Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spesifikasi dan Harga Redmi 9A, Raja Smartphone Entry-Level Paling Murah & Berkelas

 

spesifikasi xiaomi redmi 9a


Xiaomi Redmi 9A, smartphone kelas entry-level yang dikeluarkan Xiaomi telat pada bulan Agustus 2020. Seperti biasanya, Xiaomi memang tidak pernah bosan-bosannya menggencar pasar smartphone low budget. Jangan tanya mengapa, karena selain agar mendapatkan sambutan baik dari seluruh masyarakat di dunia, akan tetapi Xiaomi senantiasa berambisi untuk menguasai seluruh pasar smartphone, mulai dari entry-level hingga flagship.

Dipasarkan dengan harga yang sangat terjangkau bukan berarti ditenagai dengan teknologi seadanya. Xiaomi sebagai salah satu brand smartphone di Indonesia selalu berusaha menyuguhkan teknologi mutakhirnya pada setiap smartphone besutannya. Sebab bagi mereka harga yang murah bukanlah sebuah kelebihan jika tidak dibarengi dengan spesifikasi maksimal pada setiap produk buatannya.

Hal ini juga terjadi pada Redmi 9A yang berhasil mendapat julukan sebagai 'Raja smartphone entry-level' dikarenakan harga terjangkau dan spesifikasi lengkap yang diusungnya. Terbukti pada saat awal perilisannya, Redmi 9A ludes dalam waktu sekejap. Sambutan yang sangat baik ini tentu saja membuat Xiaomi semakin bergairah untuk terus menciptakan smartphone di berbagai kelas.

Nah, daripada kamu penasaran seperti apa saja spesifikasi dan harga Redmi 9A yang beberapa bulan lalu sempat menjadi perbincangan hangat banyak orang, yuk, simak saja langsung penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Spesifikasi Redmi 9A

spesifikasi xiaomi redmi 9a


1. Desain lebih powerful dari seri sebelumnya

desain redmi 9a

Berbeda dengan seri sebelumnya yakni Redmi 8A, pada Redmi 9A ini Xiaomi mengemasnya dengan tampilan yang lebih segar dan powerful. Terbukti dari tiga varian warna yang terlihat lebih menarik yaitu Sky Blue, Granite Gray, dan Peacock Green. Warna-warna tersebut memiliki efek glossy nya masing-masing yang membuat banyak orang jatuh hati pada smartphone yang satu ini.

Jika dilihat dari samping, Redmi 9A memiliki desain yang sedikit lebih tipis dan besar daripada Redmi 8A. Sementara untuk dimensinya memiliki ukuran 164,9 x 77,07 x 9 mm dengan berat ponsel 196 gram. Jangan khawatir, dengan ukuran dan berat yang dimilikinya, smartphone besutan Xiaomi ini masih sangat solid dan bersahabat di tangan.

2. Performa layar standar

performa hp redmi 9a

Untuk performa layar yang dimiliki Redmi 9A ini bisa dibilang cukup standar dan tidak terlalu mewah ataupun terlalu norak. Di mana pada bagian layar, Redmi 9A memiliki layar yang cukup besar meskipun terdapat poni di bagian depan ponsel yang memiliki fungsi sebagai tempat kamera depan.

Selain itu, Redmi 9A juga dikemas dengan layar berukuran 6,53 inci berpanel LCD IPS dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel. Meskipun tidak secanggih tipe layar smartphone lainnya, akan tetapi smartphone ini masih sangat memungkinkan untuk bisa menghasilkan gambar terbaik dan nyaman saat dilihat.

Jika dilihat-lihat untuk ukuran smartphone entry-level, Redmi 9A tentu jelas berani beradu saing dengan smartphone entry-level lainnya. Apalagi smartphone besutan Xiaomi ini juga telah dilengkapi sertifikasi perlindungan cahaya biru yang nantinya dapat melindungi mata para penggunanya dari sinar radiasi buruk dan tentunya memberikan pengalaman terbaik meski ponsel digunakan dalam ritme waktu yang cukup lama.

3. Performa kamera maksimal

spesifikasi kamera redmi 9a

Beralih ke sektor kamera yang tidak kalah unik dan menarik. Ya, Redmi 9A merupakan smartphone entry-level dengan kemampuan kamera cukup mumpuni. Lebih lengkapnya Redmi 9A ini hadir dengan total 2 kamera, di mana masing-masing kamera berada satu di bagian depan dan satunya lagi di bagian belakang ponsel.

Pada kamera depan memiliki resolusi 5MP f/2.2 yang sudah dilengkapi dengan fitur HDR, Beauty, hingga portait selfie yang memanfaatkan teknologi AI. Sudut pandang kamera depannya ini jika dilihat cukup lebar dan memiliki kemampuan untuk mendeteksi telapak tangan serta mengaktifkan fitur timer.

Sementara untuk kamera belakangnya memiliki resolusi 13MP f/2.2 yang sudah didukung oleh PDAF. Pada kamera belakangnya ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi HDR, Ai beauty, Portait AI, dan beberapa fitur lainnya sebagai penunjang untuk mendapatkan hasil jepretan yang maksimal. Jika dinilai secara keseluruhan, performa kamera yang dimiliki Redmi 9A ini lebih dari cukup untuk ukuran smartphone entry-level.

4. Software & Hardware Redmi 9A

hardware redmi 9a

Untuk semakin mendukung performa ponsel agar canggih di berbagai sisi, Xiaomi menopang Redmi 9A dengan teknologi chipset terbaru besutan dari MediaTek, yakni MediaTek Helio G25 yang memiliki CPU octa-core dengan clockspeed tertinggi berukuran 2.0GHz serta GPU PowerVR GE8320 640MHz yang bertujuan sebagai pengolah grafisnya.

Teknologi chipset ini memang sengaja dirancang untuk smartphone kelas entry-level agar mampu memenuhi kebutuhan mobile penggunanya. Tidak hanya itu, chipcet ini pun sudah dibuat dengan fabrikasi 12 nm, sehingga memiliki tingkat efisiensi daya yang cukup baik.

Sedangkan untuk software yang dimiliki oleh Redmi 9A ini sudah mampu menjalankan sistem operasi Android 10 yang digabungkan dengan antarmuka terbaru yaitu MIUI 12. Perlu diketahui, MIUI 12 ini merupakan antarmuka terbaru yang telah dioptimasi oleh pihak Xiaomi agar bisa mengoptimalkan kinerja perangkat yang lebih baik. MIUI 12 juga hadir dengan beberapa fitur-fitur canggih dan peningkatan pada fitur yang sudah ada.

5. Kapasitas baterai sangat besar

kapasitas baterai redmi 9a

Nah, untuk daya tahan baterai, Redmi 9A dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh. Seperti yang kita ketahui bahwa kapasitas baterai dengan ukuran seperti ini merupakan kapasitas yang paling banyak diburu dan diminati banyak orang. Apalagi untuk menunjang penggunaan mobile dengan tingkat mobilitas tinggi, tentu saja kapasitas baterai seperti ini sangat dicari.

Pada saat peluncurannya, Xiaomi mengklaim bahwa Redmi 9A dapat bertahan hingga 34 hari untuk waktu siaga, 168 jam untuk musik, 38 jam untuk telponan, serta 19 jam untuk melakukan kegiatan menonton video. Di samping itu, baterai Redmi 9A memiliki jumlah siklus pengisian daya sampai 100, artinya bahwa smartphone bisa digunakan setiap hari dengan rentang waktu selama lebih dari 2,5 tahun tanpa penurunan pada perubahan baterai.

Harga Redmi 9A

harga redmi 9a

Nah, sampai di penjelasan mengenai harga Redmi 9A di Indonesia. Untuk varian RAM 2GB/32GB dibanderol dengan harga Rp1,2 jutaan, sementara untuk varian RAM 3GB/32GB dibanderol dengan harga Rp1,3 jutaan.

Harganya yang sangat terjangkau ini pasti membuat siapa pun berdecak kagum dan mengakui bahwa Redmi 9A merupakan smartphone yang tidak mengandalkan harga sebagai kelebihan utama, melainkan juga dengan spesifikasi unggul yang dibawanya.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9A

kelebihan dan kekurangan redmi 9a

Kelebihan Redmi 9A

kelebihan redmi 9a


1. Daya tahan baterai yang mumpuni dengan baterai berkapasitas besar yakni 5.000 mAh.
2. Didukung dengan sistem keamanan baru yakni fitur Face Recognition atau pendeteksi wajah.
3. Memiliki slot microSD, sehingga penyimpanan ponsel dapat diperluas tanpa mengganggu slot SIM.
4. Hadir dengan layar yang cukup lebar 6,53 inci.
5. Redmi 9A ditenagai sistem UI atau antarmuka terbaru yakni MIUI 12 yang memiliki berbagai fitur canggih didalamnya.

Kekurangan Redmi 9A

kekurangan redmi 9a

1. Kapasitas RAM & ROM terbilang kecil untuk ukuran smartphone saat ini.

2. Tidak terdapat fitur fast charging, di mana seperti yang diketahui bahwa hal ini sangat diperlukan untuk mengisi daya agar proses pengisian dilakukan lebih cepat.
3. Teknologi chipset yang diusung dinilai kurang mumpuni untuk bisa digunakan bermain game berat.
4. Belum memiliki proteksi layar seperti Corning Gorilla Glass yang dapat melindungi layar dari segala bentuk goresan dan benturan.
5. Tidak terdapat sensor sidik jari, rasanya aneh jika ponsel saat ini tidak memiliki sensor sidik jari.

Nah, itu dia penjelasan mengenai harga dan spesifikasi Redmi 9A yang murah dan cocok untuk kamu yang mungkin sedang mencari smartphone dengan harga yang sangat terjangkau dan juga memiliki spesifikasi cukup mumpuni.

Cari Artikel