Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Untuk Ranked Mobile Legends

tips ranked mobile legends


Seperti pada game umumnya di Mobile Legends juga menerapkan sistem Ranked yang membuat para pemain bermain dalam mode yang lebih kompetitif.

Dengan adanya mode ranked ini nantinya para pemain bisa mendapatkan placement ranked. Semakin tinggi rank pemain maka biasanya akan berbanding lurus dengan tingkat skill permainannya atau semakin jago permainannya.

Ketika pemain bermain Mobile Legends pada mode ranked, biasanya pemain tersebut akan menjadi lebih fokus dan serius dari biasanya. Untuk itu kali ini penulis akan membagikan tips bermain Mobile Legends ketika pemain sedang pushrank.

Tips Ranked Mobile Legends

Tips yang penulis berikan kali ini sangat cocok bagi Kalian yang masih berada pada posisi rank rendah atau menengah, diharapkan nantinya akan membantu Kamu bisa menghindari lose streak.

1. Kuasai Mekanik Game

Salah satu hal yang wajib untuk Kamu miliki adalah menguasai mekanik game, karena dengan menguasai ini nantinya bisa memudahkan pemain untuk mendapatkan strategi yang bisa memudahkan Kamu memenagkan match didalam permainan mode ranked.

Yang dimaksud dengan mekanik disini adalah sebuah pemahaman kepada setiap Hero, Item, Skill dan lain sebagainya. Termasuk juga didalamnya gamesense yaitu pemahaman menguasai map / map awareness.

2. Pelajari Hero Meta


Perlu Kamu ketahui Hero Meta biasanya memiliki kemampuan yang overpower, yang akan sangat efektif untuk dimainkan pada mode ranked.

Umumnya pada game Mobile Legends, Hero Meta bisa ditemukan setelah melakukan update. Baik itu Hero baru meupun Hero lama yang sedang mendapatkan buff secara drastis.

Apabila Kemu belum bisa menguasainya, sebaiknya latihan terlebih dahulu pada mode classic dengan menggunakan Hero Meta tersebut. Apabila sudah paham dan menguasainya barulah bermain pada mode ranked.

3. Pilih Hero Yang Memang Dibutuhkan Oleh Tim

Hal yang sering terjadi ketika bermain pada mode ranked, biasanya ada pemain dalam tim yang instant pick. Pemain ini langsung memilih Hero andalannya sendiri tanpa lagi memperhatikan komposisi timnya.

Terlibih lagi apabila Kamu bermain solo ranked, hal ini sering kali terjadi. Disinilah perlunya pemain harus bisa menyesuaikan, memilih Hero yang dibutuhkan oleh tim tetapi juga dikuasai.

Sebagai contoh, apabila didalam tim Kamu kurang role tank, Maka Kamu bisa menggunakan Hero Tank, jangan menggunakan role lain lagi.

4. Biasakan Selalu Mambaca Kondisi Permainan

Saat sedang didalam permainan game, Kamu harus bisa dengan cerdas membaca situasi kondisi permainan yang sedang berlangsung.

Hal ini berguna untuk melihat sesuatu hal yang sedang terjadi, sehingga bisa mengambil keputusan yang tepat berdasarkan dari kondisi yang terjadi tersebut.

Sebagai contoh, misalnya ada lane yang kosong, maka kamu bisa mengisi lane tersebut untuk mencegah musuh menyerang turret. Atau ada situasi dimana bisa melakukan gank, maka Kamu bisa ikut menyerangnya juga.

5. Mabar Dengan Teman

Bermain mode ranked lebih mudah apabila dilakukan dengan Mabar ketimbang solo. Apabila bermain secara mabar akan lebih mudah berkomunikasi, dan juga hero yang dipilih akan sesuai dengan dengan yang disukai.

Kamu juga akan bisa bermain dengan strategi yang lebih solid, karena bermain secara mabar.

6. Menggunakan Hero Andalan Jika Diperlukan


Ketika bermain mode ranked dan kondisi tim dirasa kurang bagus saat pick, bila memungkinkan sebaiknya Kamu menggunakan hero andalan.

Hero yang digunakan harus dikuasai supaya bisa membantu permainan tim. Kamu juga tidak harus menggunakan hero meta, hal ini dilakukan agar peluang tim menang lebih besar.

7. Pilih Build Item Yang Direkomendasikan

Salah satu faktor yang bisa meningkatkan peluang untuk menang pada mode ranked adalah memilih build item yang tepat.

Penulis sarankan untuk menggunakan build item default atau yang sarankan oleh system.

Nah, apabila dirasakan kurang cocok barulah Kamu bisa menggunakan build item yang disediakan pro player dari hero yang digunakan.

Manfaatkan efek dari build item tersebut, misalnya efek pasif yang bisa berfungsi untuk meingkatkan atribut hero.

8. Memakai Emblem yang Tepat 

Fungsi dari emblem pada permainan Mobile Legends adalah untuk meningkatkan statitik hero berdasarkan rolenya. Kamu pastikan saat bermain sudah menggunakan emblem yang sesuai dengan role hero tersebut.

Misalnya kamu menggunakan hero semi-tank seperti Hilda, dan untuk build item yang dipakai adalah tipe Durability yang berfungsi untuk meningkatkan pertahanan.

Dengan hero dan build item yang digunakan seperti tersebut, maka emblem yang direkomendasikan adalah emblem role tank. Atau bisa juga sebagai alternatif menggunakan emnlem role fighter dengan catatan statistik yang ditambahkan kurang menjadi efektif.

9. Rajin Hunt Minion dan Monster Jungle

Seperti yang sudah Kita ketahui, pada umumnya tim yang cepat level up biasanya lebih dominan untuk memimpin permainan. Salah satu cara untuk cepat level up adalah dengan rajin hunting minion di lane.

Disarankan untuk setiap role wajib memperhatikan hal ini. Kecuali role tank, karena tugas dari tank adalah menjaga anggota tim lain yang sedang melakukan farming.

10. Rutin Mengambil Buff

Tips terakhir adalah terutama untuk Kamu yang sedang menggunakan hero core pada game, dipastikan untuk rutin mengambil buff. Baik itu buff yang ada pada lokasi tim maupun buff  yang berada di area musuh apabila memungkinkan.

Dengan seringnya Kamu mengambil buff, hal ini berguna agar supaya Kamu lebih cepat mendapatkan EXP untuk level up.

Manfaat lainnya adalah Kamu akan mendapatkan peningkatan statistik sementara yang bisa bermanfaat untuk melawan musuh.

Demikianlah pembahasan tips ranked Mobile Legends yang bisa digunakan, semoga bermanfaat untuk bisa membantu pushrank nya.