendeteksi penyebabnya. Setelah itu, Anda bisa memilih langkah mana yang cepat dan tepat untuk memperbaikinya. Hindari menggunakan handphone berlebihan dan segera lakukan perbaikan jika tanda kerusakan tersebut makin parah.

best seller lazada
About Author: