Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

iPhone Mati Total Tidak Bisa di Charge, Ini Sebab & Solusi!

iPhone mati total tidak bisa di charge kadang sering dialami oleh beberapa orang pengguna. Penyebabnya beraneka ragam sekali mulai dari human eror hingga karena perangkat ponsel atau bahkan listrik yang kita gunakan.


Jika kamu alami hal itu, awas hati-hati! Jangan asal perbaiki. Karena penyebab iPhone mati hingga tidak bisa di charge ini harus dilakukan cara penanganan yang berbeda. Nah, jika kamu saat ini sedang mengalami hal tersebut, pastikan kamu mengatasinya dengan benar.

Penyebab iPhone Mati Total

Setiap perangkat akan memiliki kelemahannya masing-masing. Apalagi jika sudah memiliki masa pakai yang sudah cukup lama. Begitu juga dengan ponsel iPhone yang kamu gunakan saat ini. Jika iPhone yang kamu gunakan bermasalah, penyebabnya ada banyak, seperti:

1. Charger yang Rusak

Alasan pertama kenapa iPhone kamu rusak dan tidak bias di charge bisa jadi karena charger yang kamu gunakan ini mengalami kerusakan yang parah. Sehingga tidak bisa memberikan daya maksimal pada ponsel.

2. Baterai yang Mengalami Kerusakan

Selain charger, kemungkinan lainnya yang juga bisa menyebabkan iPhone kamu mati total adalah karena baterai iPhone kamu sudah mengalami kerusakan. Penggunaan yang terlalu lama apalagi sambil di charge maka akan memperpendek masa pakai baterai.

3. Adapter Charger yang bukan Versi Original

Jika kamu menggunakan charger yang bukan versi originalnya, maka bisa jadi iPhone yang kamu gunakan ini juga mengalami kerusakan. Perbedaan sistem pengisian daya pda ponsel bisa jadi penyebab rusaknya ponsel.

4. iPhone Kena Air

Pada hakikatnya tidak ada perangkat gadget yang tahan terhadap air. Bahkan iPhone yang digadang-gadang kuat dan tahan air sekalipun. Jika sampai air masuk ke dalam perangkat maka akan mati total dan tidak bisa menyala.

5. Baterai Dipakai Sampai Kering

Kamu sering memakai iPhone kamu hingga baterainya habis benar-benar habis? Hati-hati, ini bisa jadi penyebab iPhone mati total tidak bisa di charge.

Cara Atasi iPhone Mati Total Tidak Bisa di Charge

Setelah tahu penyebabnya, lantas bagaimana cara mengatasi iPhone yang mati total dan tidak bisa di charge? Berikut ini ada 4 cara yang saya bagian di artikel ini. Kamu bisa coba salah satu atau bahkan semuanya.

1. Restart Paksa

Cara pertama kamu bisa lakukan restart paksa agar iPhone kamu bisa menyala kembali. Lakukan dengan baik dan benar langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol volume atas dan power bersamaan
  2. Tahan beberapa detik
  3. Layar akan menyala
  4. Langsung kamu pasang charger ke iPhone
  5. Pastikan charger masuk ke ponsel

2. Charge Selama 6 Jam

Jika cara pertama tidak bisa, kamu bisa gunakan cara kedua yaitu dengan charge iPhone kamu selama 6 jam atau pas kamu lagi tidur selama 6 jam.

  1. Colokkan charger ke iPhone
  2. Sambungkan ke listrik
  3. Diamkan selama 6 jam
  4. Tunggu dan nyalakan iPhone kamu

3. Restore iPhone

Kamu bisa lakukan restore juga iPhone kamu untuk bisa menyalakannya kembali. Namun pastikan minimal lampu indikator menyala.

  1. Hubungkan iPhone kamu ke PC
  2. Buka iTunes
  3. Pilih file
  4. Pilih perangkat
  5. Pilih dan klik restore backup
  6. Tunggu hingga proses backup selesai

4. Bawa ke Services Center

Apabila ketiga cara di atas tidak juga bisa mengatasi iPhone mati total tidak bisa di charge, maka kamu tinggal bawa saja ponsel kamu ke services center.

  1. Bawa ponsel dan kardus atau perangkat pendukung iPhone lainnya
  2. Sampaikan kendala dan penyebab iPhone mati
  3. Pihak services center akan perbaiki HP kamu