Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Video Pembelajaran Interaktif Dengan Mudah Dan Menarik

Sabineblog.com - Proses pembelajaran dengan menggunakan video dinilai lebih baik daripada hanya mengandalkan tulisan saja. Efek visual yang ada di dalamnya akan mampu merangsang otak untuk memahami apa yang akan disampaikan.

cara membuat video pembelajaran interaktif

Ada beberapa cara membuat video pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan media internet dan media lainnya. Proses pembuatan ini harus dilakukan dengan persiapan yang matang agar hasilnya bisa maksimal.

Mencari Ilustrasi Gambar Terbaik

Dalam membuat video, gambar sangat penting untuk dipilih dan perlu dicari yang terbaik. Gambar yang bagus akan menghasilkan video yang sangat interaktif dan juga mampu dipahami dengan baik.

Untuk materi gambar, kamu bisa mencari di internet melalui situs-situs yang bebas hak cipta. Pilihan ini dilakukan agar ketika video ini selesai tidak ada tuntutan dari pihak terkait karena gambarnya diambil secara bebas.

Kumpulkan Aset Audio dan Visual Lainnya

Membuat video interaktif, tidak cukup hanya gambar tetapi perlu adanya audio yang menarik. Audio bisa juga berupa suara kamu sendiri atau memilih audio yang bebas dipilih di internet.Video tanpa adanya audio hasilnya tidak akan menarik dan siswa tidak akan memahami secara penuh apa yang disampaikan.

Selain audio, kamu juga bisa mencari video pendek sebagai pendukung dari video yang akan dibuat. Gabungan dari semua itu akan membuat video yang dihasilkan bisa maksimal dan mudah dipahami dengan baik oleh siswa.

Proses Pengolahan

Setelah semua bahan sudah tersedia maka kamu bisa melakukan proses editing dan mengolah video secara menarik. Untuk melakukan ini, kamu perlu memilih software terbaik agar hasil videonya menarik dilihat.

Untuk software, kamu bisa mencari yang gratis dengan fitur-fitur terbaik seperti camtasia, Videopad Video Editor, dll. Dengan bantuan software itu, kamu bisa menggabungkan video pendek, gambar, audio menjadi satu.

Jadi dalam proses membuat video pembelajaran interaktif, kamu membutuhkan beberapa bahan yang perlu dipersiapkan. Berbagai bahan ini juga perlu diolah secara benar dengan menggunakan software yang bisa diundah secara gratis di internet. Kamu bisa memilih salah satu software yang sudah disebutkan di atas.