Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memaksimalkan Kamera Smartphone untuk PJJ

pembelajaran jarak jauh
images from : jpnn.com

Pembelajaran jarak jauh sebuah hal baru yang mulai dibiasakan ditengah pandemi yang belum usai. Terlebih kebutuhan tiap siswa terhadap pendidikan tak boleh diabaikan. Sehingga meski tidak memungkinkan untuk tatap muka dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, namun alternatif lain yang dimunculkan adalah
pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan sistem daring. Dari sinilah alasan mengapa saat ini smartphone menjadi kebutuhan penting untuk para siswa. Terkadang mereka mengirim dan menerima tugas melalui smartphone dengan bentuk video. Bagaimana tips memaksimalkan kamera smartphone untuk PJJ?

Kebanyakan smartphone saat ini dilengkapi dengan kamera yang mumpuni untuk merekam aktivitas siswa dalam bentuk video. Sehingga fitur ini tentu membuat kita lebih menghemat uang daripada membei video camcorder yang harganya lebih mahal. Hanya saja ada beberapa hal yang musti diperhatikan jika ingin hasil video menjadi lebih maksimal.

4 Tips Memaksimalkan Kamera Smartphone untuk PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh)

1. Gunakan Fitur Penstabil Gambar

Fitur penstabil gambar memang tidak dimiliki semua smartphone. Namun jika di smartphone Anda sudah tersedia maka bisa dimaksimalkan. Fitur ini nantinya berfungsi untuk membantu pengambilan gambar lebih stabil meski siswa cukup atraktif. Ada juga yang dilengkapi dengan kombinasi kecerdasan buatan atau disebut artificial intelligence dan juga sensor yang ada disana seperti gyroscope. Jika smartphone Anda memiliki fitur menarik seperti ini maka bisa dimanfaatkan dengan baik agar hasil rekaman video terlihat bagus.

2. Menggunakan Tripod

Terkadang dalam membuat video akan terkendala objek anak-anak yang selalu bergerak atraktif. Hal ini yang menjadikan video bergoyang dan gambar menjadi jelek. Agar lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan tripod supaya hasil video menjadi lebih stabil. Karena jika menggunakan tangan saja dikhawatirkan banyak gerakan dari tangan kita sendiri. Sediakan tripod yang berukuran standard dan tidak terlalu besar. Tripod yang diperuntukkan untuk smartphone. Perekaman aktivitas anak saat belajar menggunakan tripod akan lebih memudahkan Anda.

3. Maksimalkan Fitur

Tips memaksimalkan kamera smartphone untuk PJJ berikutnya adalah menggunakan semua fitur yang dimiliki. Smartphone modern seringkali dilengkapi dengan fitur lengkap terutama di bagian kamera. Apalagi saat ini kecanggihan kamera memang menajdi alasan utama mengaapa orang tertarik untuk membeli smartphone tersebut. gunakan fitur background yang terlihat blur atau bokeh. Dengan fitur ini, Anda bisa melakukan isolasi objek sementara yang menjadi latar belakang gambar. Efeknya adalah blur atau lebih fokus pada objek uama. Jika smartphone Anda memiliki isolasi warna, gunakan juga untuk video dengan hasil yang optimal.

4. Atur Resolusi

Mengatur resolusi tertinggi merupakan tips memaksimalkan kamera smartphone untuk PJJ paling mudah. Sebab jika tugas dikirim dalam bentuk file video maka sebaiknya Anda memberikan resolusi yang tinggi. Kemampuan kamera dalam menangkan video atau gambar menggunakan resolusi tinggi akan membuatnya terlihat lebih jelas, jernih dan tajam. Pembuatan video sebagai tugas sekolah akan terlihat lebih menarik.

Meski tidak semua smartphone memiliki fitur secanggih apa yang disebutkan tadi, namun tips memaksimalkan kamera smartphone untuk PJJ yang paling sederhana bisa Anda lakukan. Yakni gunakan tripod agar hasil perekaman video atau pengambilan gambar menjadi lebih maksimal. Hasil gambar terlihat lebih bagus.

Beberapa tips memaksimalkan kamera smartphone untuk PJJ ini akan membantu Anda dalam menghasilkan tugas-tugas sekolah dengan hasil memuaskan. Perekaman video, pengambilan gambar akan lebih mudah. Cermati apa saja fitur yang ada di dalam smartphone Anda dan maksimalkan ketahui kegunaannya. Perekaman video atau pengambilan gambar dalam memenuhi tugas sekolah akan lebih menarik.