Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengatasi Komputer Lemot Paling Praktis dan Terbukti

Sistem komputer yang ada PC atau laptop memang luar biasa canggih. Meskipun demikian, sebagai sebuah benda, pada titik tertentu tetap saja bisa punya persoalan seperti lemot. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara mengatasi komputer lemot.

cara mengatasi komputer lemot

Ketika hal ini terjadi, ada banyak cara yang sebetulnya bisa dilakukan. Dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks. Berikut ini beberapa cara mengatasi laptop ngelag, ngehang, dan berbagai perlambatan sistem lainnya.

Simak baik-baik!

1. Sortir Aplikasi yang Sudah Tidak Diperlukan

Harus kamu pahami, kemampuan komputer itu terbatas. Termasuk dalam menyimpan dan menjalankan berbagai aplikasi untuk membantu urusan kamu.

Maka dari itu,menyimpan aplikasi terlalu banyak bisa jadi potensi yang membuat kinerja dari komputer menurun. Dampaknya, penyakit lemot hinggap di dalamnya. Kegiatan kamu akhirnya jadi terganggu.

Nah, untuk itu kamu bisa coba sortir aplikasi berdasarkan prioritas penggunaan. Sebaiknya hapus aplikasi yang secara intensitas sudah jarang atau bahkan tak pernah lagi digunakan. Namun jika punya uang, kamu bisa sekalian ganti laptop yang speknya lebih tinggi.

2. Batasi Membuka Banyak Browser dalam Satu Waktu

Kegiatan berselancar di internet memang menyenangkan. Tapi, ini juga bisa jadi persoalan yang membuat kinerja laptop jadi lambat. 

Masalah mungkin muncul apabila kamu terlalu banyak membuka tab atau jendela browser dalam waktu yang sama. Pasalnya, kegiatan yang satu ini lumayan menguras kinerja RAM komputer kamu.

Oleh karena itu, jika kamu sedang browsing dan tiba-tiba lemot datang, coba tutup beberapa tab untuk dapatkan kinerja yang optimal lagi.

3. Lakukan Pembersihan dari Malware atau Virus

Salah satu penyebab komputer lemot parah adalah gangguan dari malware atau virus. Seringkali, keduanya datang tanpa disadari dari berbagai lini. 

Oleh karena itu, pastikan ada antivirus yang terpasang di komputer kamu. Jika budget belum ada, kamu bisa pasang dulu yang gratisan. Namun jika ada budget, sebaiknya beli langsung yang premium agar hasilnya lebih manjur.

Oh ya, sebelum memilih antivirus, sebaiknya pelajari karakter dan fitur setiap aplikasinya sebagai pembanding. Setiap antivirus punya kelebihan dan kekurangan tersendiri dan bisa disesuaikan dengan perilaku kamu menggunakan komputer.

4. Bersihkan atau Pindahkan File yang Sudah Tidak Digunakan

Dalam rentang waktu tertentu, sebaiknya kamu sediakan kesempatan untuk mengecek file-file yang ada dalam komputer. 

Coba kamu cari file-file yang sudah kurang atau tidak relevan lagi dengan pekerjaan kamu. Menumpuk file semacam ini, meski mungkin ukurannya kecil, namun jika jumlah banyak bisa membuat komputer jadi lambat.

Setelah menemukannya, kamu bisa menghapusnya atau memindahkannya ke perangkat lain yang kapasitasnya memorinya masih luas. Lebih bagus lagi jika kamu pindahkan ke hardisk external.

5. Meningkatkan RAM

Poin terakhir ini mungkin dapat disebut cara mengatasi laptop ngehang paling manjur. Tanpa menghapus file atau aplikasi apapun, kinerja sistem operasi di komputer akan tetap dalam kondisi prima.

Jika kamu punya rezeki, kamu bisa tingkatkan kapasitas RAM yang tertanam di perangkat kamu. Angka 1GB atau 2GB yang dimiliki laptop atau komputer kamu mungkin tak memadai untuk mendukung seluruh kegiatan kamu.

Dengan demikian, akan semakin banyak file dan aplikasi yang bisa disimpan. Tentu tanpa mengorbankan kebandelan aktivitas sistem operasinya.

Nah, demikianlah beberapa cara mengatasi komputer lemot yang bisa kamu terapkan. Buktikan sendiri efektifitasnya dengan mencobanya di perangkat masing-masing. Selamat mencoba!

Cari Artikel