Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Aplikasi Psikologi Untuk Bantu Atasi Masalah Kesehatan Mental

Sabineblog.com - Pandemik Covid-19 membuat banyak orang sadar bahwa kesehatan mental sangat penting untuk dijaga. Kehilangan pekerjaan, kehilangan orang yang disayang hingga keterbatasan aktivitas membuat banyak orang merasa semakin tertekan.

Untungnya dengan kemajuan teknologi hal tersebut dapat diatasi dengan hadirnya aplikasi untuk kesehatan mental. Dengan aplikasi ini kamu dapat berkonsultasi dengan psikolog profesional. Berikut beberapa aplikasi untuk konsultasi kesehatan mental yang bisa kamu coba!

OnCom

aplikasi psikologin OnCom

Untuk kamu yang sering merasakan keresahan oleh masalah tertentu atau berkaitan dengan Covid-19 aplikasi OnCom mungkin bisa membantu. Disini ada banyak sekali psikolog profesional yang bisa diajak sharing seputar masalah pribadi. Mereka akan sangat memperhatikan apa keluhanmu dan mencoba untuk mencarikan jalan keluar. Kamu bisa download aplikasinya di Google PlayStore.

Psikologimu

aplikasi psikologi terbaik psikologimu

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk berkonsultasi dengan psikolog secara online baik chat ataupun video call. Tak hanya itu, kamu juga berkesempatan untuk menggali lebih banyak seputar kesehatan mental lewat beberapa fitur unggulannya. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan kamu dapat terbantu untuk mengatasi semua persoalan dengan mudah. Untuk menggunakanya silakan unduh di halaman Google Play Store ya!

Riliv

aplikasi psikologi riliv

Riliv adalah aplikasi psikologi populer yang tak jauh beda dengan OnCom atau Psikologi. Selain dapat berkonsultasi dengan ahli, kamu juga dapat melakukan meditasi dan mendengarkan cerita inspiratif dengan nada yang menenangkan. Meditasi di Riliv ada banyak macam baik untuk gangguan kecemasan, susah tidur hingga produktivitas kerja. Aplikasi ini terdiri dalam macam layanan yaitu gratis dan juga berbayar tiap bulan. Silahkan download di Goole PlayStore.

eCurhat

Butuh teman curhat untuk mendengarkan semua keluhan dan masalah kamu? eCurhat adalah solusinya. Di sini kamu bebas untuk mengobrol serta meluapkan semua masalah dengan teman online di aplikasi eCurhat.

Topik yang bisa diceritakan juga beragam mulai dari percintaan, keluarga, keuangan hingga kesehatan. Jika ingin menggunakan aplikasi sebagainya gunakan nama samaran agar identitas mu tidak bocor ya!

What’s Up?

aplikasi psikologi What's Up

Untuk kamu yang kerap mengalami gangguan kecemasan, stres hingga panic attack wajib mencoba aplikasi satu ini. Dengan aplikasi ini kamu dapat dimonitoring untuk belajar menguasai diri ketika perasaan cemas atau panik sedang melanda. Whats’ Up juga memiliki berbagai macam fitur yang bisa kamu pakai untuk mengontrol kegiatanmu. Tak hanya itu, pada aplikasi ini juga disediakan fitur untuk membantu kamu jauh merasa lebih tenang.

SAM (Self-help anxiety management)

Selain What’s Up ada aplikasi lain yang dapat kamu gunakan untuk mengontrol rasa cemas yaitu SAM. Dengan SAM kamu dapat menghitung sampai dimana tingkat kepanikan kamu dan apa pemicunya. Aplikasi SAM ini dapat kamu gunakan secara gratis dan bisa diunduh langsung di PlayStore.

MoodTools

aplikasi psikologi moodtools

Terakhir ada MoodTools yang merupakan aplikasi untuk jparas penderita gangguan depresi. Aplikasi ini dapat dengan mudah mengetahui sejauh mana kondisi mental saat ini. Disini kamu juga bisa mencatat perasaan yang dirasakan saat ini layaknya menulis dalam buku diary. Dengan catatan tersebut kamu dapat memahami tentang perasaan dan keluhan yang sedang dirasakan. Aplikasi ModTools dapat kamu unduh secara gratis lewat Google Play Store.

Itulah 7 aplikasi kesehatan mental yang bisa kamu coba untuk merasakan rasa cemas, khawatir dan juga depresi. Jika saat ini kamu sedang merasa tertekan oleh sesuatu hal segera gunakan salah satu aplikasi diatas. Atau jika perlu dikonsultasikan juga dengan tenaga profesional agar kamu merasa lebih terbantu. Terima kasih.