Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini 5 Cara Mengetahui Harddisk Laptop Rusak, Kenali Segera!

Seperti yang kita ketahui bahwa hardisk merupakan komponen vital dan fundamental dalam sebuah perangkat komputer. Berfungsi untuk menyimpan berbagai data-data penting, ketergunaan harddisk sebaiknya dikontrol sesering mungkin untuk mengetahui apakah fungsinya masih berjalan normal atau malah sebaliknya.

cara mengetahui hardisk laptop rusak

Pentingnya data-data yang terekam dan tersimpan dalam harddisk membuat siapa pun harus lebih berhati-hati bilamana sewaktu-waktu harddisk tidak terbaca atau mengalami kerusakan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pertolongan pertama agar data-data penting bisa terselamatkan dengan baik.

Untuk menghindari segala kejadian buruk mengenai data-data penting beserta komponen lainnya di dalam komputer, alangkah lebih baiknya kamu menyimak artikel ini sampai habis karena di dalamnya akan membahas tuntas bagaimana cara mengetahui harddisk laptop rusak yang nantinya bisa langsung diatasi segera.

1. Laptop sering kali mati seketika

Salah satu ciri yang paling kentara dari rusaknya harddisk laptop adalah keadaan di mana laptop sering kali mengalami kejadian mati perangkat seketika. Orang-orang biasa menyebutnya hang atau not responding. Entah dengan kamu menekan tombol power lalu menahannya lumayan lama, tetap saja laptop tidak akan memberikan respon.

Perlu diketahui, bahwa saat mengalami kejadian ini, cakram yang berada di harddisk drive berputar lebih cepat menjadi 10.000 putaran per menitnya. Hal inilah yang menjadi ciri dan potensi sangat kuat bahwa harddisk mengalami kerusakan yang mungkin saja sudah sangat parah.

2. Kinerja laptop melambat

Alih-alih mati secara mendadak, harddisk yang mengalami kerusakan biasanya memberi kode melalui kinerja laptop yang mulai melambat. Kondisi ini bisa dibilang sebagai peringatan dini agar pengguna mengetahui dan mencari tahu letak permasalahan dan solusinya seperti apa.

Secara umum, kejadian buruk ini akan terlihat sangat jelas saat kamu hendak mengakses sistem guna membuka suatu program, menyimpan dokumen, maupun mencari file. Bahkan, di beberapa kasus terparah, perangkat akan mengalami keterlambatan komponen secara keseluruhan.

3. Data file tidak terbaca atau rusak

Jika kamu berniat untuk membuka data-data file yang ada di laptopmu dan di suatu waktu kamu mendapati bahwa sebagian data file tidak terbaca atau justru menghilang, maka kemungkinan terbesarnya adalah harddisk mengalami kerusakan.

Untuk melakukan pertolongan pertama, kamu bisa memperbaiki data dengan cara menjalankan program deteksi virus. Meskipun kemungkinan berhasilnya sangat minim, akan tetapi bisa saja data file yang ada di laptopmu dapat kembali terbaca.

4. Munculnya blue screen

Polemik yang paling menakutkan pada laptop adalah kondisi blue screen yang muncul secara tiba-tiba. Tidak terbantahkan bahwa jika kondisi terburuk ini menghampiri sebuah perangkat, maka perangkat tersebut mengalami kerusakan di beberapa komponennya. Salah satunta pada kerusakan harddisk.

Sesuai namanya blue screen, jika suatu hari kamu mendapati layar biru muncul secara berulang kali di laptopmu, maka solusi terbaiknya adalah menginstal ulang seluruh sistem operasi Windows pada laptop yang kamu miliki.

5. Muncul suara aneh dari dalam laptop

Kerusakan harddisk juga biasanya memberikan sinyal berupa munculnya suara-suara aneh dari dalam laptop. Perlu diketahui, bunyi-bunyi aneh tersebut biasanya berasal dari piringan yang bekerja untuk memproses write/read saat laptop dijalankan.

Bunyi aneh tersebut akan terdengar sangat nyaring. Beda hal nya dengan harddisk yang normal, saat dijalankan ia hanya menimbulkan bunyi halus sebagai tanda bahwa komponen perangkat sedang bekerja.

Untuk menghindari kejadian terburuk yang nantinya akan terjadi pada harddisk laptop sebaiknya ingat-ingat dan kenali beberapa tanda harddisk mengalami kerusakan seperti di atas agar kamu semakin cepat dan tanggap memberi penanganan pada harddisk laptopmu.