Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Ampuh Menghilangkan Iklan di Chrome


Ketika membuka halaman website melalui Chrome kerap kali melihat hal-hal yang menggangu tampilan konten. Misalnya iklan dan pop-up bertumpuk cukup meresahkan. Sehingga banyak orang mencari cara menghilangkan iklan di Chrome.

Lebih parahnya lagi beberapa iklan justru membawa pengunjung ke berbagai situs yang tidak diinginkan. Apabila dibiarkan begitu saja malah memperlambat navigasi website. Fenomena seperti ini menyadarkan banyak orang untuk menjelajahi situs lebih nyaman.

Cara Menghilangkan Iklan di Chrome

Terdapat banyak cara untuk menghilangkan iklan di Chrome. Terutama cara menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul di PC seperti menonaktifkan pop-up iklan akan sangat bermanfaat. Alhasil, perangkat software lebih aman dari serangan virus berbahaya dari internet.

Berikut ini rangkuman 4 cara menghapus pop-op dan iklan dari situs chrome dengan mudah. Langkah-langkah tersebut dapat dilakukan sendiri tanpa perlu bersusah payah ke ahli computer. Mengenai efektifitasnya tak perlu diragukan lagi karena 100% berhasil.

1. Nonaktifkan Pop-up Iklan

Cara menghilangkan iklan jorok di Google Chrome yang sering diaplikasikan adalah menonaktifkan pop-up iklan. Pada dasarnya laman browser Chrome sendiri telah diatur untuk tidak menampilkan pop-up iklan.

Namun, beberapa pengguna Chrome di laptop sering kali tidak sengaja mengaktifkan pop-up iklan tanpa menyadarinya. Untuk memblokir pop-up iklan agar tidak dapat muncul lagi yakni dengan menonaktifkannya.

Tentu saja harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu melalui Google Chrome di smartphone. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan.

  • Membuka menu “Setting” di Chrome, dengan cara mengklik tanda tiga titik yang ada pada bagian kanan atas.
  • Pilihlah “Site Settings” dan “Pop-up and redistricts dan ads”. Wajib memastikan kedua opsi tersebut tercantum kata 'Blocked'.
  • Akhirnya iklan pop-up tidak akan muncul lagi. 

2. Menghapus Iklan Menggunakan Aplikasi

Apabila iklan pop-up masih juga bermunculan maka disarankan untuk menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Cara menghilangkan iklan di Google dengan menggunakan aplikasi AdGuard.

Fungsi aplikasi ini untuk memblokir segala bentuk iklan yang muncul pada perangkat android. Berikut ini langkah-langkah menggunakan aplikasi AdGuard.

  • Download app “AdGuard” melalui Google PlayStore dan lakukan instalasi.
  • Pilih fitur “Go to Filters” dan pilihlah bentuk iklan apa yang akan diblokir.

3. Menghapus Aplikasi Yang Terkena Malware

Malware merupakan suatu perangkat lunak dengan rancangan khusus untuk merusak komputer dan smartphone. Ciri utama smartphone yang terkena malware yakni performa baterai smartphone yang cepat habis.

Kemungkinan besar iklan dapat muncul di smartphone apabila perangkat telah terkena malware. Biasanya malware ditemukan dari aplikasi tidak resmi yang diinstal dalam perangkat. Untuk menghapus pop-up iklan maka hapus terlebih dahulu aplikasi yang bermasalah.

4. Nonaktifkan Notifikasi Dari Situs Tertentu

Untuk menghilangkan iklan di chrome dapat dilakukan dengan menonaktifkan notifikasi dari situs tertentu. Sebab, mengaktifkan notifikasi situs justru berpotensi membuat pop-up iklan bermunculan. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan.

  • Membuka aplikasi chrome dan tampilan halaman website.
  • Mengklik bagian sebelah kanan dari kolom URL dan  pilih tanda Titik Tiga, lalu klik “Info”.
  • Pilihlah setelah situs.
  • Selanjutnya pada bagian  bawah izin, pilih “Notifikasi”. Apabila tidak ada artinya notifikasi situs tidak aktif.
  • Pilihlah opsi “Nonaktifkan setelan”. 

Pada dasarnya kemunculan pop-up dan iklan merupakan keuntungan dari perusahaan yang mengelola aplikasi. Sayangnya iklan-iklan tersebut justru memicu software laptop dan computer terserang virus. Sehingga dibutuhkan cara menghilangkan iklan di laptop seperti ulasan diatas.