Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melacak HP Hilang Dalam Keadaan Mati

Kehilangan HP bisa jadi momen paling buruk bagi beberapa orang. Tak sekedar nilai nya yang jutaan, namun berbagai data penting seperti foto, video yang sangat disayangkan jika hilang. Namun di era serba teknologi, ada beberapa cara melacak HP hilang dalam keadaan mati

cara melacak hp hilang dalam keadaan mati

Mulai dari user Android dan juga iPhone, berikut langkah yang bisa Anda lakukan. 

1. Google Find My Device

cara melacak hp hilang dalam keadaan mati google find my device

Jika Anda tim smartphone Android, pastinya aplikasi bawaan Google Find My Device ada di ponsel pintarmu. Cara kerja aplikasi ini yakni dengan melacak lokasi secara real-time. 

Lalu ketika Google Find My Device dibuka, secara otomatis akan menampilkan dimana lokasi terakhir hp mu berada. 

Selanjutnya, lakukan navigasi menuju ponsel yang hilang. Tak hanya itu, menghapus bahkan mengunci perangkat pun bisa dilakukan, namun bila sudah tersambung ya!

2. Melacak Menggunakan Email

gmail

Cara melacak hp hilang dalam keadaan mati total melalui email menjadi langkah yang kerap dipilih oleh kebanyakan orang. Cara melacak HP hilang dengan email bisa dibilang dapat dilakukan dengan cara yang mudah.

Seperti yang kita tahu, Google sudah menciptakan Sistem Operasi Android, dengan cara login email untuk masuk ke Play Store nya. Dengan email tersebut, maka akan lebih mudah untuk melacak ponsel yang hilang.

3. Find My iPhone

cara melacak hp hilang dalam keadaan mati find my iphone

Dengan harga yang cukup mahal, ponsel bermerek iPhone ini jauh lebih rentan kehilangan. Itu mengapa aplikasi canggih ini menjadi solusi paling tepat bagi pengguna iPhone. Tak perlu khawatir, fiturnya sendiri bisa digunakan untuk iOS 8 keatas.

Di dalam aplikasinya, ada tiga mode khusus seperti Lost Mode untuk pencurian, Play Sound untuk jarak dekat, dan Erase iPhone untuk menghapus seluruh data internal, misalnya transaksi Apple Pay. 

Tak cukup sampai disini, Find My iPhone pun langsung terhubung dengan iCloud, dimana mampu meminimalisir kebocoran data.

4. Gunakan Google Maps

google maps

Selain email, fitur android juga iPhone, Anda dapat fokus pada cara melacak hp hilang dalam keadaan mati dengan google maps. Langkahnya pun cukup mudah, dimulai dengan membuka aplikasi tersebut lalu klik tombol garis tiga pada pojok kiri atas. 

Setelahnya, klik ikon segitiga kecil di pojok kanan, lalu tekan add account. Lanjut masukkan email ponselmu yang hilang dan klik next. Belum selesai, masukkan kata sandi dan setujui. 

Sebagai closing, kembali tekan tombol segitiga kecil di pojok kanan dan pilih your timeline. Sekarang Anda sudah bisa tenang, karena fitur tersebut sedang melacak HP yang hilang.

5. Family Locator

Jika aplikasi yang sudah disebutkan diatas hanya untuk satu hp yang hilang, berbeda dengan Family Locator. Ya, aplikasi pintar ini dapat melacak sekaligus hp yang hilang dalam jumlah banyak. 

Bila hal ini terjadi, segera lacak menggunakan aplikasi ini. Dimana Family Locator akan mendeteksi posisi hp menggunakan fitur GPS yang akurasinya sangat tepat. 

6. Phone Tracker By Number

Cara melacak hp yang hilang dengan nomor hp bisa menggunakan PHone Tracker By Number. Nah dibanding yang lain, aplikasi ini hanya menggunakan nomor hp dalam proses pendaftarannya. 

Cara kerjanya sangat sederhana, yakni melacak dengan nomor yang sudah teregistrasi dengan baik. Namun dibantu pula dengan GPS agar proses pencarian lebih tepat dan cepat.

7. Google ADM

Anda pengguna Android, manfaatkan aplikasi gratis berupa Google ADM untuk menemukan ponsel yang hilang. Cara deteksinya sendiri sangatlah mudah, yakni dengan mengaktifkan GPS pada Hp tujuan.

Ya, meski zaman now serba mudah termasuk cara melacak HP hilang dalam keadaan mati, namun sebaiknya Anda tetap waspada dan selalu berhati-hati. Jadi hal tak mengenakan seperti ini tak akan terjadi. Sekian, semoga bermanfaat!