Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S7+

10 Kelebihan dan KekuranganSamsung Galaxy Tab S7+ – Samsung merupakan salah satu vendor HP yanng paling laris di Indonesia. Selain karena brand yang memang sudah terkenal, Samsung juga memiliki teknologi tingkat tinggi dan spesifikasi yang cukup unggul dibanding para pesaingnya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S7+


Salah satu series Samsung yang paling menyita perhatian adalah Samsung Galaxy Tab S7 dimana seri ini memiliki 2 series, yakni Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7+. Yang membuat series ini menjadi perhatian adalah label S pada perangkatnya, yang berarti bahwa ini adalah series tab terbaik yang dimiliki oleh Samsung.

Tapi, meskipun memiliki embel-embel terbaik, perangkat ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa saja kelebihan dan kekurangan tersebut? Berikut ulasannya lebih lengkap.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S7+

Sebelum mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab S7+, ada baiknya untuk mengetahui mengenai spesifikasi Samsung Galaxy Tab S7+. Berikut spesifikasi lengkapnya:

Umum

Jaringan: 2G, 3G, 4G, 5G

SIM Card: Nano-SIM

 Body

Dimensi:285 x 185 x 5.7 mm

Berat: 575 g

Layar

Jenis: Layar sentuh kapasitif Super AMOLED

Ukuran: 12,4 inci

Resolusi: 1752 x 2800 piksel, rasio 16:10 (~ 266 ppi)

Hardware

Chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865+ (7 nm+)

CPU: Octa-core (1x3.09 GHz Kryo 585 & 3x2.42 GHz Kryo 585 & 4x1.8 GHz Kryo 585)

GPU: Adreno 650

Memori

RAM: 8 GB

Memori Internal: 256 GB | UFS 3.0

Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)

Kamera Utama

Jumlah Kamera: 2

Resolusi: 13 MP + 5 MP

Fitur:

- 13 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3.4", 1.0µm, AF

- 5 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide), 1.12µm

+ HDR, panorama

Video: 4K@30fps

Kamera Selfie

Jumlah Kamera: 1

Resolusi: 8 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/4", 1.12µm

Video: 1080p@30fps

Konektivitas

Wlan: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

Bluetooth: 5.0, A2DP, LE

Infrared: NFC

GPS: A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO

USB: 3.2, konektor reversibel Type-C 1.0, konektor magnet

Baterai

Jenis: Li-Po

Kapasitas: 10090 mAh tidak dapat dilepas, Wireless Charging

Fitur: Pengisian cepat 45W

OS (Saat Dirilis): Android 10

Sensor: Fingerprint (optik, di bawah permukaan layar), accelerometer, gyro, proximity, compass, Samsung DeX, ANT+, 3.5mm Jack

Warna: Mystic Black, Mystic Bronze, Mystic Silver

Bodi: Dukungan stilus, latensi 9ms (integrasi Bluetooth, akselerometer, gyro)

Tampilan: HDR10+, Laju penyegaran 120Hz

Suara: Pengeras suara dengan speaker stereo (4 speaker), Tuned by AKG

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S7+

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S7+


Jika melihat dari spesifikasi yang telah dirilis, sebenarnya kita bisa mengetahui apa saja kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Tab S7+. Salah satunya adalah layarnya yang bagus dan beberapa keunggulan lain.

Berikut beberapa kelebihan Samsung Galaxy Tab S7+ yang bisa Anda jadikan pertimbangan apakah akan membeli tab jenis ini atau tidak.

1. Memiliki Layar  Super AMOLED Berkualitas Tinggi

Jika kita mengatakan brand Samsung, yang langsung terlintas di dalam pikiran adalah kualitas. Dan memang, Samsung sering kali memperhatikan kualitas material pembuatannya. Oleh karena itu, tidak heran jika layar yang dimiliki Samsung Galaxy Tab S7+ tergolong baik.

Salah satu kelebihan Samsung Galaxy Tab S7+ adalah memiliki panel Super AMOLED yang memiliki saturasi warna NTSC dan kecerahan yang mencapai tingkat HDR10+.

Bukan hanya itu, Samsung Galaxy Tab S7+ juga memiliki kontras warna maksimal. Hal ini bisa terjadi karena piksel masing-masing warna bisa dimatikan apabila layar menampilkan warna hitam, sehingga warna hitam yang muncul di layar Galaxy Tab S7+ adalah warna hitam asli.

Selain warna dan layar super AMOLED, bentang layar tab ini juga lebih lebar dari series non plus, yakni sebesar 12,4 inchi sehingga menikmati video bisa lebih imersif. Selain itu, kelebihan lain dari Samsunng Galaxy Tab S7+ adalah memiliki resolusi layar WQXGA, rasio 16:10. Layar WQXA sendiri berarti resolusi sebesar 2800 x 1752 piksel dengan kerapatan mencapai 266 ppi dan menghasilkan gambar yang lebih tajam.

2. S Pen dengan Ultra Low Latency

Apa yang dibutuhkan ketika kita menggunakan ponsel atau tab dengan ukuran besar? Benar, kita membutuhkan stylus dan Samsung Galaxy Tab S7 memiliki S Pen yang merupakan salah satu kelebihan Samsung Galaxy Tab S7+.

Hal ini dikarenakan S Pen yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Tab S7 adalah S Pen yang sudah diperbarui dengan latensi yang mencapai 9 mili sekon. Latensi ini jelas lebih cepat dibanding S Pen seri non plus dan responsivitasnya hanya 26 mili detik.

Hal ini membuat S Pen Galaxy Tab S7+ bisa digunakan untuk berbagai fitur, seperti navigasi gestur atau mengonversi tulisan menjadi teks biasa.

3. Refresh Rate Sebesar 120 Hz

Laju penyegaran yang baik merupakan salah satu kelebihan dari Samsung Galaxy Tab S7+. Tab ini memiliki dukungan refresh rate sebesar 120 Hz untuk mendukung tontonan berupa video pendek dan adaptif untuk kegiatan yang dilakukan di dalam tab.

4. Chipset Game Terbaik

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S7+ yang lain adalah dibekali oleh chipset yang mentereng berupa Qualcomm SNapdragon 865 plus. Chipset ini diklaim sebagai SoC terbaik di tahun 2020 dan merupakan pilihan utama para gamers dalam bermain game.

Dengan chipset yang mendukung permainan, Samsung Galaxy Tab S7+ ini bisa dipakai bermain permainan berat seperti Fortnite dan PUBG.

5. Quad Speaker dari AKG dan Dolby Atmos

Tablet andalan Samsung ini juga bisa mendukung hobi Anda dalam menonton film karena telah dibekali oleh Quad Speaker dari AKD dan juga Dolby Atmos. Perpaduan keduanya membuat audio yang dikeluarkan oleh perangkat ini berkualitas super dan jernih.

Jumlah speakernya ada 4 buah dengan keluaran yang lebih variatif dan sempurna.

6. Book Keyboard Cover dengan Function Keys

Jika Anda menginginkan laptop dan tablet sekaligus, maka Anda harus memiliki Samsung Galaxy Tab S7+ yang bisa juga diubah menjadi laptop dengan aksesoris keyboard yang baik. Untuk S7+, keybordnya juga dilengkapi dengan function key yang baik.

7. Kemampuan Fotografi yang Unggul

Banyak orang yang menganggap kamera yang dimiliki tablet tidak cukup baik. Hal ini sebenarnya tidak salah, tapi tidak sepenuhnya benar juga. Pasalnya, salah satu kelebihan Samsung Galaxy Tab S7+ adalah kemampuan fotografinya yang bagus dengan 2 lensa belakang beresolusi 13 MP untuk wide angle camera, dan juga lensa 5 MP untuk ultrawide. Sementara di bagian depan ada kamera selfie beresolusikan 8 MP.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S7+

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S7+


Tapi seperti kata pepatah, tidak ada hal yang sempurna di dunia ini, termasuk Samsung Galaxy Tab S7+ ini. selain memiliki segudang kelebihan, ternyata perangkat ini juga memiliki kekurangannya sendiri. Beberapa kekurangan yang dimilikinya adalah:

1. Baterai Cepat Habis

Salah satu kekurangan dari Samsung Galaxy Tab S7+ adalah kinerja baterainya yang kurang mumpuni. Memang kapasitas baterainya cukup besar, sekitar 10.080 mAh, tapi ketahanannya hanya sekitar 14 jam saja. Hal ini sangat mungkin karena ukuran layarnya yang besar sehingga ketahanan baterainya kurang bisa terjaga.

Kekurangan ini ditambah pula dengan charge yang hanya menduukung 18 W dalam jangka waktu 3 jam.

2. Sistem Operasi Kurang Teroptimasi

Kekurangan lain dari Samsung Galaxy Tab S7+ adalah sistem android yang dipakai kurang cocok untuk tablet. Samsung agaknya lebih fokus pada optimasi SO di perangkat ponsel ketimbang tablet sehingga ketika menggunakan mode lanskap pada aplikasi pihak ketiga, tablet ini menjadi kurang friendly. Tidak sebagus tablet dari merk Microsoft untuk SO nya.

3. Harga Terbilang Mahal

Samsung Galaxy Tab S7+ adalah salah satu tablet andalan dari Samsung, sehingga tidak heran jika perangkat ini dibanderol tinggi. Tapi agaknya harga yang dibanderol pada perangkat ini terlalu mahal karena hampir mencapai 17 juta pada keluaran pertamanya.

Padahal, dengan harga yang kurang dari itu, Anda bisa menjajal opsi lain. Misalnya dari Microsoft Surface Pro 7 yang juga merupakan flagship dan hanya dibanderol dengan harga 11 jutaan saja.

Kesimpulan

Ada banyak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab S7+ yang sudah Anda ketahui. Apakah Anda akan membelinya atau tidak, semua berada di tangan Anda. Hanya saja, Anda perlu mempertimbangkan dengan baik dan harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jadi, apakah Anda akan memakai Samsung Galaxy Tab S7+?