Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Edit PDF

Salah satu format dokumen yang banyak digunakan saat ini adalah PDF. Baik di bidang pekerjaan maupun pendidikan, kebutuhan akan dokumen PDF memang cukup penting. Agar bisa mengelola dokumen ini dengan mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi edit PDF.

Jadi, kamu tidak selalu harus mengandalkan software di komputer ketika hendak mengedit PDF. Teknologi yang semakin maju membuat layanan yang ada di internet pun semakin beragam. Tak terkecuali aplikasi untuk mengedit PDF online.

Aplikasi Edit PDF

1. PDF Xchange Editor

aplikasi edit video PDF Xchange Editor


Aplikasi edit PDF yang satu ini termasuk banyak digunakan karena fitur-fitur di dalamnya yang bisa digunakan dengan mudah. Meski pada dasarnya tidak semua fitur tersedia gratis, kamu tetap bisa mengedit file PDF dengan tools yang ada.

Jika kamu menggunakan versi gratis, akan terdapat watermark pada hasil akhir file PDF. Jika hal tersebut tidak menjadi masalah, sebenarnya masih bisa menggunakan fitur-fitur menarik lainnya. Misalnya mengganti gambar, menambah tulisan, mengubah gambar, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, pengguna bisa mengekspor file PDF yang ingin di edit dari berbagai media. Misalnya dari memori perangkat, Google Drive, SharePoint, dan Dropbox. Setelah selesai mengedit, kamu bisa menyimpan file PDF tersebut dengan mudah ke penyimpanan memori maupun secara cloud.

2. Sejda PDF Editor

aplikasi edit pdf Sejda PDF Editor

Ingin menghilangkan watermark yang ada di file PDF dengan mudah? Kamu bisa mengandalkan aplikasi Sejda PDF Editor ini karena fitur-fiturnya yang menark. Aplikasi ini relatif mudah digunakan pemula karena tidak membutuhkan tambahan program apapun.

Layanan ini tersedia dalam bentuk aplikasi maupun website. Jadi, kamu bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan perangkat yang dipakai. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mempermudah penggunanya jika ingin menyisipkan tautan di dalam file PDF.

3. PDFescape

aplikasi edit pdf PDFescape

Fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi ini cukup banyak sehingga banyak diandalkan penggunanya. Kamu bisa menikmati seluruh fitur yang ada di PDFescape secara gratis. Namun dengan catatan file PDF yang diedit maksimal 100 halaman dan ukurannya kurang dari 10 MB.

Kamu bisa mengedit gambar dan mengubah teks di dalamnya menggunakan fitur-fitur yang ada. Menariknya, aplikasi ini juga menyediakan tools untuk menulis dengan font dan warna yang beragam.

4. Inkscape

aplikasi edit pdf Inkscape

Aplikasi berikutnya untuk mengedit PDF adalah Inkscape. Aplikasi ini menjadi salah satu yang paling populer untuk mengedit file PDF. Meski bisa didapatkan secara gratis, kamu tidak perlu meragukan kinerja tools yang ada di dalamnya.

Salah satu hal yang membuat aplikasi ini banyak digunkan adalah karena interfacenya yang sederhana. Proses mengedit gambar pun bisa dilakukan dengan mudah menggunakan tools gratis di dalamnya.

5. SmallPDF Online PDF Editor

aplikasi edit pdf smallpdf
Bagi yang sering mengedit PDF secara online, mungkin sudah tidak asing dengan situs SmallPDF. Sesuai dengan namanya, layanan ini merupakan situs yang memungkinkan penggunanya mengecilkan ukuran PDF.

Seperti yang telah diketahui, kita mungkin sering membutuhkan file PDF dengan ukuran tertentu. Misalnya ketika hendak melamar pekerjaan, tentunya kamu tidak boleh mengirim ukuran PDF yang terlalu besar.

Oleh karena itu, banyak yang mengandalkan situs SmallPDF untuk memperkecil ukuran PDF. Tidak hanya itu, layanan ini juga menyediakan fitur menambahkan teks, gambar, dan tanda tangan ke dalam PDF.

Beberapa aplikasi edit PDF online di atas bisa diandalkan jika sewaktu-waktu kamu harus mengedit file PDF. Jadi, tidak perlu repot-repot menggunakan software yang ribet di komputer. Pekerjaan pun akan lebih cepat selesai jika kamu menggunakan platform yang tepat.