Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo, Mudah dan Works!

Setiap orang berhak untuk memiliki privasi dalam kehidupannya. Termasuk, merahasiakan aplikasi-aplikasi yang dipasangnya di HP Oppo milik pribadi. Maka pengetahuan mengenai cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo akan sangat bermanfaat jika dimiliki.

cara menyembunyikan aplikasi di hp oppo

Selama bukan dalam rangka mengubur kejahatan atau tindakan tercela, kamu bisa mencoba cara-cara yang akan kami sajikan dalam artikel ini. Lantas, bagaimana menyembunyikan aplikasi di HP Oppo? Silahkan ikuti  2 buah caranya ini.

Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan Fitur Bawaan

Cara pertama ini bisa dilakukan tanpa memasang tambahan aplikasi yang menambah ruang di memori ponsel kamu. Dengan memanfaatkan menu yang sudah ada di HP Oppo kamu, kebutuhan soal privasi ini bisa terpenuhi. Menu yang digunakan cukup menu pengaturan saja.

Ikuti langkah berikut ini untuk mencobanya!

1. Nyalakan HP Oppo 

Pastikan HP dalam mode on dan ada baterainya ya!

2. Masuk ke Menu Pengaturan

Sudah tahukan menu ini? Jika pengaturan yang digunakan HP kamu berbahasa Inggris, cari menu setting.

3. Masuk ke Fitur Keamanan

Ada banyak pilihan submenu di menu pengaturan. kamu scroll untuk mencari menu keamanan atau security. Masuk ke menu ini.

4. Pilih Enkripsi Aplikasi

Kemudian, kamu bisa pilih enkripsi aplikasi. Nantinya ada kode atau password privasi yang perlu kamu isi atau buat. Pastikan jangan sampai lupa.

5. Pilih Aplikasi yang akan Disembunyikan

Setelah itu, kamu akan diminta memilih aplikasi yang mau disembunyikan dan verifikasi kata sandi. Selanjutnya, kamu bisa mengaktifkan penyembunyian aplikasi dengan memilih opsi sembunyikan ikon layar depan.

6. Membuat Nomor Akses

Terakhir, kamu akan diminta membuat nomor akses yang nantinya menjadi cara menampilkan aplikasi tersembunyi di HP Oppo. Untuk mengakses aplikasi tersembunyi, nanti nomor inilah yang perlu kalian tekan di HP.

Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan Aplikasi Launcher

Cara yang kedua ini adalah jawaban dari bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di HP manapun. Bisa dicoba untuk segala jenis HP. Hal ini karena dalam prosesnya, dijalankan oleh aplikasi tambahan yang perlu diunduh lebih dulu.

Berikut langkah yang bisa diikuti!

1. Instal Microsoft Launcher

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan. Namun, kami rekomendasikan aplikasi ini. kamu tinggal cari di Playstore lalu lakukan proses instalasi hingga tuntas.

2. Aktifkan Mode Penyembunyian

Bila sudah terpasang, kamu bisa masuk ke menu utama HP kamu. Pada posisi ini, kamu bisa ketuk menu dengan ikon titik tiga yang letaknya ada di bagian kanan atas HP kamu.

Setelah itu, akan muncul opsi hide apps yang perlu kamu pilih. Nantinya, kamu akan diminta untuk memilih langsung aplikasi-aplikasi yang ingin disembunyikan.

Jika kamu ingin menampilkannya kembali, maka caranya hampir mirip. kamu bisa ketuk ikon titik tiga lagi, lalu pilih opsi unhide. Selanjutnya, aplikasi yang tersembunyi bisa muncul lagi dengan normal.

Hampir semua tipe HP Oppo bisa menggunakan cara-cara di atas. Baik untuk level yang paling murah hingga yang paling mahal sekalipun. kamu hanya perlu menjalankan step by step yang kami berikan dengan benar untuk mengaktifkan fitur penyembunyian aplikasi ini.

Terakhir, cara yang kami sajikan di atas tentu saja perlu kamu gunakan dengan bijak ya. Jangan sampai digunakan untuk mengelabui orang lain dari hal-hal yang merugikan mereka. 

Meskipun dalam teknologi selalu ada celah untuk penyalahgunaan, namun memanfaatkannya dengan baik adalah usaha yang harus dilakukan. Semoga cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo ini bermanfaat ya!