Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Siaran Langsung di Tiktok dengan Mudah

TikTok merupakan platform video gratis yang sudah diunduh sebanyak lebih dari 2 milyar kali sejak pertama kali diluncurkan. Kini, aplikasi tersebut terus menambahkan fitur-fitur terbaru termasuk live streaming. Namun, belum banyak yang mengetahui cara siaran langsung di TikTok.

cara siaran langsung di tiktok

Hal ini karena fitur live streaming ini masih tergolong baru. Selain itu, juga tidak semua pengguna dapat melakukan live streaming. Sebelum mengetahui caranya, maka ketahui terlebih dahulu apa saja syarat agar bisa live di TikTok berikut ini.

Syarat Untuk Siarang Langsung di TikTok

Sama seperti platform besar lainnya, TikTok pun mulai menambahkan fitur live streaming untuk para penggunanya. Sayangnya, masih terdapat pembatasan bagi pengguna sehingga belum semuanya mendapatkan fitur ini. Berikut ini syarat live di TikTok yang harus Anda ketahui. 

  1. Jumlah followers minimal adalah 1.000 pengguna. Namun, terdapat tanggapan bahwa jumlah tersebut akan berbeda di setiap negara. Akan tetapi, pastikan bahwa pengikut Anda sudah mencapai 1.000 orang.
  2. Fitur Go Live masih dalam tahap uji coba sehingga belum semua negara mendapatkan fitur ini. Apabila pengikut Anda sudah lebih dari 1.000 tapi belum bisa menggunakannya berarti memang fitur ini belum tersedia. 
  3. Fitur live streaming di TikTok ini terus melakukan pembaharuan. Sehingga ada banyak kata yang dilarang untuk judul live streaming. 
  4. Fitur Go Live tidak akan tersedia apabila Anda sedang melakukan live streaming secara sekaligus di aplikasi lainnya. 
  5. Untuk bisa menggunakan fiturnya maka harus menggunakan aplikasi versi terbaru. 

Cara Melakukan Live Streaming TikTok

Jika sudah mengetahui syarat-syaratnya, maka Anda bisa langsung mencoba fitur TikTok live streaming di bawah ini. 

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi TikTok melalui playstore maupun app store pada smartphone Anda. Setelah itu, buatlah akun baru atau login pada akun yang sudah ada. 
  2. Pastikan Anda telah memenuhi syarat untuk bisa live streaming di TikTok. 
  3. Pada bagian bawah layar terdapat ikon plus (+) yang bisa Anda tekan untuk memulai streaming. 
  4. Setelah ikon (+) tersebut ditekan maka akan muncul pop up untuk mengisi judul live streaming Anda. Isi dengan judul yang menarik dan hindari kata-kata yang dilarang. Kata yang dilarang diantaranya follow, duet, bff, drama ratu, dan donasi. 
  5. Pastikan bahwa konten live maupun judul tidak mengandung SARA dan pornografi maupun hoax agar dapat ditayangkan. Apabila melanggar ketentuan tersebut maka siaran langsung akan diblokir oleh TikTok.
  6. Jika sudah menambahkan judul yang sesuai, maka Anda bisa langsung menekan tombol Go Live. Lalu, lakukan siaran langsung di TikTok untuk berinteraksi dengan followers Anda. 

Cara live di TikTok 2020 tersebut bisa digunakan oleh semua pengguna yang telah memenuhi syarat. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa live streaming ini bisa dilakukan oleh semua pengguna. Untuk memastikannya, Anda bisa mengecek secara langsung pada aplikasi TikTok di smartphone. 

Apabila terdapat tanda (+) pada layar artinya Anda bisa melakukan siaran langsung. Namun, jika belum ada artinya fitur tersebut belum tersedia atau Anda belum memenuhi syarat untuk bisa melakukan live streaming.

Sekarang, Anda bisa langsung mencoba cara siaran langsung di tiktok tersebut. Apabila fitur tersebut belum tersedia maka harus menunggu terlebih dahulu. Mengingat fitur Go Live ini masih dalam masa percobaan dan belum semua pengguna bisa mengaksesnya.

Cari Artikel