Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tombol Windows Serba Guna, Sudah Tahu 6 Fungsi Windows Key Ini Belum?

Sabineblog.com - Pengguna komputer dengan sistem operasi Windows pastinya sudah tidak asing dengan kehadiran tombol Windows. Letaknya di deretan keyboard paling bawah dan berfungsi untuk menampilkan menu start dan sebagai tombol shortcut.

tombol windows serbaguna

Jika digunakan bersama dengan tombol lainnya, maka tombol Windows tersebut bisa menjadi jalan pintas yang menjalankan fungsi spesifik. Tentu ini sangat bermanfaat agar pekerjaan lebih efisien. Ini dia 6 shortcut yang bisa kamu jalankan dengan kombinasi tombol Windows!

Melakukan Tangkapan Layar (Windows+PrtSc)

Fungsi Windows key pertama adalah untuk melakukan tangkapan layar dari konten yang ada di komputer. Caranya kamu cukup tekan tombol Windows bersamaan dengan tombol Print Screen (PrtSc) yang terletak di deretan kanan atas keyboard. Kamu bisa melihat hasilnya di folder Screenshot.

Membuka Pengaturan Komputer (Windows+I)

Selanjutnya, Windows key dapat digunakan untuk membuka menu pengaturan komputer dengan lebih cepat dibandingkan dengan cara manual. Untuk membuka menu pengaturan, tekan tombol Windows bersamaan dengan tombol huruf I dan halaman pengaturan langsung terbuka!

Split Screen (Windows+Panah Kanan/Kiri)

Windows key berguna juga untuk menjalankan mode split screen. Cara memunculkan split screen adalah dengan kombinasi tombol Windows dan panah kiri atau Windows dan panah kanan. Maka kamu akan melihat dua jendela program yang bertempat di sisi kiri dan kanan layar komputer.

Membuka Panel Emoji (Windows+(.))

Aktivitas chatting tentunya semakin seru dengan fitur emoji, bukan? Untuk membuka panel emoji di Windows caranya mudah banget. Tekanlah kombinasi tombol Windows dengan tanda titik (.) dan kamu akan melihat deretan emoji tersebut.

Memunculkan Tampilan Awal Desktop (Windows+D)

Fungsi Windows key berikutnya adalah untuk memunculkan tampilan awal desktop atau meminimize program yang sedang berjalan. Selain untuk meminimize aplikasi yang sedang dibuka, kombinasi tombol Windows dan D bisa ditekan kembali untuk memunculkan program.

Mencari File Secara Instan (Windows+E)

Jika kamu membutuhkan suatu file dengan cepat, manfaatkanlah fungsi Windows Key berikut ini. Tekanlah tombol Windows dan huruf E secara bersamaan. Maka kamu bisa menjelajah isi file komputermu dengan lebih efisien dan hemat waktu.