Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Upload Podcast di Spotify Android & iOS Menggunakan Anchor

Di era yang serba digital, segala bentuk marketing dari berbagai latar belakang dituntut untuk sebisa mungkin mengusung konsep digital marketing. Hal ini tentu bukan untuk orang lain, akan tetapi untuk kemajuan dan kesejahteraan bisnisnya sendiri untuk bisa bersaing di zaman yang apa pun itu bentuk visual dan audio adalah hal utama.

cara upload podcast di spotify

Salah satunya yang saat ini tengah menjadi perbincangan hangat, yakni Spotify podcast. Untuk menjadi seorang podcaster di Spotify, terlebih dahulu kamu harus tahu bagaimana membuat podcast yang layak untuk didengarkan. Sehingga menarik minat banyak orang untuk mendengarkannya.

Untuk itu, di artikel kali ini Sabineblog.com akan mengupas tuntas bagaimana cara membuat podcast di Spotify di Android via Anchor yang akan membantumu menciptakan podcast terbaik dengan berbagai polesan menarik.

Apa Itu Anchor Spotify?

cara upload podcast di spotify

Sebelum menginjak ke bagaimana langkah-langkah membuat podcast Spotify lewat Anchor, kamu harus tahu dulu apa sih sebenarnya Anchor Spotify itu?

Nah, langsung saja, Anchor adalah agregator podcast yang sering kali dimanfaatkan banyak orang untuk bisa mengupload podcast dan tindak lanjutnya adalah menyalurkannya ke berbagai platform streaming seperti Spotify, Apple Podcast, dan Google Podcast.

Upload Podcast ke Spotify via Anchor

cara upload podcast di spotify

Perlu diketahui, Anchor hadir dengan berbagai keunggulan yang dibawanya. Untuk kamu yang berniat membuat podcast tetapi tidak mau ribet dengan menyiapkan alat yang memadai, kamu bisa memanfaatkan Anchor sebagai solusi terbaik untuk menyiarkan suaramu secara cepat.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, berikut di bawah ini caranya:

Langkah 1:

• Pertama, pastikan terlebih dahulu kamu sudah men-download serta menginstal Anchor di Play Store ataupun App Store.

Langkah 2:

Jika sudah, lakukan proses registrasi akun dengan menekan menu 'Sign Up' menggunakan akun Facebook, Twitter, Google, dan Apple.

Langkah 3:

• Selanjutnya, lakukan setting untuk podcast yang akan kamu buat. Jangan lupa, isi bagian Podcast name, Podcast category, Podcast description, dan language.

Sampai di tahap ini, jika kamu mengalami kesulitan atau bingung harus mengisi sesuatu apa di bagian deskripsi podcast, alangkah lebih baiknya isi dengan 3 hal berikut ini:

1) Cantumkan peranmu di dalam podcast tersebut, apakah sebagai host atau produser. Dengan ini, pendengar bisa jauh lebih mengenali dan merasa akrab dengan suara di balik podcast yang akan kamu perkenalkan kepada mereka.

2) Tulis outline isi podcast dan siapa saja target pendengarnya.

3) Jangan lupa, sertakan juga alamat kontak maupun sosial media yang kamu miliki agar pendengar setia podcastmu dapat lebih mudah menjangkaumu.

Langkah 4:

• Jika telah selesai mengisi deskripsi podcast dengan lengkap, maka selanjutnya lakukan proses pembuatan Cover Art.

Di tahap ini kamu memiliki opsi sebebas-bebasnya untuk membuat Cover Art podcastmu. Bisa membuat Cover Art dengan mencari foto dari Anchor itu sendiri, menggunakan image terbaikmu untuk di-upload, atau bahkan dipilih secara random oleh Anchor.

Langkah 5:

Nah, setelah itu lakukan perekaman dengan mengetuk fitur 'Start recording now' di Anchor.

Langkah 6:

• Jika proses rekaman podcast telah selesai, kamu bisa langsung mempublish-nya ke Spotify. 

Langkah 7:

• Secara otomatis Anchor akan mendistribusikan podcast yang telah kamu publish ke berbagai layanan streaming podcast, salah satunya Spotify.

Sementara untuk melanjutkan episode selanjutnya dari podcastmu, kamu bisa menggunakan fitur Schedule untuk menjadwalkan kapan waktu publishnya lagi.

Nah, itu tadi penjelasan dari bagaimana cara membuat podcast di HP untuk di-upload ke Spotify dengan menggunakan aplikasi Anchor sebagai tools terbaik agar podcastmu jauh lebih tertata dan lebih enak didengar. Kamu juga bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk menjadi seorang podcaster terbaik.