Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Merk Mesin Cuci Terbaik yang Bagus dan Paling Tahan Lama

Manusia dengan segala kebutuhannya memang tidak bisa terbantahkan. Baik sandang maupun pangan, keduanya merupakan kebutuhan wajib yang harus terpenuhi. Terlebih perihal sandang atau pakaian yang setiap hari dipakai ke mana-mana. Entah itu ke tempat kerja, pasar, sekolah, bahkan di rumah mah sekalipun pasti memakai pakaian.

merk mesin cuci terbaik

Oleh karenanya, tak sedikit orang-orang merasa sangat terbantu dengan keberadaan alat elektronik mesin cuci yang saat ini semakin banyak bermunculan dari berbagai brand. Mulai dari brand legend hingga brand terbaru berlomba-lomba menghadirkan merk mesin cuci terbaik agar mampu memenuhi kebutuhan cuci pakaian banyak orang.

Namun, di tengah-tengah kehadiran banyaknya merk mesin cuci, kita pun tidak boleh lengah. Sebab apa? Karena tak jarang ada mesin cuci yang justru kualitasnya tidak sebanding dengan harga yang ditawarkan. Tak heran jika masa penggunaannya hanya bertahan hingga beberapa bulan saja. Maka dari itu, yuk, pintar-pintarlah memilih merk mesin cuci terbaik yang akan membersihkan seluruh noda-noda membandel di pakaianmu.

Tips Cerdas Memilih Merk Mesin Cuci Terbaik

merk mesin cuci terbaik

1. Pilihlah mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan

Mengingat bahwa segala apa pun disesuaikan dengan kebutuhan, maka untuk mencari merk mesin cuci terbaik juga tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Perlu diketahui bahwa dari mesin cuci itu sendiri terdapat dua jenis, yakni mesin cuci top load (yang dibuka dari atas) dan front load (yang dibuka dari bawah).

Keduanya memiliki harga, kapasitas, hemat daya listrik, dan kualitas lainnya yang berbeda. Pilihlah jenis mesin cuci yang memang mampu memenuhi kebutuhanmu. 

2. Perhatikan performa fitur mesin cuci

Sementara itu, mesin cuci dapat bekerja dengan baik apabila fitur yang disematkan pun memiliki kualitas unggul. Jangan sampai kamu sudah merogoh kocek sangat dalam, akan tetapi fitur yang didapatkan tidak secanggih yang seharusnya kamu dapatkan.

Untuk itu, perhatikan segala fitur pada mesin cuci yang akan kamu beli. Mulai dari fitur pemutar mesin, sejumlah tombol yang dimilikinya, dan beberapa fitur lainnya juga.

3. Hemat konsumsi listrik

Nah, tips yang ketiga ini merupakan satu hal yang pantang untuk dilewatkan. Mengingat bahwa penggunaan mesin cuci tidak hanya satu atau dua kali dalam seminggu, maka kamu harus benar-benar mengetahui seberapa banyak konsumsi listrik yang dihabiskan setiap sekali pemakaian.

Sebab saat kamu memilih mesin cuci dengan konsumsi listrik yang boros, itu artinya kamu siap menerima risiko bilamana nanti tagihan listrikmu membludak secara tiba-tiba.

13 Rekomendasi Merk Mesin Cuci Terbaik dan Tahan Lama

1. Mesin cuci Samsung (WA5700)

Samsung merk mesin cuci terbaik

Pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan nama brand besar yang satu ini? Ya, Samsung dengan segala produk terbaik yang dimilikinya. Salah satunya mesin cuci seri WA5700 yang ditenagai dengan teknologi terbaik sehingga pakaian-pakaian lengan panjang tidak akan terlilit atau tersangkut satu sama lain.

Mulai dari long dress, maxi skirt, sampai gamis pun dapat tercuci dengan mudah dan aman tanpa merusak baju. Fitur Wooble Technology yang disematkannya mampu memberikan hasil pulsator lebih baik dengan gerakan arus ke segala arah bilamana ada pakaian yang tersangkut. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir jika salah satu pakaianmu tersangkut di dalamnya.

2. Mesin cuci LG (FG1612H2V)

LG merk mesin cuci terbaik

Jika saat ini kamu sedang mencari merk mesin cuci terbaik dengan konsumsi hemat daya, maka mesin cuci LG seri FG1612H2V lah jawabannya. Berbagai keunggulan tidak akan kamu dapatkan selain dari merk mesin cuci yang satu ini.

Pasalnya, LG melengkapi produknya ini dengan fitur andalannya yaitu Eco Hybrid Drying. Di mana fitur ini menawarkan dua opsi mode pengeringan untuk menghemat pengeluaran daya dan air. Untuk menghemat air, kamu tinggal pilih mode pengeringan Eco saat proses pengeringan berjalan. Sementara jika kamu ingin menitikberatkan ketika waktu pengeringannya, kamu bisa memilih mode normalnya.

3. Mesin cuci Sharp

Sharp merk mesin cuci terbaik

Nama brand Sharp pun tak kalah populer dari Samsung dan LG. Produknya yang kerap dibekali kualitas mahal membuat banyak orang tak segan-segan menjatuhkan hatinya kepada berbagai produk Sharp. Salah satunya mesin cuci besutan Sharp ini. 

Fitur Silent Wash yang disematkan membuat mesin cuci dapat bekerja dengan tenang tanpa menimbulkan suara yang bising. Di samping itu, ada juga fitur Turbo Key yang bisa membuat kegiatan mencuci pakaian jauh lebih cepat dengan kisaran waktu 6-10 menit.

4. Mesin cuci Polytron (Zeromatic Maya PAW85511M)

Polytron

Nah, untuk kamu yang di rumahnya memiliki tekanan air kecil hingga sedang untuk dipakai mencuci pakaian, alangkah lebih baiknya kamu memilih merk mesin cuci dari Polytron. Pasalnya, mesin cuci satu ini dapat melakukan proses pencucian dengan baik walaupun tekanan air yang dikeluarkan kecil atau sedang. Hal ini tentu saja berkat teknologi Zeropressure yang disematkannya.

Menariknya lagi, Polytron Zeromatic Maya PAW85511M ini lengkap dengan program pencucian, seperti batik, jeans, baju bayi, ataupun pakaian lainnya yang bisa memaksimalkan proses pembilasan pakaian secara merata dikarenakan pada teknologi pengaturan air telah dikombinasikan dengan Centrifugal Softening System. Bisa kamu bayangkan sendiri bagaimana canggihnya mesin cuci yang satu ini.

5. Mesin cuci Panasonic (Twin Tub NA-W87FC1/BC1)

Panasonic merk mesin cuci terbaik

Rekomendasi merk mesin cuci terbaik selanjutnya datang dari brand legend yang memiliki popularitas cukup tinggi. Ya, Panasonic dengan semua produk berkualitasnya. Termasuk mesin cuci seri Twin Tub NA-W87FC1/BC1 yang telah dilengkapi AG Clean pada pulsator tabung mesin cuci dengan kemampuan dapat meminimalisir tumbuhnya jamur serta bakteri.

Semua cucianmu tidak hanya bersih secara optimal, akan tetapi penggunaan daya listrik yang dikonsumsi pun hanya berkisar 220 watt untuk waktu pencucian dan 130 watt untuk waktu pengeringan. Jika dibandingkan dengan merk mesin cuci lainnya, mesin cuci besutan Panasonic ini tergolong sangat hemat tenaga listrik.

6. Mesin cuci Electrolux (Vapour Care EWF85743)

Electrolux merk mesin cuci terbaik

Sebagaimana namanya Vapour Care, salah satu mesin cuci besutan Electrolux ini diklaim mampu menghilangkan 99,9% alergi dan bakteri. Begitu juga dengan semburan lembut uap pada setiap pencuciannya dinilai mampu mengurangi tiap kerutan pada cucian.

Tak cukup sampai di situ, fitur Shower Spray yang disematkannya pun seolah menjadi nilai tambahan untuk mesin cuci Electrolux ini. Bagaimana tidak, pada fitur tersebut tidak hanya air yang disemprotkan, akan tetapi deterjen pun turut serta disemprotkan bersamaan dengan keluarnya air untuk membantu menghilangkan berbagai noda dan kotoran di pakaian.

7. Mesin cuci Aqua Japan (QW-P1250T)

merk mesin cuci terbaik Aqua japan

Bilamana kamu tidak memiliki halaman rumah cukup luas untuk menjemur pakaian, sepertinya kamu harus mencoba mesin cuci Aqua Japan seri QW-P1250T yang memiliki kemampuan untuk mempercepat proses pengeringan dan tentunya mampu mengurangi kelembapan pakaian dengan cara menarik sebagian udara dari luar.

Tak terlepas dari itu, keunggulannya pun bisa kamu temukan pada bagian metode pencucian pakaian. Di mana mesin cuci besutan Aqua Japan ini sangat ampuh untuk membersihkan kotoran dan noda secara menyeluruh. Sekalipun pakaianmu berbahan lembut, semuanya dapat diatasi dengan baik tanpa mengurangi kualitas pakaianmu.

8. Mesin cuci Sanken (AW-S907)

Sanken merk mesin cuci terbaik

Satu lagi merk mesin cuci terbaik yang sangat legend di pasar perlengkapan alat rumah tangga, ya brand Sanken yang memiliki produk mesin cuci seri AW-S907 dengan kekuatannya mampu menghasilkan arus yang kuat serta mampu melarutkan detergen dengan sempurna. 

Dengan demikian, pakaian tidak hanya bersih secara optimal, akan tetapi seluruh noda pun dapat dihempas tanpa tersisa sedikit pun. Sementara itu, dari sisi bodi mesin, Sanken merancang produknya ini dengan sistem lapis ganda. Di mana nantinya mesin cuci akan tetap kokoh serta tahan guncangan.

9. Mesin cuci Midea (MFG80-ES1203)

Midea merk mesin cuci terbaik

Cukup berbeda dari yang lainnya, mesin cuci Midea seri MFG80-ES1203 dilengkapi teknologi Intelligent Control Chip yang memiliki kemampuan untuk mengatur keperluan air pada saat mencuci pakaian maupun penyesuaian multi water level secara otomatis.

Dengan keberadaan fitur tersebut lah mesin cuci Midea ini digadang-gadang sebagai salah satu merk mesin cuci terbaik saat ini. Perihal kebersihan dan keamanan baju saat proses pencucian, kamu tidak perlu mengkhawatirkannya. Karena semuanya dapat dihandle dengan baik.

10. Mesin cuci Hitachi (BD-W85TV)

Hitachi merk mesin cuci terbaik

Selepas beberapa merk mesin cuci di atas, ada juga mesin cuci garapan brand Hitachi yang bisa dibilang memiliki kualitas sangat mumpuni dari berbagai sisi. Salah satu fitur terbaiknya yaitu Auto Self Clean yang berfungsi untuk membersihkan dirinya sendiri sebelum pada akhirnya mesin dipakai kembali untuk mencuci.

Sedangkan dari sisi kebersihan pakaian, mesin cuci ini juga dilengkapi Allergy UK yang mampu menghempaskan 99% pengurangan bakteri dan jamur. Dengan begitu, waktumu tidak akan terbuang banyak untuk mencuci dan pakaian pun bersih optimal secara merata.

11. Mesin cuci Modena (IMPERIAN WF 720)

Modena merk mesin cuci terbaik

Untuk merk mesin cuci terbaik selanjutnya berasal dari brand Modena yang berhasil meluncurkan mesin cuci seri IMPERIAN WF 720 dengan kapasitas 6 kilogram serta dilengkapi fitur display, LED, extra rinse, self clean, dan yang tidak kalah menarik adalah child lock yang mampu menjaga keamanan bilamana anak mendekati mesin cuci pakaian.

Kualitasnya ini belum seberapa jika tidak ditambah fitur jog dial electronic control fan quick wash yang berfungsi agar waktu mencuci jauh lebih cepat hingga kecepatan 1.200 rpm.

12. Mesin cuci IPSO FTGE

merk mesin cuci terbaik IPSO FTGE

Unggul perihal fitur, kapasitas, serta kualitas mesin cuci yang tidak mudah berkarat merupakan kelebihan yang akan kamu dapatkan jika meminang Mesin cuci IPSO FTGE.

Harganya yang cukup terjangkau diiringi dengan hematnya konsumsi listrik yang dihasilkan. Dijamin kekecewaan adalah hal yang sangat pantang kamu dapatkan jika memilih mesin cuci yang satu ini.

13. Mesin cuci Denpo (DW 8907)

Denpo merk mesin cuci terbaik

Satu lagi, merk mesin cuci terbaik tahun 2021 yakni mesin cuci Denpo seri DW 8907. Sejumlah fitur unggulan yang dimilikinya menjadi senjata ampuh untuk menaklukkan hati banyak orang dari berbagai kalangan.

Perkara menghilangkan jamur dan bakteri dari pakaian merupakan hal biasa bagi mesin cuci satu ini. Yang menariknya adalah meskipun putaran mesinnya sangat cepat, akan tetapi konsumsi listrik yang dihasilkan benar-benar hemat.

Demikianlah sederet penjelasan mengenai beberapa rekomendasi merk mesin cuci terbaik dan hemat konsumsi listrik. Kamu bisa mencoba salah satu merk mesin cuci di atas yang sesuai dengan kebutuhanmu, baik dari segi kapasitas, fitur, maupun sektor yang lainnya.