Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
game-Offline-Terbaik

Begini Cara Cek Kesehatan Hardisk

Salah satu komponen krusial yang membangun sistem komputer adalah hard disk. Perangkat keras yang satu ini memiliki fungsi utama sebagai tempat penyimpanan data. Oleh karena itu, melakukan cek kesehatan hard disk penting dilakukan agar performanya tetap bagus.

cek kesehatan hardisk

Pada dasarnya, komputer yang Anda gunakan sudah dilengkapi hard disk karena merupakan komponen bawaan. Hal yang membedakan adalah ukuran atau kapasitasnya yang memang bervariasi. Jadi, pengguna bisa mengupgradenya sesuai dengan kebutuhan.

Cek Kesehatan Hard Disk

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memastikan apakah hard disk yang digunakan masih bagus atau tidak. Daripada penasaran, yuk simak beberapa cara cek kesehatan perangkat hard disk berikut ini.

1. Menggunakan Program Bawaan WMIC

cek kesehatan hardisk menggunakan apliaksi WMCI

Anda bisa memeriksa kondisi kesehatan hard disk dengan menggunakan program bawaan di komputer/laptop. Pada dasarnya, WMIC merupakan sebuah command-line yang memungkinkan Anda menjalankan tugas administratif lebih mudah.

Program tersebut mengusung tema S.M.A.R.T (Self Monitoring, Analysis, anda Reporting Technologi. Melalui fitur tersebut, Anda bisa melihat status hard disk secara lebih mudah dan detail. Metode ini juga termasuk mudah dilakukan sehingga bisa dicoba siapapun.

  • Langkah pertama, tekan shortcut Windows + R untuk membuka kolom pencarian.
  • Ketikkan CMD atau Command Prompt.
  • Klik OK lalu ketikkan wmic.
  • Selanjutnya tekan Enter.
  • Apabila interface WMIIC sudah disiapkan, ketikkan diskdrive getstatus.
  • Klik Enter.

Dengan mengikuti langkah-kangkah di atas, status hard disk yang dimiliki bisa llangsung ditampilkan. Apabila statusnya OK, hal ini menandakan bahwa hard disk dalam kondisi baik-baik saja. Sedangkan jika statusnya Pred Fall, berarti hal ini menjadi penanda terjadinya bad sector dalam hard disk.

2. Menggunakan Tools Bawaan

cara cek kesehatan hardisk

Kebanyakan perusahaan hard disk sudah menyediakan tools gratis untuk mengetahui kinerja dari komponen ini. Namun, Anda harus mengetahui terlebih dahulu produsen mana yang memproduksi hard disk ini.

  • Buka menu Control Panel, lalu ketikkan Device Manager di kolom pencarian.
  • Jika sdah terbuka, klik pilihan Disk drives.
  • Klik ikon segitiga lalu silahkan catat model hard disk yang ditampilkan.
  • Buka mesin pencari lalu ketikkan nomor model hard disk yang Anda miliki.

· Dari hasil pencarian, biasanya akan langsung ditunjukkn siapa produsen yang mengeluarkan perangkat hard disk tersebut.

  • Jika sudah diketahui, kunjungi situs resmi pabrikan tersebut.
  • Buka haaman dukungan lalu pilih utilitas hard drive sesuai kebutuhan.

· Anda akan diarahkan untuk mendownload tools untuk mengecek kesehatan hard disk.

2. Menggunkaan Tool Windows CHKDSK

cek kesehatan hardisk dengan CHKDSK

Cara memeriksa kesehatan hard disk yang satu ini tidak mengharuskan Anda mendownload tools apapun. Mengingat tools yang akan dijelaskan berikut ini sudah tersedia secara default. Terutama untuk pengguna Windows, akan lebih mudah mengikuti tutorial ini.

Nama tool yang bisa digunakan adalah Windows CHKDSK yang memungkinkan proses diagnostik terhap kesalahan atau error. Jadi, Anda bisa menemukan bad sector pada komponen hard disk yang digunakan.

Jadi, tools ini memungkinkan diagnosa permasalahan dan upaya memperbaikinya. Adapun langkah-langkah mudah menggunakan tools bawaan ini adalah sebaga berikut.

  • Klik kanan pada hard disk yang ingin diperiksa kondisinya.
  • Selanjutnya klik Properties.

· Pada menu tools yang ditampilkan, silahkan klik pilihan pengecekan hardisk yang sudah tersedia.

  • Berikutnya, klik Check now untuk melakukan proses perbaikan.

Beberapa cara cek kesehatan hard disk memang mudah dilakukan. Sebaiknya tidak mengabaikan komponen ini. Jika menggunakan hard disk yang keadaannya baik, tentu performa komputer pun semakin lancar.

game-Offline-Terbaik