Cara Mematikan Hp iPhone 11, 12, dan 13 Mudah dan Cepat

Pertanyaan dari pengguna iphone tentang cara mematikan Hp iPhone cukup relevan, karena mulai dari seri hp iphone X, iPhone XR, iphone 11 dan model lainnya, perangkat kehilangan tombol Home. Akibatnya, ada perubahan dalam mengontrol iPhone menggunakan kombinasi penekanan tombol. Tombol power juga telah diganti dengan tombol samping pada iPhone baru.

cara mematikan hp iphone

Cara Mematikan iPhone 11

Inilah yang perlu Anda lakukan agar menu daya muncul. Di iPhone 11, Anda harus menekan dan menahan tombol volume bawah dan tombol samping secara bersamaan. Tidak akan lama – hanya beberapa detik. Anda akan merasakan getaran, lalu lihat power slider di bagian atas layar. Geser tombol dari kiri ke kanan maka perangkat akan mati. Untuk menyalakannya kembali, tekan dan tahan tombol samping hingga logo Apple muncul di layar iPhone 11 ini.

Cara lain untuk menonaktifkan iPhone 11 adalah melalui aplikasi Pengaturan. Buka aplikasi Pengaturan, pilih Umum, dan gulir ke bagian bawah layar. Di sana Anda akan menemukan tombol “Tutup”. Ketuk, lalu gerakkan penggeser matikan untuk mematikan ponsel Anda.

Jika iPhone 11 tidak mati dengan cara standar, Anda dapat mencoba mematikannya melalui Assistive Touch. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda dapat menghubungi Siri dengan perintah “Aktifkan Sentuhan Bantu” atau buka menu “Pengaturan” – “Umum” – “Aksesibilitas”.
  • Anda perlu menggulir ke akhir halaman pengaturan.
  • Di bagian “Interaksi”, pilih “Sentuhan Bantu” dan gerakkan penggeser di seberangnya ke posisi aktif.
  • Tombol transparan akan muncul di layar iPhone 11.
  • Tekan tombol itu dan pilih “Perangkat”, lalu pilih “Kunci Layar” dan terus tekan selama sekitar 5 detik.
  • Tombol “Matikan” dan “Batal” akan muncul. Tombol “Matikan” harus diletakkan dalam posisi tidak aktif, maka layar akan mati secara bertahap dan smartphone akan mati.

Dimungkinkan pula untuk menyalakan iPhone dengan mengisi dayanya, atau dengan menghubungkannya ke komputer menggunakan kabel USB. Ponsel cerdas akan menyala dalam mode standar.

Hp iPhone 11 pun dapat dimatikan dalam mode paksa, setelah itu akan reboot. Untuk melakukan ini, tekan dan lepaskan tombol volume atas dengan cepat. Kemudian tekan dan lepaskan tombol volume bawah dengan cepat. Menu daya akan muncul. Tekan dan tahan tombol samping hingga logo Apple muncul di layar.

Jika Anda mencoba memperbaiki masalah pada iPhone dengan mematikannya lalu memulai ulang, tunggu 30 detik, lalu nyalakan kembali iPhone Anda. Jangan khawatir, restart iphone secara paksa ini aman dan tidak menghapus data atau informasi apa pun. Dalam kebanyakan kasus, langkah ini malah akan membantu memecahkan masalah yang terjadi.

Mematikan Hp iPhone 12

Bagaimana cara mematikan iPhone 12 dengan benar? Pertama-tama, pastikan ponsel tidak dalam keadaan di-charge dan tidak perlu di-charge karena saat terhubung ke jaringan atau Powerbank, iPhone akan otomatis menyala. Setelah itu tutup aplikasi dan aplikasi seluler. Untuk menutup aplikasi di iPhone 12, ikuti langkah-langkah ini.

  • Di layar iPhone 12 mana pun (layar utama atau aplikasi), geser ke atas dari bagian bawah layar. Ini akan menampilkan semua aplikasi yang berjalan di iPhone 12 Anda.
  • Untuk menutup aplikasi, seret ke atas dan keluar dari layar. Menghilang dari layar, aplikasi ditutup.
  • Anda dapat menutup dua atau tiga aplikasi.

Mematikan iPhone 12 Pro dan Pro Max

Untuk mematikan Iphone 12 Pro atau Pro Max, Anda harus mengikuti beberapa langkah berikut ini :

  • Tekan tombol di sisi kanan iPhone dan tombol volume bawah.
  • Kemudian seret penggeser matikan.
  • Jika karena alasan yang tidak diketahui ponsel Apple Anda tidak mau hidup setelah reboot, Anda perlu menekan volume bawah dan tombol samping kanan secara bersamaan dan menahannya selama 10 detik.
  • Setelah itu, perangkat akan menyala kembali.

Jika Anda tidak dapat mematikan perangkat atau memulai ulang iPhone 12 Pro atau pro Max karena terkunci dan layar sentuh tidak responsif, maka solusinya adalah mematikan iphone secara paksa atau force close. Untuk melakukan ini, tekan dan lepaskan volume atas dengan cepat. Kemudian tekan dan lepaskan volume bawah dengan cepat. Tahan tombol samping selama beberapa detik untuk menghidupkan perangkat kembali. Setelah logo Apple muncul, Anda dapat melepaskan tombol.

Cek: Cara Hard Reset Hp iPhone

Mematikan iPhone 13

Dengan menekan Tombol

Ada dua cara untuk power off model iPhone 13 Anda dengan tombol. Yang pertama adalah menekan dan menahan tombol Vol. Naik atau Vol. Turun, dan tombol Samping, sampai slider Geser ke Daya Mati muncul. Yang kedua adalah dengan cepat menekan Vol. naik, diikuti dengan Vol. turun, lalu tekan dan tahan tombol Side. Metode ini tidak menampilkan penggeser SOS, yang dapat berguna jika Anda khawatir tidak sengaja memicu panggilan 911.

Setelah salah satu metode ini diaktifkan, tarik slider Geser ke Daya Mati ke kanan. Jika Anda membatalkan salah satu metode dengan tombol Batalkan, Anda harus memasukkan kode sandi untuk membuka kunci ponsel Anda.

Melalui Pengaturan iPhone

Jika Anda membutuhkan cara cepat untuk menonaktifkan iPhone 13, tetapi tidak merasa nyaman mematikan iphone dengan tombol, Anda dapat dengan mudah untuk mematikan hp iphone tanpa tombol di Pengaturan. Berikut panduan langkah demi langkah yang mudah:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di layar Beranda Anda.
  2. Gulir ke bawah dan pilih Matikan.
  3. Geser slider Daya Mati ke kanan.
  4. Ketuk Batalkan untuk membatalkan, jika perlu.

Dengan mengikuti langkah – langkah ini, Anda dapat menonaktifkan iphone dengan mudah dan cepat di aplikasi Pengaturan.

About Author: