Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Touchpad Laptop Error? Ini Penyebab dan Cara Atasinya!

Touchpad laptop error sudah pasti akan sangat merepotkan. Apalagi jika kamu bekerja full menggunakan touchpad laptop, seperti desainer ataupun programer. Ada banyak hal yang menyebabkan kenapa touchpad laptop mengalami error dan tidak bisa digunakan dengan seperti biasanya.


Buat kamu yang mengalami hal serupa, artikel ini akan bantu kamu menyelesaikannya dengan baik. Akan saya berikan cara terbaik untuk mengatasi touchpad yang error dengan mudah.

Penyebab Touchpad Error

Touchpad laptop tentu tidak akan langsung error begitu saja tanpa ada faktor penyebabnya. Bahkan hal ini mungkin bisa terjadi juga pada touchpad laptop yang masih baru sekalipun. Adapun beberapa faktor yang bisa menyebabkan touchpad laptop mengalami eror di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Touchpad laptop dinonaktifkan secara tidak sengaja

2. Hardware touchpad rusak

3. Touchpad laptop terlalu lama digunakan

4. Sudah expire

5. Touchpad laptop eror ketikan di charge

6. Driver touchpad laptop belum update

Note: Kebanyakan touchpad laptop error ini disebabkan oleh human error. Biasanya ada orang yang lupa menekan tombol keyboard non aktif touchpad .

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Error

Jika kamu mengalami Touchpad laptop yang error, kamu bisa atasi dengan beberapa cara. Namun setiap cara yang bisa kamu gunakan ini tergantung dari faktor penyebabnya. Pilih cara yang tepat sesuai dengan faktor penyebab error Touchpad tersebut. Adapun beberapa cara yang bisa kamu gunakan, di antarnya adalah:

1. Cek Settingan Touchpad Laptop

Jika kamu khawatir Touchpad laptop error dan tidak bisa digunakan karena kesalahan sendiri, maka salah satu cara terbaik yang bisa kamu gunakan adalah dengan mengeceknya pada menu pengaturan Touchpad. Gunakan cara berikut ini:

1. Silahkan kamu buka laptop kamu

2. Kemudian kamu klik menu start

3. Pilih dan klik pengaturan

4. Pilih mouse & Touchpad

5. Klik mouse additional mouse option

6. Kemudian menu mouse propeties akan muncul

7. Jika Touchpad dinonaktifkan maka keterangannya akan disable silahkan kamu aktifkan fitur Touchpad tersebut

2. Update Touchpad Laptop

Cara kedua yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah Touchpad laptop yang error adalah dengan melakukan update pada driver Touchpadnya. Cara ini memungkinkan dapat mengatasi masalah kamu jika Touchpad belum pernah di update.

1. Silahkan klik menu start

2. Pilih dan klik devices manager atau kamu ketikan langsung di halaman start

3. Temukan youre PC

4. Klik update driver software

5. Silahkan kamu update

6. Pastikan laptop kamu terhubung ke internet dan jaringan internet dalam keadaan normal tidak sedang gangguan

7. Tunggu sampai selesai

8. Setelah itu restart dan nyalakan kembali laptop kamu

3. Ganti Touchpad Laptop

Cara terakhir yang paling mudah digunakan untuk mengatasi masalah Touchpad laptop error adalah dengan mengganti Touchpad laptopnya. Namun lakukan hal ini jika memang hardware Touchpad laptop kamu memang eror.

1. Cari part Touchpad laptop sesuai dengan tipe, lebih bagus cari spare part khusus sesuai degan merek laptop yang digunakan

2. Bongkar Touchpad laptop dan ganti dengan yang baru

3. Lakukan pengetesan Touchpad laptopnya

Note: jika kamu ganti touchpad laptop error dengan cara ini, saya sarankan kamu bawa saja ke services center agar hasilnya lebih bagus serta bisa mengidentifikasi masalah pada touchpad laptop yang kamu gunakan. Sehingga bisa atasi masalahnya dengan tepat.