Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gamers Harus Tahu: 5 Tips Terbaik Memilih Game di Steam

 

Siapa yang lagi bingung mau main game apa di Steam? Butuh rekomendasi game Steam yang bagus dan seru untuk dimainkan? Mulai sekarang kamu tak perlu bingung lagi kalau mau cari game di Steam. Kita akan bahas deretan 5 tips terbaik memilih game Steam. Ini bisa kamu andalkan kalau kamu mau beli atau download game di Steam.

Langsung saja, inilah 5 tipsnya. 

 Mudahnya Mendapatkan Game di Steam

Ada banyak situs yang bisa kita gunakan untuk download game. Hadirnya banyak website download game, menjadikan gamers makin mudah untuk mendapatkan game yang mereka butuhkan. Ditambah lagi dengan kehadiran platform seperti App Store dan Google Play Store yang memudahkan kita mengakses berbagai game mobile. 

Salah satu platform yang jadi andalan gamers untuk mendapatkan game adalah Steam. Melalui Steam, gamers bisa mendownload ataupun membeli game-game terbaik dan bagus. Tak hanya itu, besarnya komunitas di Steam juga menjadikan kita punya akses langsung ke berbagai publishers game ternama. Bahkan hingga publisher game indie. Tak hanya itu, kategori game yang tersedia pun juga beragam. 

Namun karena banyaknya pilihan, kadang kita jadi bingung harus memainkan game yang mana. Nah supaya tidak bingung, kamu bisa langsung gunakan 5 tips berikut. 

1. Cari Tahu Dulu Genre Kesukaan/Favoritmu

Setiap gamers pasti punya preferensi dan kesukaan masing-masing. Nah kamu bisa tentukan dulu kamu sukanya memainkan game seperti apa. Apakah game action, game olahraga, game petualangan, atau justru game RPG? Setelah tahu genre favoritmu, maka kamu bisa mulai mencari game di Steam berdasarkan genrenya. 

Di situs Steam sudah tersedia fitur kategori yang memudahkan mencari game berdasarkan kategorinya. Selain itu, sesuaikan juga pilihan game dengan sistem operasi ataupun spesifikasi device yang kamu gunakan. 

2. Manfaatkan Fitur Kategori di Steam 

Di Steam juga tersedia fitur kategori yang memudahkanmu melakukan pencarian game. Misalkan kamu bisa cari game berdasarkan game berbayar, game free to play, berdasarkan platform, dan kategorisasi lainnya. Nah kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut. 

 Misalkan jika ingin mencari game-game yang bisa dimainkan secara gratis, kamu bisa masuk ke kategori free to play. Selanjutnya kamu akan menemukan berbagai game yang bisa dimainkan secara gratis. 


3. Manfaatkan Rekomendasi dari Steam 

Jika tidak mau repot, kamu juga bisa memanfaatkan rekomendasi yang diberikan oleh Steam. Untuk mengakses rekomendasi, kamu tinggal klik menu recommendations yang ada di web Steam. Di sana kamu akan menemukan berbagai game yang direkomendasikan oleh Steam. Berikutnya kamu tinggal telusuri game yang kira-kira menarik menurutmu. 


4. Manfaatkan Special Offer dari Steam 

Steam juga sering memberikan rekomendasi dalam bentuk special offer. Biasanya di sana ada promo-promo menarik yang bisa kamu manfaatkan. Misalkan potongan harga game dalam jumlah yang besar. Tentu ini menarik banget. Kamu tinggal klik menu specials di Steam. 


Jika ada game yang menarik, kamu tinggal klik dan bisa beli game tersebut. Untuk urusan pembelian game di Steam, kamu bisa memanfaatkan berbagai metode pembayaran yang tersedia. Salah satunya kamu bisa gunakan voucher Steam Wallet untuk mengisi akun Steam. Selanjutnya kamu bisa belanja game dengan puas di Steam. 

 5. Baca Review Lengkap dan Cek Spesifikasi yang Dibutuhkan

Layaknya membeli barang ataupun item lainnya, kamu juga bisa persiapkan diri dengan membaca berbagai review yang tersedia. Jika sudah menemukan game yang menarik, kamu bisa baca review terhadap game tersebut. Terutama review dari sesama pengguna Steam. Atau kamu juga bisa cek review game tersebut di YouTube ataupun di media sosial lainnya. 

Mantapkan pilihanmu jika sudah menemukan review yang bagus. Selain itu, jangan lupa untuk menyesuaikan game pilihanmu dengan spesifikasi komputer/device yang kamu miliki. Pastikan kamu bisa memainkan game tersebut dengan nyaman. 

Nah itulah beberapa tips dalam berbelanja di Steam. Jika ingin mendapatkan promo-promo menarik, kamu bisa menunggu saat ada momen diskon ataupun promo spesial dari Steam. Selamat bermain dan happy gaming!  

Cari Artikel